Bulan, Tere Liye

bulan tere liye
Judul : Bulan
Penulis : Tere Liye
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
Halaman : 400 hlm ; 20 cm
ISBN 978-602-03-1411-2

Buku ini merupakan seri kedua buku tetralogi karya Tere Liye. Seri yang pertama berjudul Bumi terbit tahun 2014. Berbeda dari novel-novel sebelumnya yang bertema fiksi kehidupan, kali ini Tere Liye mengusung tema fiksi fantasi. Agak shock juga pas pertama tau, soalnya awalnya saya pikir genrenya sama lah kayak novel-novel sebelumnya.

Serial ini menceritakan tentang petualangan empat orang anak dari klan yang berbeda. Raib dari klan Bulan, Selli dari klan Matahari, Ali dari klan Bumi dan tokoh dari klan Bintang belum muncul. Dalam seri Bulan, Tere liye menyajikan cerita di Negeri Matahari tempat asal Selli.

Meskipun berada di Negeri Matahari, tapi sudut pandang cerita masih berasal dari Raib dan Tokoh utama juga masih Raib. Disana ketiga anak tersebut ditambah Ily dari klan Bulan secara mendadak harus mengikuti festival bunga matahari. Dalam festival ini mereka harus menemukan bunga matahari yang mekar pertama kali di musim semi. Tentu saja banyak rintangan yang harus mereka lalui.

Bacaannya ringan banget. Saat awal sih agak membosankan karena alur ceritanya agak monoton tapi waktu bagian tengah mulai menarik dan menantang. Paling seru saat Ali main tebak-tebakan sama seorang nelayan agar bisa menyebrang danau. Kayak di buku bahasa indonesia tebak-tebakannya.

Dalam beberapa bab juga di sisipkan nilai-nilai kehidupan yang dapat diambil hikmahnya. Menurut saya novel ini cocok banget buat para remaja. Karena semua tokohnya diceritakan masih belajar di bangku sekolah menengah pertama.

No comments

Post a Comment