Mengulik Trio Emak yang Meresahkan di Drama Korea Reply 1988

reply 1988

Reply 1988. Dari judulnya saja sudah bisa ditebak kan setting waktunya? Yup, bener banget. Drama Korea ini bersetting waktu di tahun 1988. Bercerita tentang kehidupan di tahun 80-an bikin aku jadi penasaran. Apalagi setelah banyak banget yang bilang kalau drama seri ini ceritanya bagus. Jadi rekomended buat ditonton.

Langsung deh aku download aplikasi Viu, gudangnya drama korea. Kalian mau cari drama korea apa aja dijamin ada deh di sini. Dan bener aja setelah aku search Reply 1988  langsung muncul serial dramanya.

Tokoh utama dalam cerita

reply 1988
Sung Deuk-sun, satu-satunya perempuan dalam lima sekawan ini berasal dari keluarga yang sederhana, anak kedua dari tiga bersaudara. Dia tak pernah akrab dengan Sung Bo Ra, kakak perempuannya. Ayahnya bekerja sebagai pagawai Bank di Seoul. Adik lelakinya memiliki wajah yang lebih tua daripada usianya.

Dalam hal akademis Deuk-sun selalu berada di tingkatan paling bawah, dia selalu menempati rangking 999 di sekolah. Jauh berbeda dengan kakak perempuannya Bo Ra yang merupakan anak paling pintar di blok tersebut. Namun, Deuk Sun memiliki sifat yang ceria dan mudah bergaul. Setiap ada dia, Susana manjadi ramai dan penuh keceriaan.

Kim Jung-hwan, lelaki berbadan kurus dan bermata sipit ini merupakan anak paling kaya diantara mereka berlima. Selalu menjadi tukang traktir teman-temannya. Mempunyai kakak lelaki yang selalu gagal dalam ujian masuk perguruan tinggi.

Lelaki berwajah datar  ini, meski terlihat dingin namun berhati lembut. Dia tipikal anak yang mengungkapkan rasa sayang lewat tindakan bukan kata-kata.

Sung Sun-woo, anak baik yang sayang dengan keluarganya. Diantara teman-temannya dia yang tidak pernah membuat masalah. Dia hidup bersama ibu dan adik perempuannya yan masih kecil, sedangkan ayahnya sudah meninggal.

Berperilaku sopan dan menyenangkan membuat para tetangga menyukainya. Si anak baik ini juga pintar, setiap hari selalu mengunjungi ruang belajar. Dan dia menjadi ketua kelas di sekolahnya.

Ryu Dong-ryong, lelaki berkacamata ini sangat ekspresif. Sama seperti Deuk-sun dia selalu menciptakan suasana yang ceria. Selalu saja mempunyai ide-ide gila yang akhirnya membuat dia dan teman-temannya mendapat hukuman.

Ayahnya merupakan guru yang mengajar di sekolahnya sedangkan ibunya merupakan pegawai asuransi. Kedua orangtuanya yang super sibuk membuatnyamenjadi merasa kesepian. Berkumpul dengan teman-temannya merupakan caranya untuk menghilangkan rasa sepi di rumahnya.

Choi Taek, si pemain baduk professional. Anggota yang jarang mengeluarkan kata-kata, paling pendiam namun paling disayang. Meski semua orang memujanya sebagai orang yang paling pintar karena selalu memenangkan pertandingan baduk. Namun bagi teman-temannya dia memiliki iq terendah diantara mereka berlima.

Sangat jago bermain baduk tak lantas membuat Choi Taek jago dalam hal lainnya. Dia tak bisa mengambil kacang hitam dengan sumpit, tak bisa memutar walk-man, hingga tak bisa mengancingkan kemeja dengan benar. Sampai teman-temannya bilang “Ketika banyak orang jangan lakukan apapun, suruh orang lain untuk melakukannya. Biar kami saja yang tau kebodohanmu”.

Sinopsis

Serial drama ini menceritakan tentang lima keluarga yang hidup bertetangga dalam satu blok yang sama di distrik Ssangmun-dong Dobong, Seoul, Korea Selatan. Mereka sama-sama memiliki anak berusia 18 tahun yang bersahabat sejak kecil.

Episode pertama dimulai dengan bagaimana kehidupan remaja di era 80-an berlangsung. Kita seperti diajak baernostalgia dengan suasana era tahun 80-an. Mulai dari trend menggunakan sepatu slip on, celana jins hingga kegemaran mendengarkan music lewat Walk-man.

Setelahnya muncul lima remaja yang sedang menonton televisi bersama dalam satu ruangan. Lima sekawan inilah nantinya yang menjadi sorotan cerita dalam drama seri ini yaitu Sung Deuk-Sun, Kim Jung-hwan, Sung Sun-woo, Ryu Dong-ryong dan Choi Taek.

Tak ada kesinambungan dalam tiap episodenya. Karena tiap episode selalu menampilkan masalah yang berbeda-beda dan terselesaikan di ending episode.

Masalah yang diangkat beragam, mulai dari tentang persahabat lima orang remaja berusia 18 tahun yang dibumbui kisah cinta masa SMA. Kenakalan-kenalan remaja pada umumnya yang bikin kita bernostalgia ke masa-masa sekolah dulu. Seperti pura-pura sakit biar bisa pulang cepat, nonton bioskop 17+, dan pertengkaran antar teman.

Beberapa adegan-adegan lainnya juga bikin kita serasa kembali ke masa sekolah. Seperti piknik sekolah bersama, lalu acara pentas seni. Selain jalan cerita yang sederhana, konflik-konflik yang disajikan juga retalable sama kehidupan sehari-hari.

Seperti saat pertengkaran yang terjadi anatara Deuk-sun dan Bo Ra karena Duek-sun memakai Baju Bo Ra tanpa izin. Atau cinta Deuk-sun yang bertepuk sebelah tangan.  Dan kisah-kisah keseharian yang sering kita alami lainnya.

Tak hanya menceritakan tentang kehidupan persahabatan lima sekawan tersebut. Tapi juga banyak sekali kisah tentang kekeluargaan yang disajikan. Setiap episode selalu saja ada konflik di dalam salah satu keluarga lima sekawan tersebut.

Entah itu tentang keluarga Duek-sun, Sun-woo, Choi Taek, Jung-hwan atau Do-ryong. Karena memiliki latar belakang dan kondisi ekonomi yang berbeda, konflik tiap keluarga juga berbeda-beda.

Trio Emak yang meresahkan

Selain kisah persahabatan antar lima remaja di atas, ada juga kisah persahabatan antar ibu-ibu mereka yaitu ibu Deuk-sun, Jung-hwan dan ibu Sun-woo. Meski bukan tokoh utama dalam drama seri ini, ketiga emak-emak ini punya daya tarik yang sangat kuat dalam setiap episode. 

Ketiga emak-emak ini juga menjalin pertemanan, hampir tiap hari mereka berkumpul di depan rumah. Meski kerjanya tiap hari menggosip, namun banyak sifat dan sikap mereka yang bisa kita ambil sebagai pembelajaran.

Ra Mi-ran Ibu Jung-hwan

Ra Mi-ran reply 1988

Ibu Jung-hwan ini memiliki karakter yang sangat kuat. Menjadi satu-satunya perempuan di dalam rumah membuat Ra Mi-ran menjadi sosok ibu yang tangkas yang bisa mengerjakan berbagai macam pekerjaan rumah tangga dengan cepat dan cekatan.

Sama seperti anaknya Jung-hwan, dia juga tak pandai mengungkapkan rasa sayang dengan kata-kata. Saat episode pertama, saat dia memeluk Jung-hwan terlihat rasa canggung di sana. Padahal dia ingin mempelihatkan rasa sayangnya kepada Jung-hwan.

Ibu Jung-hwan ini juga sangat dermawan dan baik terhadap tetangga-tetangganya. Dia sering mengundang tetangga-tetangganya untuk makan di rumahnya. Dia juga sering mengirim makanan ke tetangga-tetangganya.

Tak hanya itu dia juga suka menolong tetangga yang kesusahan. Misal saat ibu Deuk-sun tak punya uang untuk membayar biaya piknik sekolah Deuk-sun, dia menyelipkan amplop berisi uang di dalam keranjang sayur yang diberikan ke rumah Deuk-sun.

Selain peranggainya yang baik, dia juga pandai menyimpan perasaan. Dia terkenal sebagai ibu yang galak dan kuat.

Seperti saat Jung-bong, kakak Jung-hwan akan melakukan operasi jantung.  Tak terlihat raut wajah khawatir atau takut di wajahnya. Semua nampak biasa saja. Dia masih bisa bercanda, masih suka marah-marah, masih bisa tertawa.

Saat itu Do-ryong bertanya pada Jung-hwan, “Ibumu pasti sangat khawatir”. Dan apa jawaban Jung-hwan, “Kamu tidak tahu siapa itu Ra Mi-ran”.

Namun pada kenyataannya Ibu yang menurut Jung-hwan itu kuat, ternyata amat sangat khawatir. Namun dia tak memperlihatkannya. Dia pandai sekali menyimpan kesedihan untuk dirinya sendiri tanpa orang lain tau.

Lee Ill-hwa Ibu Deuk-sun

lee il hwa reply 1988
Lee Ill-hwa digambarkan sebagai seorang ibu yang sederhana, ceria dan tak begitu banyak menuntun. Meski tak tamat sekolah dasar, namun dia pandai mengatur keuangan keluarga. Terlihat dari bagaimana dia bisa mencukupkan kebutuhan sehari-hari dan membayar sekolah ketiga anaknya dari gaji suaminya yang pas-pasan.

Ditambah lagi suaminya yang hampir tiap hari mabuk dan membeli barang-barang yang tak berguna hanya karena merasa kasihan dengan penjualnya.

Meski terlihat kalem dan lemah, ternyata ketika disangkutkan dengan keselamatan anaknya dia bisa menjadi sangat berani.

Seperti saat Bo Ra akan di tangkap dua orang polisi karena ikut demo terlarang. Lee Ill-hwa dengan berani melindungi Bo Ra dan berusaha agar anaknya itu tidak dipenjarakan.

Kim Sun-young Ibu Sun-woo

kim sun young reply1988

Ibu Sun-woo ini adalah orang yang paling ceria dalam trio emak ini. Setiap ada dia pasti ada saja yang ditertawakan. Dia jug merupakan yang paling muda diantara trio emak. Karena suaminya sudah meninggal, dia sering di jodoh-jodohkan dengan Choi Moo-sung, ayahnya Choi Taek.

Kim Sun-young merupakan refleksi seorang single parents, ibu yang harus membesarkan kedua anaknya sendirian tanpa suami. Hidupnya hanya disokong oleh uang pension suaminya yang tak seberapa. Dia tidak bekerja karena dilarang oleh Sun-woo.

Kim Sun-young yang terlihat selalu ceria dan seperti tak punya masalah ini sebenarnya juga sama seperti yang lain, yang mempunyai masalah dalam hidup. Namun dia tak pernah memperlihatkannya, dia menyembunyikan semua masalahnya dengan senyuman lebar dan tawa riang.

Seperti saat rumahnya akan dilelang karena digadaikan ibu mertuanya. Dia harus menebusnya dengan uang 10 juta won. Darimana dia akan mendapat uang sebesar itu, bahkan untuk makan sehari-hari saja uang pension yang dia peroleh tak cukup.

Meski dia kebingungan untuk mendapat uang 10 juta won, tapi ketika dia bertemu dengan teman-temannya dia nampak seperti biasa saja. Masih bisa berkelakar, masih bisa tertawa lebar dan masih bisa mengoceh tentang banyak hal.

Trio emak di atas mengajarkan untuk bisa menjadi wanita yang kuat. Kuat bukan berarti tak lemah, namun tak mau menyerah begitu saja dengan masalah. Mereka memberi pelajaran bahwa semua orang punya masalah, namun tak perlu juga mengumbar masalah kepada orang lain. Semua orang juga pernah bersedih, pernah khawatir, pernag kecewa. Tapi tak perlu juga orang lain tau akan semua itu.

Nah, buat kalian yang pingin nonton drama seri korea ini, kalian bisa menontonnya di aplikasi Viu.

Kelebihan Aplikasi Viu

langganan viu

Kenapa sih harus download aplikasi viu dan nonton drama korea di aplikasi Viu?

Gudangnya Drama Korea

Mau cari drama korea judul apa aja pasti bisa kalian temukan di Viu. Tak hanya drama korea lho! ada juga reality show yang bisa kalian tonton di Viu. Running man, I Can See You Voice, The Return of Superman, ada semua. Tak ketinggalan 2Days 1 Night juga ada lho!

Selain Drama korea ada juga film korea. Siapa yang belum nonton Parasite? Langsung deh cuss download Viu. Oh my Grand, Be with You, Kim Ji-young 1982 dan masih ada banyak lagi film-film kece lainnya.

Paket Langganan yang Terjangkau

Untuk paket basic kalian bisa menikmati beberapa drama korea dan film korea secara gratis. Namun paket basic ini hanya bisa menonton beberapa drama korea pilihan saja. Bila kalian ingin menonton drama korea lainnya baiknya kalian mendaftar langganan paket premium.

paket langganan viu

Dengan paket premium kalian bisa nonton semua drama korea yang ada di aplikasi Viu tanpa batas. Dan juga tak terganggu oleh iklan yang biasanya muncul di tengah-tengah pemutaran film. Untuk paket bulanan, kalian cukup membayar RP. 30.000 sedangankan untuk paket tahunannya kalian cukup membayar Rp. 200.000 saja pertahun.

Dengan membeli paket tersebut kalian bisa marathon drama korea seharian. Cara bayarnya pun gampang. Kalian bisa bayar pakai Pulsa, GoPay, OVO, kartu kredit, debit tau pembayaran melalui ATM.

Buruan langganan viu, biar bisa nonton Reply 1988. Terus nanti kita cerita bareng-bareng deh.

 download aplikasi Viu

2 comments

  1. wah menarik banget alur ceritanya :D jadi pengen nonton juga ah

    ReplyDelete