Yuk Kenali Cara dan Jenis Investasi Obligasi dengan Mudah

investasi dbs
Source : freepik.com
Jenis Obligasi ada beragam sehingga Anda perlu mengetahui detail informasi dan karakteristik masing-masing sebelum memutuskan untuk membelinya. Bagi seseorang yang sudah memiliki pekerjaan tetap dan mapan secara finansial, sudah waktunya memikirkan investasi. Investasi menjadi semacam hal yang wajib dilakukan supaya uang yang diperoleh bisa tetap berputar serta memberikan keuntungan optimal. Lalu, apa saja jenis Obligasi dan bagaimana cara kerjanya?

Inilah Berbagai Jenis Obligasi dan Cara Kerjanya

Source : freepik.com

Definisi Obligasi secara umum adalah surat pernyataan utang yang diterbitkan oleh suatu badan atau otoritas dalam kurun waktu tertentu. Penerbitan Obligasi dilakukan dengan tujuan mendapatkan sumber dana tambahan demi keberlangsungan suatu usaha. Jika ditinjau dari sisi pemerintah, Obligasi Pemerintah digunakan sebagai salah satu sumber dana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). 

Jenis Obligasi ada beragam. Umumnya, Obligasi terbagi ke dalam beberapa kelompok. Namun, kali ini akan dibahas Obligasi berdasarkan sistem pembayaran bunga dan penerbit saja.

Dilihat dari sistem pembayaran bunganya, Obligasi dapat dibedakan menjadi:

1. Zero Coupon Bond

Zero coupon bond merupakan surat utang tanpa kupon sampai tiba jatuh temponya. Lantas, bagaimana cara investor memperoleh keuntungan? Secara sederhana, skemanya adalah investor membeli surat utang tersebut dengan potongan harga atau diskon. Kemudian saat jatuh tempo barulah pembayaran penuh mereka terima. 

2. Obligasi Kupon 

Definisi Obligasi kupon adalah jenis surat utang yang penerbitan kuponnya dilakukan secara teratur dan berkesinambungan. Besaran nominal tiap-tiap kupon ditentukan berdasarkan kesepakatan bersama antara investor serta penerbit Obligasi.

3. Obligasi Kupon Mengambang

Obligasi kupon mengambang atau disebut juga floating coupon adalah jenis Obligasi dengan pembagian kupon tidak tetap atau besaran kupon berbeda-beda mengikut kondisi besaran suku bunga acuan. 

4. Obligasi Kupon Tetap

Obligasi kupon tetap atau fixed coupon yaitu Obligasi yang menawarkan suku bunga bernilai tetap hingga datangnya masa jatuh tempo.

Berdasarkan penerbitnya, Obligasi bisa dibedakan menjadi:

1. Government Bonds

Government bonds merupakan surat utang yang diterbitkan pemerintah. Obligasi Pemerintah Indonesia terbagi kembali menjadi berbagai jenis antara lain, sukuk ritel, Obligasi negara ritel Indonesia, saving bond ritel, serta sukuk negara tabungan. Penerbitan Obligasi Pemerintah di Indonesia pertama kali dilakukan pada Agustus 2006.

2. Corporate Bonds

Corporate bonds bisa dikatakan sebagai surat utang yang diterbitkan oleh perusahaan atau badan tertentu baik itu BUMN (Badan Usaha Milik Negara) atau pihak swasta. Corporate bonds memiliki masa jatuh tempo minimal setahun. Contoh perusahaan yang pernah menerbitkan corporate bonds adalah PT Indofood Sukses Makmur Tbk dengan besaran jumlah pokok Obligasi hingga Rp 2 triliun pada 2014, bersuku bunga tetap, dan jangka waktu lima tahun.

3. Municipal Bonds

Municipal bonds merupakan Obligasi terbitan pemerintah daerah. Tujuannya adalah untuk biaya pembangunan daerah yang berhubungan dengan kepentingan masyarakat.

Sementara itu, cara kerja Obligasi dimulai dari penerbitan surat utang. Selanjutnya apabila telah jatuh tempo, maka akan dilakukan pembayaran bunga atau kupon pada investor. Harga awal ditetapkan berdasarkan nominal ketika penawaran pertama. 

Terkait dengan penjualan Obligasi, investor bisa menjualnya pada pihak lain usai diterbitkannya Obligasi atau sesuai mekanisme pasar yang telah disepakati, mengingat khusus Obligasi ritel saat ini kebanyakan diperlukan holding period rata-rata satu bulan. Umumnya Obligasi akan dibeli lagi tatkala suku bunganya turun dan kelayakan kredit investor naik, tetapi biaya penerbitannya lebih rendah.  

Berinvestasi Obligasi Pemerintah Aman Bersama DBS Treasures

Seiring meningkatnya kesadaran orang dalam berinvestasi, DBS Treasures yang merupakan layanan bagi nasabah prioritas yang didukung Relationship Manager tersertifikasi, siap memberikan beragam solusi produk simpanan dan investasi sesuai aspirasi Nasabah. Salah satunya adalah Obligasi Pemerintah. 

Cara investasi Obligasi Pemerintah di DBS Treasures juga sangat mudah. Anda hanya perlu membuat Single Investor Identity (SID) melalui Aplikasi digibank by DBS apabila belum memilikinya. Selanjutnya pilihlah “Obligasi Pasar Perdana” atau “Obligasi Pasar Sekunder.” Kemudian tentukan denominasi, ingin Obligasi dalam rupiah atau dolar Amerika Serikat. Terakhir, pilihlah produk sesuai imbal hasil serta periode jatuh tempo yang diinginkan.

Lantas, Apa Saja Keuntungan Investasi dengan Obligasi Pemerintah di DBS Treasures?

1. Diterbitkan oleh Pemerintah

Sesuai namanya, Obligasi yang diterbitkan pemerintah dijamin undang-undang. Tidak heran apabila lebih banyak orang memilih jenis Obligasi ini.

2. Tersedia Beragam Pilihan

Obligasi Pemerintah tersedia dalam bermacam pilihan di antaranya menggunakan mata uang IDR konvensional, IDR Ritel, dan USD.

3. Kupon Reguler

Selama investasi masih berjalan, penerbit Obligasi akan memberikan kupon reguler kepada investor. Kupon ini adalah penghasilan regular yang dibayarkan berkala atau secara teratur serta berkelanjutan asal masih dalam periode investasi.

4. Potensi Capital Gain

Beberapa jenis Obligasi yang dipunyai dapat dijual kapan pun tanpa harus menunggu jatuh tempo. Jadi, akan ada potensi keuntungan yang didapatkan ketika harga Obligasi naik.

5. Kupon Kompetitif

Tingkat kupon atau besaran keuntungan relatif di atas rata-rata deposito berjangka menjadi salah satu daya tarik bagi investor.

6. Tidak Ada Biaya Tambahan

Berinvestasi Obligasi di DBS Treasures tak dikenakan biaya tambahan apapun.

7. Transaksi 24/7

Dengan hadirnya Aplikasi digibank by DBS, Anda dapat melakukan berbagai transaksi perbankan dari mana saja dan kapan pun. Investasi Obligasi Pemerintah di DBS Treasures bisa Anda lakukan lewat aplikasi selama 24 jam dalam 7 hari, cukup dalam beberapa kali sentuhan layar.

Itulah berbagai hal tentang Obligasi termasuk jenis Obligasi. Penting bagi Anda mencari informasi tentang masing-masing Obligasi yang ditawarkan supaya bisa memilih sesuai keinginan. Salah satunya investasi Obligasi Pemerintah di DBS Treasures yang bisa dilakukan dengan mudah dan memberikan banyak keuntungan. Pembayaran kupon tiap tanggal yang sama per bulannya serta kemudahan transaksi jual beli Obligasi via Aplikasi digibank by DBS semakin menambah kenyamanan. Yuk, yakin berinvestasi sekarang dengan DBS Treasures!


Tidak ada komentar

Posting Komentar