Menyusun Plan Budget untuk Travelling

travelling

Sebagai seseorang yang suka jalan-jalan, menyusun plan budget untuk travelling merupakan hal wajib setelah membuat ittinerary perjalanan. Bagiku membuat plan budget sama pentingnya dengan membuat ittinerary perjalanan, mereka adalah dua komponen yang tak bisa dipisahkan. Kegunaan membuat budgeting perjalanan apasih? Pertama agar kita tidak sampai kehabisan uang selama perjalanan. Kedua agar kita bisa tau biaya yang dihabiskan selama travelling, sehingga kita bisa tau berapa rupiah uang yang disisihkan untuk melakukan perjalanan tersebut.


Ada tiga hal yang menjadi focus utama aku dalam menyusun plan budget. Tiga hal itu adalah transportai, akomodasi selama di kota tujuan, dan biaya makan. Beberapa orang biasanya menambahkan biaya membeli oleh-oleh untuk teman atau kerabat. Namun buat aku itu bukanlah hal utama, karena bukan hal wajib yang dilakukan saat travelling. Nah, yuk sekarang kita bahas satu persatu.


1.     Transportasi

transportasi selama travelling

Pertama-tama tentukan Kota atau Negara mana yang akan kalian tuju. Setelah itu cari tau transportasi menuju ke sana. Bisa transportasi darat seperti bus, kereta api atau mungkin sewa mobil. Bisa transportasi laut, misal tempat tujuan kalian harus dilalui dengan menyeberang dengan kapal. Dan bisa juga transportasi udara, di mana tempat yang kalian tuju ternyata hanya bisa dilalui dengan pesawat. Atau mungkin gabungan dari tiga moda transportasi tersebut. Lalu pilih yang sesuai dengan budget yang kalian inginkan. Mau jalan-jalan backpacker-an atau ala koper itu terserah kalian.


Beberapa moda transportasi bisa dipesan jauh-jauh hari, seperti kereta api dan pesawat. Untuk kalian yang ingin menghemat biaya, baiknya memesan tiket tiga bulan sebelum keberangkatan. Harga tiket bisa naik turun tiap harinya. Kadang juga ada promo atau diskon di beberapa maskapai penerbangan. Keuntungan memesan tiket jauh-jauh hari sebelum keberangkatan adalah kalian punya banyak waktu untuk memilih.


Untuk transportasi selama berada di tempat wisata, ada baiknya kalian menggunakan transportasi umum. Selain biaya yang lebih murah, kalian juga lebih mudah membaur dengan warga sekitar. Selain itu bila memungkinkan untuk dijangkau dengan berjalan kaki, lakukanlah dengan berjalan kaki. Sangat menyenangkan berjalan-jalan sambil menikmati suasana kota tempat kita berwisata.


2.       Akomodasi

kamar hotel

Akomodasi di sini merupakan tempat tinggal kita selama travelling. Sekali lagi, sesuaikan dengan budget yang kalian punya. Ada banyak cara untuk menyiasati akomodasi ini agar tak menghabiskan banyak biaya. Kalian bisa memilih guest house atau hostel untuk menginap selama di kota tujuan. Biaya lebih murah jika dibandingkan kalian menyewa hotel. Atau menggabungkan akomodasi dan transportasi, misal tidur di bus malam atau di sleeper train. Atau jika terdapat saudara atau teman di kota tujuan kalian bisa menumpang menginap di rumah mereka.  


Untuk kalian yang memilih menginap di hotel, hostel atau guest house kini lebih mudah. Karena ada banyak aplikasi yang melakukan pemesan jauh-jauh hari, beberapa bahkan bis abayar ditempat tanpa harus mentransfer uang muka. Biasanya juga terdapat promo atau diskon yang digabung dengan paket pesawat atau tempat wisata bila dipesan jauh-jauh hari.


3.       Makanan atau Konsumsi

makanan

Kalian tak akan bisa menikmati perjalanan bila perut kalian lapar. Menyiapkan dana untuk makanan terlihat sepele sih, tapi ini penting sekali.  Ada banyak cara untuk menekan biaya ini agar tidak membengkak.


  • Cari penginapan yang sudah menyediakan sarapan.
  • Gabungkan makan siang dan makan malam
  • Beli mie instan dan masak di penginapan
  • Tidak terlalu banyak jajan di tempat wisata
  • Cari warung makan pinggir jalan dengan harga yang terjangkau.


Nah itu dia tiga hal yang wajib banget untuk dimasukkan dalam plan budget travelling kalian. Sekarang udah siap menyusun plan travelling bukan?


 #odopicc #30hbcicc  #30haribercerita #indonesiancontentcreator #odopiccday2

25 comments

  1. Sangat bermanfaat nih tipsnya, traveling memang perlu banyak persiapan gak asal pergi aja hehe

    ReplyDelete
  2. Yuhuu sayapun lagi menyusun plan budget buat liburan kak, trims sharringnya ya, semoga corona lekas berlalu kangen jalan hehehe

    ReplyDelete
  3. Pengen deh liburan juga tapi masih was was sama corona yang belum selese. Tetep spend dana cadangan juga y kak buat kelancaran perjalanan

    ReplyDelete
  4. Membaca ini jadi rindu jalan-jalan.. duuhh pandemi, segeralah berlalu... Terima kasih tipsnyaa

    ReplyDelete
  5. Iya nih kak, harus ada perencanaan dulu sebelum travelling. Supaya travelling kita aman, nyaman dan tidak takut kehabisan dana.

    ReplyDelete
  6. Ya ampun jadi kangen dengan travelling bareng keluarga lagi...hehe :)

    ReplyDelete
  7. Kak kira2 bisa ga bikinin itinerary sama rincian budget buat ke Semarang dari Malang? Makaciyyyy..

    ReplyDelete
  8. Bener banget nih. Buat menghemat salah satunya cari penginapan yang udah include sarapan. Plus kami nanya dulu usia berapa yang udah bayar. Soalanya sebagian kalau bawa ank-anak suka ditangih, makanya dari awal masuk ditanya dulu. Biar gak jadi tekor.

    ReplyDelete
  9. Kalau saya paling harus extra persiapan nih soal budget, kecuali rebcana travelling sendirian atau sama satu orang teman. Masing-masing sudah punya budget sendiri. Tapi yang melibatkan keluarga, aduh harus nabung dulu, hehe

    ReplyDelete
  10. Aktivitas ini selalu saya lakukan, sebab memang keluarga saya dulu (sebelum saya pindah ke Bekasi) itu selalu ada agenda traveling. Jadinya menyusun plan budget itu keharusan, apalagi mau bawa 3 anak. Ya kan?

    Biasanya sebelum cusss, sudah tahu harus nginap di mana, agenda makan di luarnya berapa kali, nginap di mana, pokoknya semua harus diperhitungkan. Budget plan itu penting, kalo mau travelingnya rutin. Jangan sampai bulan ini bisa traveling enak dan hepi, tapi uang udah habis duluan, akhirnya liburan berikutnya absen dulu travelingnya. Duh, sedih kan kalo begitu. Hehehe

    ReplyDelete
  11. Wah gabungin makan pagi dan siang ini nhga kepikir beneran ekwke. Maklum perut gentong yg kemana2 pasti merjaannya makan. Heheh. Tp bener juga itu bjsa menghemat budget banget

    ReplyDelete
  12. Budget makan salah satu hal yg harus diutamakan. Selain lapar bisa mengganggu perjalanan, biasanya kita mengunjungi tempat tertentu ya sekalian icip2 makanan khasnya hihi

    ReplyDelete
  13. Hobi memang butuh budget khusus ya, apalagi kalau hobinya travelling yang biasanya butuh budget besar. Setuju banget mba, dengan budget plan kita sudah tahu arah uang akan ke mana hehe.

    ReplyDelete
  14. Nyusunnya udah, travelingnya yang belum. Nunggu miss corona pergi.
    Emang penting banget nyusun plan budget ini, biar sepulang travelling tetap bahagia, bukannya mikirin dompet yang kosong

    ReplyDelete
  15. Memang seru pas nyari warung di pinggir jalan. Tapi kalau di luar negri bagaimana ya? Apa tanya lokal guide?

    ReplyDelete
  16. Asik, pas banget nih mau cari tau gimana caranya menyiapkan budget travelling. Haha perlu ekstra ya kalau pengen travelling. Semoga tahun ini bisa travelling keluar daerah nih.

    ReplyDelete
  17. Budget memang salah satu hal penting dalam perencanaan travelling. Jauh sebelum berangkat seluruh keperluan harus dipersiapakan termasuk transportasi dan akomodasi. Penting untuk tahu kondisi harga-hara makanan di tempat travelling juga. Soalnya yg menguras biasanya biaya makan.

    ReplyDelete
  18. Budget beli makanan selama traveling lumayan juga ya,,, tp keluarga saya pernah sih bawa bekal rendang sama sambel teri. Trus agar ada sayurnya bawa mentimun ama tomat deh hihi.. mayaan menghemat makan 3x. Pas udah abis br deh bayaran lg ^^

    ReplyDelete
  19. Iya, saya kapok kalau harus traveling dengan modal nekat. Berharap "ah, nanti disana juga ada temen. Bisa numpang tidur, makan, dst". Ternyata gak semua plan berjalan mulus, dan saya kapok begitu lagi. Kapok dulu pernah jadi gelandangan dua hari. Hihi.

    ReplyDelete
  20. Makasih mbak tipsnya.
    Memang perlu perencanaan matang apalagi kalau tempatnya sama sekali baru buat kita.
    Kalau soal makanan sih, biasanya saya membawa makanan yang mengenyangkan kaya jelly atau protein bar atau susu sachet pengganti makanan, karena kalau saya makan mie malahan uang habis buat jajan karena lapar teroess...
    hehe,

    ReplyDelete
  21. Setuju banget. Aku juga kalau mau liburan ya pasti mikir transportasi, akomodasi dn soal makan mkwkwkw. Bahkan pas solo travelling, ini juga diperhitungkan lebih dulu. Ah, jadi kangen nge-trip deh

    ReplyDelete
  22. kalau liburan jangka panjang harus banget ya bikin plan seperti ini. terutama budgeting, akomodasi dan penginapan. soal makan mah sih bisa adaptasi selama liburannya dimana

    ReplyDelete
  23. Bermanfaat banget nih tulisannya kak, aku suka banget jalan jalan. Aku izin simpan tulisannya ya!

    ReplyDelete
  24. Setuju banget sih. Aku juga yang tipenya sangat ngukur persiapan tiap mau ngapain aja. Apalagi kalo mau travel. Sebisa mungkin diantisipasi biar sesuai budget.

    ReplyDelete