Cara Mudah Buat Product Kosmetik Merk Sendiri


Kini, bisnis kosmetik di Indonesia mulai meningkat pesat. Menurut laporan dari Beauty Market Survey (BMS) dari Neilsen dan Euro Monitor, nilai industry kosmetik di Indonesia mencapato 36 Triliun Rupiah. Dan produk Skincare menyumbang cukup besar yaitu sekitar 31.7% di tahun 2018. Hal ini menunjukkan pengonsumsi  produk kosmetik di Indonesia mulai meningkat.

skincare merk sendiri
Source : pexels.com

Ini dikarenakan, mulai sadarnya masyarakat Indonesia untuk merawat wajah dan kulit mereka. Dan tentunya merupakan peluang yang besar untuk pebisnis kosmetik. Hal ini membuat mulai banyak bermunculan produk-produk kosmetik baru.

Namun tentunya tak semua produk sesuai dengan yang kalian impikan. Jika kalian ingin membuat produk kosmetik sendiri dan memiliki merk sendiri, kalian bisa menciptakan produk kosmetik impian kalian tersebut di Maklon Kosmetik.

Nah sebelum memulai membuat produk sendiri ada baiknya kalian memperhatikan hal-hal ini.

Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membuat Produk Kosmetik Sendiri

rencana membuat skincare sendiri
Source : pexels.com
Sebelum memulai membuat produk kosmetik merk sendiri ada baiknya kalian mempersiapkannya dengan matang. Agar nanti kedepannya bisa lebih terarah. Kalian pun bisa memahami apa yang kalian inginkan dari produk mek kalian.

Memiliki Pengetahuan Tentang Produk Kosmetik

Sebelum membuat produk kosmetik merk sendiri, ada baiknya kalian mencari tahu lebih banyak tentang produk kosmetik di pasaran. Mulai dari pengetahuan yang umum hingga yang mendetail. Dengan modal ilmu pengetahuan yang cukup tentang produk kosmteik yang akan kalian buat tersebut kalian bisa dengan mudah untuk menentukan produk seperti apa yang kalian mau.

Kalian juga bisa menjelaskan ke calon konsumen dengna lugas, karena kalian sudah paham betul tentang produk buatan kalian. Dengan begitu nilai kepercayaan konsumen terhadap product kalian akan semakin tinggi. Dan ini akan membantu penjualan produk kalian.

Menentukan Produk Yang Akan Dibuat

Setelah itu, kalian bisa menentukan mau memproduksi produk seperti apa. Seperti yang kita tau ada banyak sekali ragam produk kosmetik di pasaran, mulai dari skincare, bodycare hingga haicare. Nah tentukan kalian akan memproduksi yang bagaimana.

Setelah itu tentukan komposisi dan kandungan produk kosmetik kalian. Selain itu kalian juga perlu menentukan hasil seperti apa dari produk kosmetik yang kalian produksi. Sehingga produk kosmetik bisa optimal dan konsumen juga bisa merasakan hasil yang mereka dapatkan setelah menggunakan produk kosmetik merk kalian.

Konsultasi Kepada Ahli

Setelah itu kalian bisa mengkonsultasikannya kepada ahlinya. Kalian bisa berkonsultasi kepada praktisi kesehatan professional, terkait produk yang kalian produksi tersebut.

Kalian bisa menanyakan apakah kandungan yang ada dalam produk kosmetik kalian aman untuk dipakai. Kalian juga bisa menanyakan teknis dan cara pemakaiannya agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Dengan begitu kalian akan mendapatkan konsep yang jelas sebelum memulai memproduksi produk kosmetik merk sendiri.

Buat Sample

Sebelum mulai melakukan produksi, buatlah sample produk terlebuh dahulu. Pembuatan sample bisa kalian lakukan di laboratorium atau fasilitas yang menawarkan jasa pembuatan sample produk.

Dalam pembuatan sample produk kalian juga harus melakukan riset dan penelitian terhadap produk kalian agar produk yang kalian hasilkan memiliki kualitas yang baik dan aman untuk pemakaian. Sampel produk juga bisa kalian gunakan untuk sarana promosi kepada konsumen.

Mendaftarkan ke Badan POM

Sebelum memulai memproduksi daftarkan produk kosmteik kalian ke lembaga kesehatan yang berwenang dalam memberikan ijin edar produk tersebut. Dalam hal ini lembaga kesehatan yang ada di Indonesia yang berwenang menentukan ijin edar produk adalah BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan).

Jika semua tahap diatas sudah kalian lakukan, sekarang tinggal memproduksi masal produk kosmetik merk sendiri dan memasarkannya.

  

1 komentar

  1. Slot games - DrmCD
    Play online and win real money on the Slot Games Online. Win up to £1000 동해 출장마사지 + 200 free spins 충주 출장샵 for 사천 출장샵 8-figure bonus! 제주도 출장마사지 Jackpot 영천 출장샵 game: Spin the reels, Jackpots: 10

    BalasHapus