Malang, Kota Dingin Berhati Hangat

kesan kota malang

"Dingin ya di sana”, merupakan komentar pertama yang biasanya  diberikan orang-orang ketika mengetahui bahwa aku berasal dari Kota Malang. Kata dingin agaknya selalu melekat dalam identitas Kota Malang karena wilayahnya yang berada di dataran tinggi.

Namun menurutku Malang tak sedingin yang mereka bayangkan, atau mungkin karena aku lahir dan lama menetap di sini ya. Jadi kesan dingin tak begitu terasa dalam diriku, tak seperti yang orang luar Kota Malang rasakan.

Tapi memang ada waktu-waktu tertentu di mana suhu udara Malang semakin dingin. Saat-saat seperti itu biasanya ditandai dengan masa orientasi mahasiswa baru (Ospek). Pada bulan itu, udara Malang akan terasa sangat dingin saat pagi dan malam hari.

Meski  udaranya yang dingin namun kota malang memiliki banyak hal yang mampu membuat hati menjadi hangat. Hal ini ni yang kayaknya bikin banyak orang dari laur kota yang akhirnya memilih menetap di sini.

Tempat singgah yang nyaman

Selain menyandang sebutan sebagai kota dingin dan kota bunga, kota Malang juga menyandang sebutan sebagai kota pendidikan. Hal ini dikarenakan Malang memiliki banyak sekali perguruan tinggi, mulai dari perguruan tinggi negri hingga swasta.

Tak sedikit orang yang datang ke kota kecil ini dengan tujuan untuk menuntut ilmu dan mencari gelar tinggi. Lalu mereka mulai betah untuk tinggal dan akhirnya menetap. Banyak hal yang akhirnya membuat mereka menetap.

Biaya hidup rendah

kesan kota malang

Salah satu factor yang bikin betah hidup di Kota Malang kerena biaya hidupnya yang tidak tinggi. Untuk biaya makan misalnya, kalian bisa menemukan banyak warung dengan harga yang miring. Tak hanya hanrganya yang murah namun makanannya juga enak-enak.

Untuk sarapan aja nih, dengan uang Rp. 6000 kalian bisa dapat seporsi pecel lauk tempe dan rempeyek. Bila ingin lalapan, harga lalapan ayam mulai dari Rp. 10.000 perporsi. Jadi seenggaknya kalian hanya mengeluarkan uang Rp. 10.000 untuk satu kali makan.

Bila kalian mencari warung dekat dengan kampus, kalian akan menemukan banyak sekali warung dengan harga bersahabat, porsi banyak, dan variasi makanan yang lebih banyak dari yang aku sebutkan di atas. Dengan begitu kalian tentu bisa lebih hemat lagi.

Untuk tempat tinggal sendiri, juga banyak sekali tempat kos harian dan bulanan yang bisa kalian temui di sini. Harga yang dipatokpun tergolong ramah dikantong. Tak hanya tempat kos, kini juga ada apartement yang bisa kalian beli.

Tempat Rekreasi yang beragam

kesan kota malang

Setelah seharian berkerja atau kuliah tentu ada hari-hari yang bikin penat. Nah, yang bikin Malang semakin menghangat adalah tempat-tempat wisatanya yang cocok banget buat menghilangkan penat bareng keluarga, teman atau pasangan.

Banyak ragam tempat wisata yang ada di Malang, baik di dalam kota atau di area kabupaten. Mulai dari wisata alam, sejarah, wahana hingga wisata kuliner yang pas banget buat menghabiskan waktu bareng keluarga, teman atau pasangan. Hal inilah yang akhirnya bikin banyak orang betah tinggal di Kota dingin ini.

Selain hal-hal yang aku sebutkan di atas, tentu saja hawa dingin Malang juga menjadi salah satu factor yang bikin betah. Katanya hawa dingin ini membuat hati jadi adem dan tentram. Bikin orang-orang yang tinggal di dalamnya menjadi lebih tenang dan gak gampang marah. Ya kayak orang-orang Malang yang kalian temui ini hehe.

Kalo kamu kenapa suka dengan Malang?

No comments

Post a Comment