4 Menu Minuman untuk Takjil Anti Ribet

menu takjil
Berbukalah dengan yang manis. Kenapa berbuka disunnahkan untuk memakan yang manis-manis? Karena makanan manis dapat membantu mengembalikan nutrisi dan energy yang dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga tubuh dapat segera pulih dari rasa lemas dan dehidrasi.

Karena itulah muncullah menu takjil. Sebenarkan kata takjil tak berarti makanan manis. Kata takjil berasal dari bahasa arab yang artinya mempercepat. Namun semakin lama kata takjil berubah arti menjadi makanan manis yang digunakan sebagai menu pembuka waktu berbuka puasa.

Kali ini aku akan mengulas 4 menu takjil manis yang mampu menyegarkan tubuh setelah seharian menahan lapar dan haus karena puasa. Menu-menu ini juga mudah untuk membuatnya.

1. Jus Kurma

jus kurma
Di sunnahkan untuk berbuka puasa dengan memakan kurma. Nabi berbuka puasa sebelum shalat dengan ruthab (kurma basah), jika tidak ada beliau berbuka dengan tamr (kurma kering). Bila tidak ada beliau meminum seteguk air.

Nah, ingin makan kurma namun berupa minuman, kalian bisa membuat jus kurma. Kalian cukup menyiapkan 7 butir kurma dan sekaleng susu beruang atau segelas susu murni.

Cara membuatnya mudah banget. Ambil biji kurma, lalu ke tujuh butir daging kurma tersebut rendam dalam air selama kurang lebih 1 jam. Kemudian campur daging kurma dengan susu ke dalam blender. Blender hingga halus. Tak perlu menambahkan gula atau pemanis apapun, karena kurma sendiri sudah manis.

Setelah halus tuang ke dalam gelas, lalu masukkan ke dalam kulkas agar dingin. Jus kurma siap di minum untuk takjil berbuka puasa.

2. Es Blewah

es blewah
Setelah seharian tidak minum, kerongkongan jadi kering banget kan? Minum yang seger-seger jadi solusi yang pas untuk berbuka. Es blewah salah satu solusi tepatnya.

Kalian cukup menyediakan blewah, sirup, air putih dan es cube. Jika semua bahan telah tersedia, serut blewah dengan alat serut atau jika tak ada kalian bisa menggunakan garpu untuk menyerutnya. Jika sudah campurkan blewah dengan air putih lalu tambahkan sirup sesuai selera.

Aduk dengan rata agar manisnya merata. Lalu tambahkan es cube ke dalamnya. Minuman segar ini siap menemani berbuka kalian.

3. Susu Jelly

susu jelly
Ingin yang manis-manis tapi sayangnya belum sempat beli buah di pasar? Kalian bisa membuat es susu jelly yang manis dan segar. Cocok banget buat minuman sebelum berbuka.

Bahan yang kalian perlukan adalah jelly, susu kental manis, sirup, air putih dan es cube. Pertama buat jelly terlebih dahulu, karena memakan waktu yang agak lama agar jelly mengeras, usahakan membuatnya jauh-jauh sebelum waktu berbuka tiba.

Setelah itu serut jelly dengan serutan atau potong kotak-kotak kecil. Jika sudah jelly sudah siap, campurkan susu dengan air putih, tambahkan sirup  sesuai selera, aduk hingga rata. Setelah itu masukkan jelly yang telah dipotong-potong dan terakhir masukkan es cube.

4. Lemon Squash

lemon squash
Lemon menjadi salah satu alternative pilihan buat kalian yang butuh kesegaran ekstra saat berbuka. Rasa asam dari lemon bikin badan jadi segar. Agar rasanya lebih segar lagi, kalian bisa membuat lemon squash yang mampu menggoyangkan lidah. Nggak susah kok buat bikinnya.

Kalian hanya butuh sari lemon, soda/sprite, gula cair, selasih, daun mint dan es cube. Tuangkan satu sendok the sari lemon ke dalam gelas, lalu tuangkan soda atau sprite memenuhi gelas. Aduk sari lemon dan soda atau sprite, tambahkan gula sesuai selera.

Nah agar terlihat manis kalian bisa menambahkan selasih  dan daun mint diatasnya. Biar terlihat lebih cantik lagi, kalian juga bisa menambahkan irisan tipir buah lemon di tepian gelas. Jadi berasa buka puasa di caffe kan?

Itu tadi 4 menu minuman yang bisa kalian coba di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat berbuka puasa.  

5 komentar

  1. Makasih buat rekomendasinya. Dari keempat menu minuman untuk takjil, saya pilih jus kurma. Selain saya suka buah kurma, keliatannya unik banget ya, kurma diolah dengan cara dibikin jus. Baru tau juga. Pasti rasanya enak ya....

    BalasHapus
  2. Lemon squash sepertinya seger banget ya, kalo anak-anak pasti suka susu jelly deh dan suami sangat menyukai es blewah yang seger. Terima kasih rekomendasinya, semoga puasa kita lancar sampai akhir.

    BalasHapus
  3. Untuk membuat jus kurma ini, kalau misal daging kurmanya nggak usah di rendam dulu apakah bisa mbak? Hihi... soalnya kadang udah ribet dan kelupaan belum ngerendam buah kurmanya, apalagi ngerendamnya 1 jam

    BalasHapus
  4. Ini sih resep minuman yang praktis banget. Sangat recomended, terutama buat saya yang punya anak kecil dan kesibukan. Bikin es yang ribet pasti malah nggak jadi. Akhirnya minumnya es teh lagi atau beli jadi. Kan boros. Saya mau nyoba es jeli sama es kurma ah, bahannya ready di rumah. Asyik bgt.

    BalasHapus
  5. Pengen yang lemon squash tapi kadang kalo ga makan nasi dluan perut suka memberontak nih kak huhu

    BalasHapus