Mengenal Indonesian Content Creator

Indonesian content creator

Awalnya nggak tau sih Indonesia Content Creator yang disingkat dengan ICC itu apaan. Sampai ada seorang teman yang ngajakin untuk ikut dalam event yang ICC selenggarakan yaitu One Day One Post yang disingkat ODOP.


Karena memang tiap bulan januari aku selalu ikut 30 hari bercerita (30HBC) yaitu tantangan bercerita selama 30 hari berturut-turut lewat caption di instagram. Aku jadi tertarik saat mendapat ajakan untuk ikut ODOP.


Tahun lalu pernah ikut ODOP juga tapi gagal dipertengahan jalan. Oleh karena itu, kini jadi tertantang lagi untuk bisa konsisten nulis sehari satu postingan selama 30 hari berturut-turut. Namun bedanya, tahun lalu taka da minimal kata yang harus dituli, menulis puisipun tak mengapa. Sedangkan tantangan kali ini ada minimal kata yang harus ditulis, jadi bikin semakin tertantang nih aku.


Selain tertantang aku juga ingin belajar untuk konsisten menulis. Meski nggak harus tiap hari juga sih, minimal seminggu dua kali aja udah lumayan bagi aku yang kalo nulis suka nunggu mood ini.


Maka tanpa ragu lagi aku langsung mengisi form yang disodorkan saat pendaftaran. Setelah memenuhi syarat dan ketentuan yang dilakukan akupun mendapat undangan untuk masuk grup khusus komunitas ICC X ODOP.


Ternyata banyak sekali yang ikut kegiatan ini. Semakin banyak teman, membuat aku semakin semangat untuk menulis. Selain itu juga yang bikin tambah seneng, terdapat dua kalli shating time.


Dalam sharing time ini, aku dapat banyak sekali ilmu yang bermanfaat. Para pematerinya juga kece-kece banget. Aku jadi banyak tau tentang dunia kepenulisan.


Materi pertama bertema issu social tentang kekerasan terhadap perempuan. Dalam sesi ini banyak hal dibahas, mulai dari penyebab, alasan hingga cara menangani korban kekerasan.


Materi kedua berisi tentang bagaimana cara menulis dan memasarkan buku. Pas banget deh materinya buat kalian-kalian yang berencana untuk menerbitkan buku. Ternyata ada banyak banget tips dan trik dalam memasarkan hasil karya kita lho!


Dengan mengikuti kegiatan yang diselenggarakan ICC dan ODOP ini, aku banyak banget mendapatkan manfaat. Mulai dari melatih kedisiplinan dalam menulis hingga menerima banyak ilmu tentang kepenulisan. Terima kasih banget ya ICC dan ODOP.


Aku harap kegiatan seperti ini bisa dilakukan secara rutin tiap tahunnya. Atau tiap bulan sekali juga boleh heheh. Biar lebih produktif lagi kita. Karena kalau nggak dipaksa nggak akan nulis aku tu.

Setiap Orang Butuh Mengembangkan Diri

 

mengembangkan diri

Tak perlu membandingan diri kita dengan orang lain, namun bandingkanlah diri kita dengan kita dihari kemarin. Jadikanlah harimu seakrang, lebih baik dari harimu kemarin. Itulah mengapa kita butuh untuk selalu mengembangkan diri.


Mereka yang sukses adalah mereka yang bisa berbuat lebih baik lagi daripada hari kemarin. Untuk bisa mengembangkan potensi yang ada dalam diri kita, pertama kali yang harus kita lakukan adalah mengetahui potensi  itu.


Teruntuk kalian yang telah menemukan passion kalian, beruntunglah kalian. Dengan begitu kalian tau akan ke mana arah tujuan kalian. Kalian tinggal mengasahnya dan mengembangkannya.


Teruntuk kalian yang belum menemukan passion kalian, tak mengapa. Tak pelu berkecil hati, kalian pasti akan menemukannya kok. Setiap orang punya waktunya sendiri untuk menemukan jalan menuju passion mereka. Ada yang menemukannya dengan cepat dan mudah, ada yang harus bersusah payah dahulu.


Proses menemukan passion memang tak semudah yang dibayangkan. Pasti banyak lika-likunya dan membutuhkan banyak waktu. Jadi nggak perlu lah kalian merasa iri dengan orang lain. Dan merasa dia di usia yang muda sudah bisa menghasilkan ini dan itu, sedangkan aku dulu ngapain aja kok baru sekarang bisa ini dan itu.


Karena jalan hidup tiap orang itu berbeda. Kita memang berada di atas bumi yang sama namun dengan takdir yang berbeda. Yang harus digaris bawahi adalah bukan tentang hasilnya, namun upayanya. Yang terpenting adalah kita harus  mau untuk belajar, mau terus berkembang. Biar hidup nggak stagnan gini-gini aja.


Mencoba banyak hal, merupakan salah satu alternative yang bisa kalian lakukan dalam upaya untuk menemukan passion. Dengan mencoba banyak hal kalian bisa tau “aku ini sukanya kegiatan apa ya”. Passion itu butuh dicari, jika kalian hanya berdiam diri saja tanpa ada usaha untuk menemukan, ya nggak bakal pernah tau apa yang kalian sukai.


Seperti halnya makanan favorit, kalian tak akan tau makanan kesukaan kalian jika tak pernah merasakannya kan. Kalian tau makanan ini lezat dan makanan ini nggak enak karena kalian mencoba memakannya. Bila enak pasti akan kalian beli lagi sedangkan bila sebaliknya pasti hanya kalian beli sekali itu saja.


Dengan mencoba banyak hal, kalian akan tau lebih condong ke arah mana kegemaran kalian. Memang butuh waktu yang tak sebentar. Tapi lebih baik kan dari pada tidak mencoba sama sekali.

Cara Mudah Jualan Online di Instagram

 

Instagram menjadi ladang emas bagi para pelaku usaha untuk memasarkan produk-produk dagangan mereka. Pengguna instagram yang semakin hari semakin bertambah menjadi salah satu alasannya.


Pandemi Covid19 berdampak besar terhadap segala bidang termasuk dalam perkembangan ekonomi. sebagai pelaku usaha kita harus pintar-pintar memutar otak, agar usaha bisa tetap stabil. Salah satunya adalah  dengan mengubah cara penjualan yang dulunya dilakukan secara offline dirubah menjadi online.


Untuk memasarkan produk di instagram sebenarnya tak susah kok, asal kita tau caranya. Berikut ini beberapa cara yang bisa kalian gunakan untuk memasarkan produk dagangan kalian.

Profil bio yang lengkap dan jelas

Menuliskan biodata di profil yang lengkap dan jelas akan membuat akun instagram kalian menjadi terpercaya. Calon pembeli akan lebih percaya bila di dalam profil instagram ada informasi yang lengkap.


Kalian bisa mencantumkan nama toko, alamat toko dan nomer telepon yang bisa dihubungi. Agar lebih memudahkan pembeli kalian bisa menaruh link whats app di dalam profil.

Posting secara berkala

Memperbanyak postingan menjadi langkah awal agar akun intagram kalian lebih terpercaya. Isi dengan foto-foto produk kalian.


Ketika pembeli mulai tertarik dengan produk kalian, mereka akan betah berlama-lama berselancar di akun instagram kalian. Ketika postingan kalian banyak, mereka akan suka melihat-lihat produk kalian.


Jika postingan dalam akun instagram kalian hanya sedikit, mereka akan cepat bosan karena merasa telah melihat semua produk. Sehingga mereka akan cepat keluar dari akun kalian.

Posting waktu prime time

Ada beberapa waktu yang tepat untuk upload gambar agar dibaca oleh banyak pengguna. Dalam waktu-waktu tersebut, kesempatan postingan kalian dilihat akan lebih banyak daripada waktu yang lain.


Ketika pagi hari, kalian bisa mengupload produk kalian pada pukul 08.00 WIB hingga 10.00. Karena pada waktu itu merupakan waktu senggang saat orang berangkat kerja atau memulai aktifitas.


Lalu upload saat orang-orang melakukan istirahat makan siang. Karena pada waktu tersebut mereka akan membuka ponsel dan berselancar di instagram.


Saat sore kalian bisa upload produk saat orang pulang dari kerja yaitu sekitar pukul 17.00 WIB hingga 18.00 WIB. Saat-saat seperti itu mereka akan mulai membuka ponsel mereka.


Dan yang terakhir upaload produk kalian saat orang akan tidur. Yaitu sekitar pukul 21.00 WIB hingga 22.00 WIB. Biasanya  sebelum tidur mereka akan melihat ponsel terlebih dahulu.


Itu beberapa cara agar jualan online kalian bisa meningkat dengan menggunkan instagram.

Stand By Me Doraemon 1

 

Stand By Me Doraemon 1

Sebelum melihat Stand By Me Doraemon 2 yang bakal tayang bulan depan. Yuk menilik kembali cerita Stand By Me Doraemon 1 yang tayang tahun 2014 lalu.


Sebagai pecinta kucing warna biru lucu, imut dan menggemaskan ini. Tentunya aku tak mau ketinggalan saat mendengar desas desus film ini akan tayang di Indonesia. Film Stand By Me Doraemon 1 ini hanya tayang di beberapa kota besar di Indonesia. Dan beruntungnya saat itu aku sedang berada di Jakarta.


Hari pertama tayang, tiket langsung ludes terjual. Membuat aku akhirnya harus mengalah untuk nonton di hari ke tiga. Itupun harus antri panjang untuk mendapatkan tiketnya.

Ulasan film

kedatangan doraemon
Kedatangan Doraemon dan Sewashi, buyutnya Nobita
Adegan pertama dimulai dengan datangnya buyut Nobita bernama Sewashi dan Doraemon dari abad 22. Kedatangannya untuk mengubah nasib Nobita di abad 22 yang penuh masalah. Diceritakan di abad 22 Nobita telah menikah dengan Jayko (adik Gian).

Doraemon ditugaskan oleh buyut Nobita untuk membantu mengubah nasib Nobita. Dia memasang alat dalam tubuh Doraemon agar tak bisa kembali ke masa depan sebelum membuat Nobita menjadi bahagia.

alat doraemon
Nobita sedang menggunakan alat yang keluar dari kantong ajaib Doraemon

Doraemon tinggal di rumah Nobita dan membantu Nobita dengan alat-alat ajaib yang keluar dari kantong ajaibnya. Mereka selalu bersama, membuat hubungan mereka menjadi semakin erat.


Mereka seperti dua orang sahabat yang tak bisa terpisahkan. Membuat mereka saling membutuhkan satu sama lain.


Saat nasib Nobita perlahan membaik sesuai dengan apa yang diharapkan oleh nenek buyut Nobita. Alat yang dipasang dalam tubuh Doraemon mulai bereaksi, memanggilnya untuk segera kembali kea bad 22.


Saat itulah Doraemon menjadi sangat gelisah, sebab dia mulai menyayangi Nobita dan tak ingin meninggalkannya.

stand by me doraemon

Gambar dan Music

Karena sejak kecil sudah menonton cerita Doraemon versi 2D, saat melihat film ini aku jadi terpukau dengan gambarnya yang 3D. Semua karakter menjadi terlihat sangat hidup. Terutama karakter Doraemon jadi lebih menggemaskan.


Ekspresi yang terlihat juga jadi nampak nyata. Saat Nobita menangis, mengadu dan tertawa sungguh lucu biki penonton tertawa terpingkal-pingkal dibuatnya. Ekspresi Doraemon juga lebih lucu lagi.


Music pendukungnya juga enak didengarkan. Apalagi waktu Doraemon akhirnya pergi kea bad 22. Didukung music yang mellow bikin suasananya tambah haru. Dan tanpa tersa air mata jadi ikut menetes.


Sebelum menonton Stand By Me Doraemon 2 ada baiknya kalian yang belum menonton serial nomer satunya. Biar lebih afdol lagi.

Film Indonesia Tentang Persahabatan yang Diadaptasi dari Novel

 

film indonesia

Mengisi waktu luang dengan menonton film tentang persahabatan, sepertinya ide yang bagus untuk menyegarkan suasana. Semangat yang tertuang dalam sebuah persahabatan bisa tersalur ke kita. Bikin kangen sama sahabat-sahabat yang nggak bisa kita temui selama pandemic ini.


Setiap persahabatan pasti pernah mengalami masalah. Berselisih karena perbedaan pendapat atau hanya karena masalah sepele seperti menentukan tempat makan. Lika liku tetang persahabatan ini bahkan sering tertuang dalam film.


Beberapa rekomendasi film di bawah ini akan mengingatkan kalian, bahwa seorang sahabat tak akan pernah meninggalkanmu sepelik apapun masalah yang dihadapi. Meraka akan menerima kalian apa adanya.

“Its easy to find someone whom you can laugh, but its not easy to find someone whom can endure sadness together with” (Ika Natasa)

Laskar Pelangi (2008)

laskar pelangi
Film yang diadaptasi dari novel fenomenal karya Andrea Hirata dengan judul yang sama ini sukses memikat banyak orang. Film garapan Riri Riza ini memang memiliki cerita yang apik dan menarik.


Bercerita tentang sepuluh orang anak di belitong yang bersekolah di SD Muhamadiyah. Sebuah sekolah yang hampir ditutup karena hanya memiliki 10 murid saja.


Mereka menjadi sangat akrab selama belajar bersama di SD Muhammadiya, hingga gurunya menamai mereka lascar pelangi.


Meski hanya bersepuluh saja mereka mampu membanggakan SD Muhamadiyah dengan beberapa kali menang lomba antar sekolah di tingkat kecamatan.


Persahabatan mereka diuji ketika salah satu teman mereka terpaksa tak bisa melanjutkan sekolah karena terkendala biaya.

5 cm (2012)

5 cm
Film ini diadaptasi dari novel karya Doni Dirghantoro dengan judul yang sama. Berkisah tentang persahabatan 5 orang manusia mendaki gunung tertinggi di Pulau Jawa.


Berawal dari rasa bosan karena sering bertemu, 5 orang sahabat ini memutuskan untuk berhenti bertemu sebulan lamanya. Nanti saat bertemu mereka akan melakukan perjalanan yang membuat hidup mereka lebih bermakna.


Berasal dari kota metropolitan yang gemerlap mereka menuju kesebuah tempat yang jauh dari hingar-bingar kota. Mahameru menjadi tujuan utama mereka setelah sebulan lamanya tak bersua.


Selama perjalanan menuju puncak inilah berbagai masalah muncul. Membuat ikatan persahabatan mereka diuji.

Negeri 5 Menara

negeri 5 menara
Film adaptasi dari novel karya Ahmad Fuadi dengan judul yang sama. Bercerita tentang 5 orang anak pondok yang memiliki cita-cita yang berbeda-beda.


Persahabatan mereka terbentuk karena terlambat menuju masjid untuk shalat berjamaah dan mendapat hukuman bersama. Semenjak itu mereka berlima menjadi lebih akrab.


Setiap istirahat mereka selalu duduk-duduk sambil bercengkerama di bawah menara pondok. Membuat mereka di juluki sebagai sobat menara.


Mereka memiliki mimpi yang berbeda-beda. Tiap impian mereka diumpamakan sebagai menara yang akan mereka tuju. Bersama-sama mereka berusaha dan saling menyemangati dalam perjalanan meraih mimpi mereka.


Berbagai permasalah terjadi selama perjalanan mereka meraih mimpi. Di pertengahan jalan, salah satu dari mereka terpaksa untuk tak melanjutkan pendidikan di pondok.


Tiga film tersebut rekomended banget buat ditonton selama masa isolasi di rumah. Dijamin bakal bikin kalian ketawa dan nangis sesenggukan.

Belajar Bahasa Inggris Sendiri

 

belajar bahasa inggris

Di jaman sekarang ini, sudah menjadi tuntutan bagi kita untuk bisa berbahasa asing. Setidaknya bahasa inggris yang merupakan bahasa global. Bahasa yang telah digunakan di banyak Negara. Sebenarnya nggak susah kok buat belajar bahasa inggris.


Ada yang bilang belajar bahasa inggris yang penting itu perbanyak hafalan kosa katanya. Ada juga yang bilang belajar bahasa inggris itu yang penting harus tau grammarnya. Bagi aku  memperbanyak kosa kata dan tau grammar itu sama-sama pentingnya.


Beberapa cara ini bisa meningkatkan kemampuan bahasa inggris kalian

Mendengarkan lirik lagu

Salah satu cara aku memperkaya kosa kata bahasa inggris adalah mendengarkan lagu dengan lirik bahasa inggris. Saat kita sering mendengarkan lagu tersebut, maka lama kelamaan kita akan hafal dengan liriknya.


Setelah tau liriknya, kalian bisa mulai mencari arti dari kata-kata yang terkandung dalam lirik dan mencatatnya. Pasti nanti kalian akan menemukan kosa kata baru yang bisa menambah perbendaharaan kata bahasa inggris kalian.

Menonton film berbahasa inggris

Suka nonton film atau drama seri berbahasa inggris? Kalian bisa belajar dari dialog-dialog yang ada dalam fil tersebut.


Pertama perhatikan yang dialog yang diucap oleh pemeran dalam film lalu lihat artinya di subtitle di bawahnya. Dengan membiasakan diri seperti itu, kalian akan terbiasa mendengar kata-kata bahasa inggris. Sehingga mudah untuk menghafalkannya.


Lalu setelah selesai menonton dan tau jalan ceritanya, kalian bisa menonton ulang dengan menon-aktifkan subtitlenya. Langkah kedua ini untuk melihat kemampuan kalian mengingat. Apakah masih hafal dengan arti bahasa inggris tersebut atau tidak.

Membaca buku berbahasa inggris

Dengan membaca buku berbahsa inggris, kosa kata kalian akan lebih cepat bertambah. Kalian bisa mencatat kata-kata baru yang kalian temukan dalam buku dan mulai menghafalkannya.


Mulai dengan buka bacaan ringa yang kosa katanya masih sederhana. Atau pilih majalah atau Koran luar negeri yang menggunakan bahasa sehari-hari.

Berkomunikasi dengan orang asing

Tujuan belajar bahasa adalah untuk bisa berkomunikasi dengan orang asing. Bila tak sering digunakan untuk berkomunikasi, kemampuan berbahasa kita pastinya akan menurun.


Salah satu cara untuk bisa lancar berbahasa inggris adalah berkomunikasi dengan orang asing. Toh sekarang di Indonesia banyak turis-turis asing yang berkunjung, sehinggga kesempatan untuk berbicara dengan orang asing lebih banyak.


Satu hal yang biasanya menjadi penghalang untuk berbicara dengan orang asing adalah rasa kurang percaya diri. Hal itu membuat kita jadi malu untuk memulai pembicaraan. Padahal merekapun sebenarnya tak mempermasalahkan bila kita berbicara bahasa inggris belepotan.


Itulah beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa inggris. Tak perlu mahal bayar-bayar ke tempat kursus kan? Belajar sendiri di rumahpun bisa.

4 Gaya Pakaian Hijab Simple saat Traveling

 

gaya pakaian simple

Salah satu hal yang terlihat sepele tapi tak bisa disepelekan saat traveling adalah pakaian yang akan dikenakan. Terutama buat perempuan berhijab nih, kenyamanan pakaian tentunya menjadi poin utama yang harus diperhatikan. Dengan menggunakan pakaian yang nyaman, akan membuat kalian lebih menikmati perjalanan.

Tak hanya nyaman, kalian juga pasti ingin terlihat trendi saat traveling kan? Buat kalian yang berhijab pasti suka ribet sendiri nih buat mix and match jilbab, baju dan alas kaki yang mau dipakai.


Aku juga kadang gitu kok. Nah karena aku ini orangnya males ribet, jadi lebih milih pakaian-pakaian yang casual dan easy look. Ini beberapa gaya pakaian yang biasa aku pakai saat traveling.

1. Kaos dan celana jins

gaya pakaian simple
Kaos menjadi andalanku ketika traveling. Apalagi ketika berada di daerah dengan suhu udara yang panas. Selain nyaman, bahannya juga mudah menyerap keringat.


Memadukan kaos oblong dengan celana jins, membuat penampilanmu lebih eyecathing. Untuk pemilihan warna kaos, tak perlu ribet-ribet juga sih. Karena celana jins cocok buat semua warna. Menggunakan kaos warna netral seperti hitam, putih atau abu-abu terlihat lebih cathy sih.


Untuk jilbab aku lebih suka pakai jilbab segi empat sih daripada pasminah. Sedangkan untuk warnanya bisa menyesuaikan warna kaos atau warna biru seperti celananya.

2. Rok Plisket atau Pleated Skirt

gaya pakaian simple
Jalan-jalan pakai rok, nyaman juga kok. Rok plisket menjadi andalan aku saat traveling. Kenapa? Karena bentuknya yang lebar, jadi nyaman saat melangkah.


Aku biasanya memadukannya dengan atasan kaos atau kemeja polos. Kalian juga bisa memakai rok plisket ukuran ¾ dan memadukannya dengan legging warna senada agar terlihat lebih trendi. Untuk alas kaki kalian bisa memakai sepatu kets warna cerah.

3. Tunik

gaya pakaian simple
Tak hanya untuk ke acara-acara resmi, baju tunik oke juga lho buat traveling. Kalian bisa memadukannya dengan legging warna netral atau senada dengan warna tunik yang kalian pakai. Aku lebih suka menggunakan legging warna gelap sih untuk dipadukan dengan tunik.


Untuk jilbabnya aku sesuaikan dengan warna tuniknya. Mix and match warna juga bisa kalian lakukan. Misal menggunakan tunik warna gelap dan jilbab warna terang atau sebaliknya.


Enaknya pakai tunik itu ya, cocok digunakan dengan segala jenis alas kaki. Kalian bisa menggunakan sandal, sepatu kets atau sepatu flat. Pakai boots atau wedges juga cocok.

4. Gamis

Pakai gamis juga okeh kok saat travelling. Beberapa kali aku sempat pakai gamis saat jalan-jalan. Tentunya aku memilih gamis yang terbuat dari bahan yang nyaman. Misalnya bahan kaos atau kain katun yang ringan dan mudah menyerap keringat. Agar lebih nyaman lagi aku biasanya pakai legging, untuk jaga-jaga bila roknya tersingkap.


Bila menggunakan gamis polos, aku menghindari menggunakan warna jilbab yang senada dengan gamis. Karena akan terlihat monoton dan nggak eyechating. Jadi aku biasanya memadumadankan dengan warna yang berbeda tapi tetap serasi.


Bila menggunakan gamis bermotif, aku biasanya menggunakan jilbab dengan warna yang ada di dalam motif. Aku lebih suka menggunakan warna yang agak terang sih, biar nggak terlihat kusam.


Sepatu flat menjadi alas kaki yang cocok saat mengenakan gamis. Sepatu flat dan gamis membuat terlihat lebih feminim dan calm.


Empat gaya berpakaian simple di atas yang sering aku gunakan saat travelling. Karena nggak ribet dan nyaman dipakainya. Selain itu juga terlihat trendi saat di foto. Jadi udah nggak bingung lagi kan sekarang mau pakai baju apa saat traveling?

 

 

 

Dangal

dangal

Semua Film garapan Amir Khan emang nggak pernah mengecewakan. Lihat saja 3 Idiot dan Taare Zameen Par yang pesannya tersampaikan dengan baik. Tanpa romantisme yang menye-menye namun sukses bikin penontonnya nangis sesenggukan. Sama seperti kedua film tersebut Dangal juga sukses bikin saya mewek sampai sesenggukkan.


Bedanya, Dangal bukan kisah fiksi namun sebuah kisah nyata dari seorang pegulat nasional India Mahavir Singh Pogat yang berhasil melatih dua anak perempuannya menjadi pegulat kelas dunia.


Mahavir yang tak bisa meneruskan cita-citanya menjadi pegulat kelas dunia karena faktor ekonomi yang memaksanya untuk keluar dari dunia olahraga dan bekerja di kantor pemerintah, berharap mempunyai seorang anak laki-laki untuk bisa mewujudkan cita-citanya.

Namun takdir berkata lain, dia hanya dikaruniai anak perempuan. Harapannya untuk mempunyai anak lelaki yang akan dia latih menjadi pegulat dunia pupus sudah.

Tapi pada suatu hari, dia mendapat aduan dari tetangganya bahwa dua anak gadisnya memukuli anak lelakinya. Dari situ Mahavir tau bahwa bakat gulat miliknya telah turun ke kedua putrinya. Dia pun kemudian mulai melatih kedua putrinya gulat.

Gulat di India identik dengan keperkasaan lelaki. Sehingga keputusan Mahavir menjadikan kedua putrinya menjadi pegulat menjadi bahan cemoohan para tetangga. Tapi dia tak peduli.

Seorang ayah kadang memang tak mampu menunjukkan rasa kasihnya dengan lembut, berbeda dengan seorang Ibu. Begitupun Mahavir. Dia sangat keras mendidik anak-anaknya sehingga mereka merasa “Ayah sudah tak sayang lagi pada kami”.


Namun mereka tersadar, saat temannya dipaksa menikah pada usia muda. Temannya berkata, “Aku iri pada kalian, ayah kalian sayang sekali pada kalian. Dia menyiapkan masa depan kalian. Sedangkan aku, ayahku memberikanku kepada lelaki yang kenal saja aku tidak”.


Dari situ akhirnya Geeta dan Babita sadar betapa sayang Ayahnya kepada mereka. Setelah itu mereka melakukan latihan gulat dengan sepenuh hati hingga mampu memenangkan banyak perlombaan.


Seperti halnya Geeta dan Babita yang awalnya diremehkan bahkan di cemooh seluruh warga desanya bahkan Mahavir yang dianggap gila. Akhirnya mereka mengakui bakat Geeta dan Babita setelah mereka memenangkan banyak lomba gulat.


Dan berhasil lolos dalam perlombaan tingkat Nasional. Merekapun mendapat beasiswa untuk belajar di sekolah Olahraga dan dipersiapkan untuk perlombaan ajang Internasional.

"Kemenanganmu adalah kemenangan mereka juga ", ucap Mahavir sambil menunjuk du agadis kecil yang sedang bersama ayah mereka.

Kalimat itu yang menguatkan Geeta dalam pertandingan final tingkat Internasional. Dalam perkataannya Mahavir seperti mengatakan bahwa bila kamu menang wanita-wanita di India juga akan ikut menang. Bahwa wanitapun bisa untuk menggapai mimpinya.

Gaya Hidup Zero Waste untuk Menyelamatkan Bumi

gaya hidup zero waste
Istilah zero waste atau nol sampah mulai sering muncul setelah banyak mencuat masalah lingkungan hidup. Gaya hidup baru ini berupaya untuk mengurangi sampah yang di produksi manusia. Terutama sampah plastik karena plastik butuh waktu yang lama untuk terurai.


Jika dulu kita diajarkan untuk membuang sampah pada tempatnya untuk menyelamatkan bumi dari kerusakan. Kini kita diajarkan untuk berupaya tidak menghasilkan sampah.


Zero waste adalah suatu gerakan untuk tidak menghasilkan sampah dengan cara mengurangi kebutuhan, menggunakan kembali, mendaur ulang, bahkan membuat kompos sendiri. Alih-alih membuang sumber daya, penganut gaya hidup zero waste bertujuan untuk membuat sistem di mana semua sumber daya dapat dikembalikan sepenuhnya ke alam.


Tentu saja tidaklah mudah untuk merubah sebuah kebiasaan, namun kita bisa merubahnya sedikit demi sedikit. Kita bisa mulai dengan mengubah satu kebiasaan, namun dilakukan secara terus menerus.


Mungkin bisa dimulai dari hal-hal yang sederhana. Beberapa kebiasaan ini bisa kalian lakukan untuk sebuah langkah awal dalam memulai gaya hidup zero waste.

1. Membawa tas belanja

tas belanja zero waste
Belanja merupakan kegiatan yang selalu kita lakukan setiap hari. Setidaknya pasti tiap hari kita ke pasar untuk membeli bahan makanan. Tak hanya bahan makakan, kita juga pasti beberapa kali belanja pakaian dan alas kaki di pusat pembelanjaan.


Kantong belanja, menjadi salah satu penghasil sampah plastik terbesar. Oleh karena itu, mulai membawa tas belanja sendiri yang dapat digunakan berulang-ulang bisa menjadi langkah awal kita untuk mengurangi menghasilkan sampah plastik.

2. Membawa kotak makanan

kotak makan zero waste

Siapa di sini yang suka jajan? Pasti semua suka jajan kan? Banyak sekali atau mungkin hampir semua produk makanan menggunakan wadah sekali pakai. Dan apa yang terjadi bila makanannya telah habis? Yup, kita akan membuang bungkus atau wadah makanannya.


Salah satu cara untuk mengurangi produksi sampah hasil jajan adalah dengan membawa kotak makan sendiri. Setelah selesai makan kita bisa mencucinya dan menggunakannya lagi nanti.

3. Menggunakan ulang kantong plastik

zero waste

Sebenarnya awal mula diciptakannya kantong plastik adalah untuk menyelamatkan bumi. Namun karena peggunaan yang tak sesuai dengan tujuan awal pembuatan membuat kantong plastik menjadi penyumbang kerusakan di bumi.


Kantong plastik pertama kali diciptakan pada tahun 1959 oleh Sten Gustaf Thulin. Tujuannya adalah untuk mengganti kantong kertas, hal ini karena kantong kertas hanya untuk sekali pakai. Kertas yang berasal dari kayu, menjadi penyebab banyaknya pohon yang ditebang.


Kantong plasti yang mudah dibawa kemana-mana dan bisa dipakai berulang kali dirasa lebih efektif dan efisien. Namun semakin mudahnya memproduksi kantong plastik, membuat banyak orang dengan mudah membuangnya. Meskipun kondisinya masih bagus dan masih bisa digunakan kembali.


Sekarang mari kita mengembalikan lagi manfaat kantong plastik agar sesuai dengan tujuan awal pembuatan. Bila kita mempunyai kantong plastik di rumah yang masih bagus keadaannya, baiknya digunakan kembali hingga rusak atau benar-benar tak bisa dipakai. Dengan begitu kita akan mengurangi penggunaan kantong plastik yang baru.


Memang tidak mudah memulai sesuatu yang baru. Langkah awal merupakan langkah yang paling sulit. Bila bukan kita yang memulainya, mau siapa lagi?


Toh apa yang kita lakukan ini juga untuk kebaikan lingkungan tempat tinggal kita. Bumi semakin tua butuh kita rawat dan pelihara. Memulai melakukan gaya hidup zero waste merupakan salah satu upaya dalam merwat bumi kita, tanah tempat kita hidup kini.


Cintailah bumi, maka bumi akan mencintaimu.

 

 

 

 

 

Belajar Menulis Novel dan Memasarkannya

belajar menulis novel

Kemarin dapat kesempatan untuk ikut sharing bareng kak Najhaty Sharma dengan tema tips menulis novel viral dan laris. Banyak banget ilmu yang dibagikan saat sharing time kemarin.


Kak Najhaty sendiri sudah menerbitkan dua novel yang berjudul Dua Barista dan Kumcer Lipstik & Kupu-kupu Marrakesh. Jangan ditanya bagaimana penjualannya, sudah barang tentu laris manis.


Untuk bisa menghasilkan karya yang ciamik kita juga butuh tau ilmunya, jadi nggak cuma asal-asalan menulis saja. Nah dalam webinar kemarin dibahas apa saja yang perlu diperhatikan dalam menulis novel fiksi. Yuk sekarang mari kita bahas satu persatu.


Membuat kontruksi cerita


Hal pertama dan paling penting dalam menulis sebuah novel adalah membuat kontruksi cerita. Kontruksi cerita ini berfungsi agar penulis tidak keluar dari alur cerita saat menulis.


Kadang saat berada di tengah-tengah proses menulis, biasanya muncul ide-ide baru. Yang ditakutkan, ide-ide ini bukannya membuat lebih menarik tapi malah membuat cerita jadi berbelit-belit. Nah dengan adanya kontruksi membuat cerita tidak akan melebar kemana-mana.


Ini beberapa hal yang perlu diperhatik dalam membuat kontruksi cerita.


1. Penokohan


Imajinasikan bahwa tokoh-tokoh yang dibuat benar-benar ada. Bagaimana karakternya, sifat, tingkah laku hingga hal-hal terkecil seperti makanan kesukaan, hobi, fobia. Tentukan siapa tokoh utama, tokoh sampingan, tokoh protagonist, tokoh antagonis, dll. Sesuaikan dengan cerita yang akan kalian tulis.


2. Latar tempat


Kalau bisa gunakan latar tempat yang kalian kuasai. Bisa tempat kalian tinggal atau tempat yang pernah kalian kunjungi. Karena kini banyak pembaca setelah membca sebuah novel, mereka mencari tau latar tempatnya di mana.


Bila kalian tak benar-benar mengerti dengan latar yang kalian buat. Takutnya nanti ada yang berbeda antar yang kalian tulis dengan kondisi tempat yang sesungguhnya. Hal ini tentu saja akan berpengaruh terdapat kepercayaan pembaca terhadap penulis.


3. Konflik


Buat konflik semenarik mungkin, agar pembaca mau melanjutkan membaca hingga akhir. Awal cerita harus menarik karena itu adalah pintu masuk novel kalian. Jika di awal pembaca sudah merasa bosan, mereka tidak akan melanjutkan membaca hingga akhir. Meski mungkin saja pertengahan cerita sangat bagus.


4. Solusi atau penyelesaian masalah


Akhir cerita harus sinkron dengan awal cerita. Benang merahnya harus jelas terlihat. Pembaca biasanya menyukai ending plot twist. Plot twist adalah ending yang mengejutkan atau tak sesuai dugaan pembaca.


Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menulis


Setelah menyusun kontruksi cerita, kini kita bahas hal selanjutnya yang harus di perhatikan agar novel yang kalian tulis bisa terselesaikan dengan baik. Banyak yang mengeluh karena tulisannya mangkrak dan tak kunjung selesai. Ini beberapa hal yang perlu kalian perhatikan agar bisa menamatkan cerita kalian.


1. Menulis


Ketika kontruksi cerita sudah selesai dibuat, yang perlu kalian lakukan adalah menulis. iya, menulis saja. Yang perlu diingat, saat menulis jangan pernah menjadi editor.


Tulis saja apa yang ada di dalam kepala kalian. Jangan terlalu focus dengan teori. Nanti ketika selesai menulis barulah edit apa-apa yang menurut kalian masih kurang. Karena bila kalian menulis sambil mengedit, tulisan kalian nggak akan selesai-selesai.


2. Konsep yang matang


Ketika awal menulis cerita, kalian harus sudah tau endingnya bakal seperti apa. Selain kontruksi cerita, penentuan ending juga akan menjaga alur tulisan kalian, agar tak melebar kemana-mana.


3. Dialog


Buat dialog yang bermanfaat, tidak boros kata. Dengan dialog kalian juga bisa menunjukkan bagaimana karakter tokoh-tokoh yang kalian buat.  


Pemasaran


Setelah selesai menulis, hal selanjutnya adalah bagaimana cara memasarkan buku yang telah kalian terbitkan. Ada dua metode yang bisa kalian pakai.


Merketing organic


Marketing organic adalah pemasaran yang dibangun dari nol, tanpa bantuan iklan. Kalian bisa menawarkan tulisan kalian ke teman atau saudara.


Marketing non organic


Marketing non organic adalah pemarasan dengan bantuan iklan. Kalian bisa menggunakan instagram ads atau facebook ads. Pilih sesuai dengan market place novel kalian. Bila target pasar kalian adalah remaja makan pilih yang rentang usianya 12 hingga 18 tahun.


Nah sekarang udah siap kan buat menulis novel?

Besyukur terhadap nikmat Allah

ar-rahman

“Maka nikmat Tuhanmu yang mana lagi yang kau dustakan”, diulang sebanyak 31 kali dalam surat Ar-rahman. Yang mengingatkan kita untuk selalu bersyukur atas segala hal yang Allah berikan. Selalu ada hal yang bisa untuk di syukuri, walau saat berada dalam keadaan paling buruk.


Dalam lalai maupun ingat, sadar atau lupa, rajin atau malas, bersyukur atau kufur, patuh atau lena, Allah tak pernah berhenti memberi nikmat. Tak pernah mengenyahkan udara, tak akan membuat manusia kecewa. Maka nikmat-Nya yang manakah yang patut didustakan?

Tasaro GK- Patah Hati di Tanah Suci


Surat Ar-rahman selalu menjadi obat paling mujarab buat aku, ketika banyak masalah datang. Ketika banyak harap tak tergapai. Ketika kegagalan bertubi-tubi menjatuhkan.


Apa yang terkandung dalam ayat-ayatnya selalu berhasil membuat aku untuk meresapi kembali nikmat-nikmat yang telah Allah berikan. Kadang saat segala hal tak sejalan dengan apa yang kita inginkan, kita merasa Allah itu jahat sama kita. Allah tak adil dengan kita.


Andai saja kita menilik kembali, sebenarnya banyak banget nikmat yang Allah berikan. Tapi karena kita sudah terbiasa menerimanya, membuat kita lupa. Nikmat sehat misalnya, baru akan terasa saat kita mengalami sakit.


“Andai kamu tau bagaimana Allah mengatur urusan hidupmu, pasti hati kamu akan meleleh karena cinta kepadaNya”

Ibnu Qayyim Al-Jauziyah


Allah itu tau yang terbaik untuk kita. Dia tau kapan waktu yang tepat untuk kita. Tak pernah meleset sedikitpun apa-apa yang telah ditetapkan olehNya. Maka yang perlu kita lakukan adalah percaya akan hal itu.


Percaya bahwa takdir Allah adalah yang terbaik. Menerimanya dengan sabar dan memintanya dalam setiap doa. Langitkanlah segala doa-doa yang baik.


Belum dikabulkannya doamu hari ini bukan berarti Allah tak mendengar segala pintamu. Bisa jadi Allah ingin kamu sabar, tunggu dulu. Atau bisa jadi Allah akan memberikan lebih banyak dari apa yang kita minta.


Manusia memang suka terburu-buru. Mereka berdoa dan ingin segera terkabul. Bila belum terkabul mereka merasa Allah tak mengabulkan doa mereka. Lalu berhenti berdoa.


Padahal Allah telah berfirman dalam surat Al-Mukmin ayat 60


“Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina".


Maka jangan pernah berhenti berdoa dan meminta kepada Allah. Juga mensyukuri segala nikmat yang telah Ia berikan.

 

 

Nongkrong Sambil Baca Buku di The Library Caffe

the library caffe
Selain memiliki banyak destinasi wisata alam yang asik dan menarik, Kota Malang juga punya banyak sekali destinasi wisata kuliner yang patut untuk dicoba. Tak hanya menyajikan makanan yang memanjakan lidah, beberapa tempat kuliner juga memiliki konsep yang unik dan menarik. Salah satunya di The Library Caffe.


Kafe yang satu ini mengusung konsep yang menarik karena menggabungkan tempat nongkrong dengan perpusatakaan. Ingin merasakan sensasi nongkrong sambil baca buku, aku pun tandang ke sana.


Lokasi dan konsep Kafe

the library caffe
Kafe ini berada di Jalan Baluran no 2, Oro-oro Dowo, Klojen. Dekat dengan hutan kota Malabar. Masih masuk area tengah kota meski lokasi kafe tidak berada di pinggir jalan utama. Jadi tidak dilalui transportasi umum.


Pertama kali memasuki kafe ini akan terllihat tembok yang dipenuhi tempelan buku-buku. Tembok yang bagus banget buat background foto.


Area kafe dibagi menjadi dua yaitu area outdoor dan indoor. Area outdoor merupakan teras kafe dengan meja kursi kayu. Memiliki tema taman yang rindang, atap teras dihias dengan untaian dedaunan hijau.


Memasuki area indoor, suasana terasa lebih hangat. Sofa-sofa empuk menjadi tempat yang nyaman untuk berbincang bareng teman. Setiap tempat duduk terdapat buffet kecil disampingnya. Di atas buffet tersebut terdapat tumpukan buku yang bisa dibaca oleh pengunjung.

the library caffe
Ada juga rak buku besar di pojokan kafe yang berisi banyak sekali buku berbagai genre. Sangking tingginya rak tersebut sampai disediakan tangga geser bila ingin ambil buku di rak paling atas. Bagi kalian yang suka membaca, kafe ini bisa kalian masukan dalam daftar tempat yang wajib dikunjungi.


Selain temaptnya yang nyaman, juga terdapat banyak spot instagramable di sini. Di bagian belakang misalnya, terapat bangku dengan ayunan duduk yang nyaman. Di sekelilingnya terdapat pot-pot bunga warna-warni yang indah sekali. Kalian bisa dapat banyak foto bagus di sini.


Selain itu di beberapa tembok terdapat lukisan yang bagus buat latar foto. Ada foto burung hantu dengan badan yang terbuat dari berlembar-lembar halaman buku. Ada juga lukisan lelaki yang sedang membaca buku. Dan masih banyak lagilukisan tembok lainnya yang menarik.


Menu makanan dan Minuman.

menu the library caffe
Tak hanya memiliki tempat yang nyaman, The Library coffe ini juga punya banyak menu makanan yang memanjakan lidah. Saat aku ke sana kemarin, aku memesan pizza, kwetiau dan salad.


Pizza di sini memiliki kulit yang tipis, sehingga terasa crispi, enak seksali. Sedangkan kwetaunya di masak matang dengan bumbu kecap yang menggugah selera.


Untuk minumannya aku memesan, coffe latte yang disajikan dalam jar yang lucu. Rasanya kopinya terasa, namun tak begitu pahit, sesuai dengan yang aku mau.


Jam buka


Kafe ini buka setiap hari senin hingga minggu.


Dari pukul 10.00 WIB hingga 21.00 WIB

 

 

 

4 Cara Mendapat Penghasilan dari Hobi Jalan-jalan

Kalian hobi jalan-jalan? Sama, aku juga. Kalian suka pusing dengan biaya yang harus dikeluarkan buat jalan-jalan? Sama, aku juga.


Hobi jalan-jalan memang butuh biaya yang lumayan banyak. Dari biaya transportasi, makan, tempat menginap hingga oleh-oleh. Makanya banyak yang bilang jalan-jalan itu buang-buang uang. Sehingga mereka lebih milih liburan di rumah aja namatin drama korea.


Tapi tunggu dulu kawan, jangan langsung putus asa gitu. Hobi kamu yang satu ini juga bisa bikin dompet kamu tebal kok.


Siapa bilang hobi jalan-jalan cuma bisa ngabisin duit doang? Hobi jalan-jalan juga bisa menghasilkan uang lho! Ada banyak cara untuk mendapat penghasilan tambahan dari hobi jalan-jalan. Ini 4 cara yang bisa kalian lakukan untuk mendapt penghasilan dari hobi jalan-jalan.


1. Menjadi Content Writer

Apa itu content writer? Content writer adalah penulis yang memproduksi konten-konten menarik di media online.


Kini banyak sekali majalah dan media online yang membutuhkan konten traveling. Nah, artinya mereka membutuhkan banyak sekali artikel yang berhubungan dengan traveling. Tentu saja ini kesempatan emas bagi kalian.


Kalian bisa menulis artikel tentang pengalaman kalian saat traveling dan mengirimkan ke majalah atau media online tersebut. Nanti jika tulisan kalian dimuat, kalian akan mendaptkan fee atas tulisan kalian. Setiap media memiliki kisaran fee yang berbeda.


2. Membuat Blog

travel blogger
Blog juga bisa memberikan penghasilan lho! Denga hobi traveling kalian bisa membuat blog yang berisi pengalaman-pengalam kalian selama travelling. Tulis semenarik mungkin, agar orang-orang suka membacanya.


Tambahkan juga foto-foto kece kalian selama traveling. Agar pembaca betah berlama-lama di blog kalian. Semakin banyak pembaca, maka kalian bisa menjadikannya ladang bisnis.


Dengan jumlah pengunjung yang banyak, kalian bisa memasang google adsense. Selain itu kalian juga bisa menerima endorsement dari travel agen. Bisa traveling gratis misalnya. Atau bis ajuga membuka jasa pasang iklan. Menarik bukan?


3. Membuat Vlog di Youtube

vlogger
Jika kalian suka tampil di depan layar, kalian bisa menggunakan kemampuan itu untuk membuat vlog saat perjalanan. Bisa berupa vlog atau video documenter. Buatlah semenarik mungkin.


Jika banyak yang menonton video kalian di youtube, maka potensi untuk mencetak penghasilan dari youtube juga semakin besar. Semakin besar channel youtube kalian, akan membuka peluang untuk mendapat job. Biasaya berasal dari agen-agent travel atau tempat wisata yang meminta untuk dipromosikan.


Harga yang ditawarkan juga bermacam-macam, tergantung kesepakatan. Dari sinilah kalian bisa jalan-jalan ke banyak tempat degan dibayar.


4. Membuka Jatip

jastip

Jastip atau jasa titip adalah kegiatan yang dilakukan traveler saat akan melakukan jalan-jalan. Dia menerima jasa titipan barang teman atau kolega. Titipannya biasanya berupa barang khusus yang ada di kota yang menjadi tujuan traveler yang tidak ada di tempat asal traveler.


Kalian bisa mematok fee sebagai uang jasa karena membantu membelikan barang yang diinginkan. Biasanya fee yang diminta sekitar 10% dari harga barang. Namun ada juga yang memiliki standart harga sendiri.


Nah, di sini kalian dapat mengambil keuntungan. Sambil jalan-jalan kamu juga dibayar atas jasa membelikan barang titipan.


Itu tadi beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk dapat tambahan penghasilan dari hobi jalan-jalan. Kalian lebih minat yang mana ni?


 

 

 

 

Rahmat Allah

Salah satu sifat Allah adalah Ar-rahman yaitu Tuhan yang penuh rahmat. Rahmat Allah itu sangat luas tak terbatas bagi semua makhluk-Nya.


Manusia memang tempatnya salah, tempatnya dosa. Tak ada satupun manusia di dunia ini yang bersih dari dosa.  Namun jangan pernah berputus asa terhadap rahmat dan ampunan Allah.


Seperti kisah tentang seorang pembunuh yang masuk surga. Dikisahkan ada seorang pembunuh bayaran yang telah membunuh 100 orang. Dia pergi ke seorang yang alim dan bertanya, “aku telah membunuh 100 orang, apakah ada taubat bagiku?”


Orang alim tersebut menjawab,”ya, siapa yang bisa menghalangimu dari taubat?”


Lalu orang alim tersebut menyuruhnya untuk pergi ke suatu negeri yang cukup jauh. Di sana dia disuruh untuk menemui seorang ahli ibadah.


“Di sana ada orang-orang yang senantiasa beribadah kepada Allah, maka beribadahlah kamu kepada Allah bersama-sama dengan mereka. Janganlah kamu kembali ke negerimu, karena negerimu itu adalah negeri yang buruk”.


Maka berjalanlah pembunuh itu menuju negeri yang dimaksudkan. Ditengah perjalanan malaikat maut menjemputnya. Dia pun mati sebelum sampai ke negeri yang dituju.


Malaikat Raqib dan Atid pun berselisih. Mau dimasukkan ke dalam surga atau ke dalam neraka.


Malaikat Raqib berpendapat,”dia sudah bertaubat dengan sepenuh hati. Maka harusnya dia dimasukkan ke dalam surga”.


Malaikat Atid berpendapat,”dia layaknya dimasukkan ke dalam neraka. Karena dosanya yang amat sangat banyak”.


Lalu mereka memutuskan untuk mengukur jarak pembunuh tersebut dari dua negeri tersebut. Bila lebih dekat dengan negeri dengan negeri yang dituju, mana dia berhak masuk surga. Namun bila lebih dekat dengan negeri asal, maka dia masuk neraka.


Setelah diukur ternyata pembunuh itu selangkah lebih dekat denga negeri tujuan, maka masuklah dia ke dalam surganya Allah.


Allah SWT berfirman,


"Katakanlah kepada hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri-diri mereka, janganlah kalian berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya, Allah mengampuni semua dosa, sesungguhnya Dialah Zat Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Maka, kembalilah kepada Tuhanmu dan berserah dirilah kepada-Nya sebelum datangnya azab kemudian kalian tidak dapat lagi mendapatkan pertolongan." (QS az-Zumar [39]:53-54).


Rahmat Allah itu mutlak hak prerogratifnya Allah. Dia bisa memberikan ke siapapun yang dia inginkan. Namun tetap diingat bahwa rahmat Allah dekat dengan orang-orang yang beriman. Orang yang menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.