Single Traveling

Note : Single traveling yang aku maksud disini adalah perjalanan menuju tempat wisata sendirian, sedangkan disana udah ada temen yang menunggu.


Aku pernah beberapa kali melakukan traveling sendiri. Single traveling yang pertama kali itu ke pulau lombok NTB. Kalo ga salah saat thn 2010. Waktu itu aku PKL (Praktek Kerja Lapangan) di salah satu perusahaan BUMN di Denpasar, Bali.


Awalnya ga kepikiran buat kesana, tapi sodara yang disana suruh maen ke Lombok, katanya mpung deket dari Bali. Temenku yang satu team PKL ga mau aku ajakin ikut. Alhasil brangkat sendiri deh.


Dua hari sebelum keberangkatan aku ditemeni temenku dan abangnya nyari tiket bus dari Denpasar ke Mataram. Ternyata harganya lumayan mahal juga, sekitar 300rban padahal aku pikir kayak bus dari Malang ke Jogja 150rb. Ludes lah uangku, tinggal beberapa lembar buat beli makan.


Pas hari keberangkatan aku dianter abangnya temenku karena bus brangkat jam 4 pagi di terminal. Dari terminal ke pelabuhan sekitar 1.5jam. Penyebrangan dari Bali ke Lombok ini yang lumayan lama sekitar 3-4jaman.


Karena harus muter katanya cz arus d tengah besar jadi gak bisa di lewati. Tapi semua tidak terasa karena kita bisa menikmati pemandaangan laut yang biru. Dan matahari terbit, indah lah pokoknya. Walau ga nemu lumba2 renang waktu itu.


Sampai di Lombok butuh 2-3jam perjalanan untuk sampai di terminal Mataram. Tapi aku gak turun di Mataram namun di Kediri setelah itu di jemput dan ke tempat sodaraku di Praya.


Disana dianter ke beberapa tempat wisata alam. Wisata alam disana banyak banget, dari pantai, gunung, air terjun, pemandian air panas alami dan wisata kuliner. Hari pertama aku pergi ke air terjun kembang setokel. Jadi disana ada 2 air terjun. Air terjun yang pertama kita temui ada 2 mata air yg turun. *dua air terjun*.


Nah air terjun yang ke dua ni yang keren banget. Jalan ke air terjun uang kedua ni lumayan jauh dan susah. Lewat kebun dan nanjak. Tapi setelah sampai disana semua kelelahan terbayar sudah. Jadi air terjunnya tu mata airnya banyak dan panjang. Dengan dinding batu hijau karena banyak tumbuhan air yang mengakar disana.


Sayang waktu dulu belum punya hp yang ada kameranya jadi ga bisa pamer foto selfie kayak anak muda jaman sekarang.


Kedua aku ke pantai yang udah tenar pada waktu itu. Yang jadi iconnya Lombok, pantai apa lagi kalo buka pantai senggigi. Niatnya liat sunset, jadi siangnya maen dulu ke Mataram beli oleh-oleh dan wisata kuliner.


Salah satu tempat kuliner yang tenar disana itu di daerah garuda. Tempatnya di pinggir jalan, lesehan dan banyak banget yang jual. Disala kita beli sate bulayak. Sate dari usus ayam dengan bumbu kacang dan lontong yang dililit pake janur.


Nah lontong yang dililit pake janur ini yang namanya bulayak makanya di sebut sate bulayak. Enak banget mana makannya di ruanh terbuka dengan semilir angin dan disuguhi degan ijo. Mantab deh. Setelah agak sore lanjutlah kita ke Pantai Senggigi liat sunset. Viewnya bagus sama kayak di Kuta Bali.


Ketiga aku ke Pantai aan dan pantai kuta. Kalo kepantai ini kita brangkatnya pagi soalnya lumayan jauh dari Praya. Pantai aan ini bersih banget pasirnya putih bundar2 besar. Airnya biru banget, bening enak buat renang n main air. Kalo pantai pink ini pasirnya agak  kemerahan. Letaknya dekat dengan pantai aan.


Karena emank waktu itu dikejar sama urus KRS-an buat kuliah jadi dsana cuma 5 hari aja belum sempet ke Narmada (pemandian air panas) dan gili trawangan.


Sebenarnya single traveling itu mengajarkan banyak hal. Mengajarkan untuk berani melakukan segala sesuatu tanpa harus menunggu orang lain yang menemani. Mengajarkan untuk bisa mengambil keputusan sendiri.


Mengajarkan untuk bisa cepat beradaptasi dengan lingkungam baru dan mengenal orang orang baru. Well, ga ada jeleknya kok kalo harus traveling sendiri. Sendiri bukan berarti gak ada temen. Kan masih ada matahari, bulan, bintang yang nemenin.

Hati Ini Bersabarlah


Bersabarlah dari harapan yang tinggi

Kemudian pecah, hancur berkeping-keping dan terbang seperti debu yang tertiup angin

Bersabarlah dari mimpi mimpi indah

Yang kemudian pupus dan layu karena keadaan

Bersabarlah dari cinta yang menggelora

Lalu luluh, lumpuh dan menghilang seperti air yang terserap dalam tanah.

Bersabarlah

Karena akan selalu ada waktu

Waktu yang menyatukan debu debumu yang berserakan, membentuk harapan baru

Waktu yang menyegarkan kembali mimpi mimpimu

Waktu yang menghadirkan kembali cinta yang menghilang

Ketemu Jodoh??

Bicara masalah jodoh adalah bicara tentang sesuatu yang tak pernah kita tau. Entah siapa jodoh kita hanya Allah yang tau. Dia yang akan mempertemukan dengan caranya, cara yang mungkin tak akan pernah kita bayangkan sebelumnya.

Kapan kita akan bertemu dengan jodoh kita? Siapa jodoh kita? Lelaki/ Perempuan seperti apa? We never knows until we meet them. Yang pasti janji Allah laki-laki/ perempuan yang baik untuk laki-laki/ perempuan yang baik. Sedangkan laki-laki/ perempuan yang keji untuk laki-laki/ perempuan yang keji. 

Jadi untuk menjemput jodoh yang baij tentunya kita harus memperbaiki diri kita sendiri sebelumnya.
Okai yang ingin aku ceritakan disini bukan tentang bagaimana kita menjemput jodoh. Karena aku tau ilmuku masih dangkal banget kalo masalah itu.

Yang mau aku ceritakan disini bagaimana seseorang dipertemukan oleh Allah dengan cara yang tidak terduga.

~Pertama

Aq pertama kenal ma temenku ini gara2 kita sama2 suka sama grup band Yovie n The Nuno. Sebut saja dia Viola (bukan nama sebenarnya) ~soalnya aku belum ijin mau ceritain ini ma dia jadi pake nama samaran aja ya hehe.

Sangking ngefansnya kita bikin fansclub YN (Yovie n The Nuno). Nah waktu itu sekitar thn 2009an ada konser YN di Malang. Nah kita plannya mau samperin ke hotelnya buat ketemu YN sebelum nonton konsernya.

Dapat info katanya mereka nginep di Hotel Gajahmada. Paginya kita prepare buat kesana. Karena hotelnya deket rumahku maka smua kumpul dirumahku. Setelah siap kita brangkat ke hotel dan nongkrongin di depan hotel karena sama petugas hotelnya ga dibolehin masuk. Setelah agak lama kita nunggu kluar seorang cowok dari hotel.

Viola : eh itu kayak artis ftv deh

Aku : masak sich, kok aq ga pernah tau ya. Namany sapa kak?

Viola : aku jg ga tau namanya, tapi kayak pernah liat d ftv2 gitu

Aku : dia beli pulsa tu kak, ayo minta nomernya. Lumayan jarang2 punya no telpon artis

Viola : iya nunggu dia balik dulu

Aku : tapi beneran kan dia artis, jangan2 salah orang lagi kita

Viola : beneran mah itu yang sering main d ftv. Iya lee itu yang biasanya main d ftv km liat aja besok di ftv.

Setelah itu kita minta no telponnya di counter hp yg tadi dia beli pulsa dan sama mas penjaganya ngasih. Viola miscall tu nomor dan nyambung pas di angkat dimatiin.

Nah pas kita nonton konser kita ketemu lagi ma tu cowok. Viola nyapa "hei" dan si cowok senyum. Dari situ mereka berlanjut smsan dan akhirnya sekarang mereka sudah menikah dan mempunyai seorang anak dan sebentar lagi nambah satu lagi anaknya.

Kisah mereka di awali dari nonton konser YN. Padahal si cowok rumahnya jauh di Palembang dan Viola d Probolinggo. Tapi Allah mempertemulan mereka di Malang. Dan gara2 ngira si cowok artis padahal si cowok merupakan salah satu anggota grup futsal Palembang yang akan ikut kompetisi di Malang.

~Kedua

Kisah yang kedua ini dari temen kuliah aku. Sebut saja dia Rose. Dulu pas kuliah kan lagi populer Facebook(Fb) . Hampir semua remaja saat itu punya yang namanya akun Fb tak terkecuali temenku ini. 

Nah dia kenal ma suaminya yang sekarang ini karena Fb.

Berawal dari comment2an status kemudian private chat. Awalnya dia ga mau ketemuan secara langsung. Tapi temen-temennya yang greget ma mereka akhirnya bikin surprise buat nemuin mereka. 

Jadi ceritanya dia diajakin ngopi dan tidak di kasi tau kalau temen chat Fbnya itu juga datang kesana. Dan akhirnya bertemulah mereka secara langsung. Dari situ akhirnya mereka saling tukan nomor dan sekarang sudah menikah dan dikaruniai seorang bayi lelaki.

Kisah mereka diawali dengan comment di Fb dan bertemu karena dukungan teman-temannya.

~Ketiga

Kisah yang ketiga bukan tentang temanku, tapi seorang artis terkenal yang bernama Fedi Nuril ~nama sebenarnya. Dari sma aku emang ngefans ma ni orang. Selain karena badannya yang tinggi dan wajahnya yang manis, aktingnya juga keren banget.

Bang fedi ini jg pandai memilih film. Film yang dia ambil selalu film yang penuh dengan pembelajaran dan tidak pernah mengambil film yang menyuguhkan seksualitas didalamnya.

Dia baru saja menikah tahun ini. Dan dari cerita yang aku denger dia ketemu dengan istrinya gara-gara broadcast bbm. Jadi awalnya dia dapat broadcast dari tukang make up artisnya yang di yogya. Iseng dia add tu pin bbm. Awalnya ga pernah chat cuma add aja.

Nah pas ada dia lagi ada acara di yogya dan mau pergi jalan tapi ga ada temen dia ingat kl pernah add bbm istrinya itu. Dia cobalah chat dan akhirnya mereka bertemu. Dimulai dari pertemanan biasa. Sampai akhirnya Bang Fedi ingin lebih serius. Dan akhirnya mereka menjali taaruf selama 6bulan dan akhirnya menikah.

Kisah mereka diawali dari hal sepele yaitu broadcast bbm. Dan berakhir dengan pernikahan.
Yap ketemu sama jodoh itu bisa dimana aja, dengan cara yang macam-macam.

Bahkan kadang dengan cara yang tak pernah kita duga. Karena bila Allah sudah menjodohkan, pertemuan itu hanya tinggallah waktu. Dan bagaimanapun cara bertemu, semua akan berakhir dengan kebahagiaan.

Buat kamu yang udah ketemu jodohnya, gimana kalian ketemunya? Monggo cerita cerita...

Explore Indonesia - Telaga Sarangan

Karena aq pernah stay di magetan beberapa minggu jadi aq mau cerita cerita nih tentang tempat wisata yg paling populer disini yaitu Telaga Sarangan. Sebenernya banyak tempat wisata dikota ini.

Tapi karena Magetan merupakan  kota perbatasan antara Jawa Timur dan Jawa Tengah maka simpang siurlah lokasi wisatanya. Ada yg bilang itu udah ikut wilayah jateng ada jg yg bilang ikut wilayah jatim. Kalo sarangan ini termasuk wilayah magetan Jawa Timur.

Butuh waktu kira2 30 menitan dr pusat Kota Magetan untuk sampai ke lokasi wisata sarangan. Sepanjang perjalanan dipenuhin dengan hamparan kebun dan sawah karena mayoritas penduduk sini bercocok tanam dan petani. Setiap mata memandang yg terlihat nuansa hijau dan birunya langit. 

Pemandangan yang enak lah buat nyuci mata dr padatnya suasana perkotaan. Sebelum sampai di telaga sarangan, kita melewati kebun stroberry yg luas, dan disana kita bisa langsung beli buahnya ato petik sendiri di kebunnya. Harganya mulai dari 10rban sampai 60rb, tergantung brapa banyaknya buahnya.

Setelah melewati kebun stroberry sampailah ke telaga sarangannya. Tiket masuknya termasuk murah hanya 10rb/ orang. Karena kendaraan harus di parkir alhasil kita harus jalan ke telaganya. Tidak jauh jg kok jalan dr tempat parkir ke telaga.

Selain itu d sepanjang perjalanannya kita melewati pasar yg disana banyak orang berjualan souvenir. Dari mulai kaos yg bertuliskan "telaga sarangan", gantungan kunci, kacamata sampai penjual sayur dan buah.

Untuk memutari telaga sarangan, kita bisa naik boat yg sudah disediakan. Sekali putar pake boat butuh biaya sekitar 50rban per orang ato kalo mau menggunakan jalur darat kalian bisa naik kuda dengan harga 40rb sekali putaran.

Jika kalian bokek ato kesana pas tanggal tua, kalian bisa jalan kok muterin telaga sambil liat pemandangan n foto2. Kalau cape kalian bisa singgah sebentar d warung pinggir telaga untuk beli minum n makan sate ayam or kelinci. Itulah sekelumit tentang telaga sarangan..kalo masih penasaran silahkan datang langsung ke Magetan