Rekomendasi Krupuk Enak dan Sehat Buat Teman Makan

kroepoek waroeng

Sebagai orang Indonesia, rasanya kurang lengkap deh bila makan nggak pakai kerupuk. Rasa gurihnya bikin rasa makanan menjadi semakin nikmat. Bahkan makan nasi pakai kerupuk saja sudah terasa nikmat. Selain itu sensasi kriuk-kriuk yang muncul saat makan kerupuk juga bikin makan tambah lahap.

Selain sebagai teman makan nasi, kerupuk juga enak dijadikan camilan  untuk menemani kegiatan kalian. Nggak susah untuk menemukan camilan enak satu ini, karena banyak dijual di toko-toko dan di pinggir jalan.

Namun kalian harus sedikit hati-hati saat akan membeli camilan enak ini. Karena kini banyak penjual yang agak nakal yang mencampur bahan dasar kerupuk dengan zat-zat berbahaya, agar bisa menghemat biaya produksi mereka.

Campuran lilin atau plastik

Beberapa penjual yang tak bertanggungjawab mencampuri bahan dasar kerupuk dengan plastik atau lilin. Kerupuk yang dicampuri plastik atau lilin menjadi tahan lama dan tidak mudah melempem. Selain itu proses penggorengan juga lebih mudah karena kerupuk tidak mudah gosong.

Kerupuk yang mengandung plastik atau lilin juga tidak membutuhnya banyak minyak. Sehingga bisa menekan biaya produksi.

Kerupuk dengan kandungan plastik atau lilin ini tentu saja sangat berbahaya bagi kesehatan kita. Ada berbagai resiko yang terjadi bila kita sering memakannya. Seperti obesitas, gagal ginjal dan kanker.

Campuran zat pewarna

Sering kita temui beberapa kerupuk dengan warna yang beragam, seperti merah, kuning, hijau. Beberapa penjual yang curang menggunakan zat pewarna yang berbahaya sebagai pengganti pewarna alami.

Untuk mengetahui cukup mudah, bila  kalian menemui warna kerupuk menyala terlalu terang, bisa jadi ada campuran zar aditif pada makanan sebagai pewarna. Kerupuk dengan pewarna alami, warnanya lebih gelap setelah digoreng.

Campuran Msg

Msg (Monosodium glutamate) atau yang sering disebut micin, sebenarnya bukanlah hal yang berbahaya bila dikonsumsi sesuai takaran. Setiap harinya konsumsi Msg yang disarankan tak lebih dari 1.7gr saja. Konsumsi Msg yang berlebihan bisa menyebabkan dampak negative pada tubuh seperti obesitas, hypertensi, kerusakan sel, kerusakan ginjal hingga kanker.

Untuk meningkatkan rasa gurih pada kerupuk, beberapa penjual menambahkan Msg atau micin ke dalam adonan. Pemakaian micin ini dilakukan untuk menghemat biaya produksi. Karena dengan sedikit micin saja, kerupuk akan menjadi gurih. Berbeda bila menggunakan bahan alami lainnya.

Namun kini kalian tak perlu waswas lagi untuk membeli kerupuk. Karena sekarang ada kerupuk sehat, yang dijamin bebas plastik, bebas lilin, bebas zar pewarna dan tidak mengandung Msg. Ini dia rekomendasi kerupuk enak dan sehat.

Keroepoek Waroeng

kroepoek waroeng

Kemarin sempat cari di shopee kerupuk sehat buat teman makan di rumah. Dan secara tak sengaja bertemulah dengan Keroepoek Waroeng. Tertarik dengan tampilannya yang menarik dan menggoda akupun kepo cari tahu tentang kandungan di dalamnya.

Bahan-bahan yang digunakan adalah bahan alami dan yang paling penting adalah No Msg. Keroepoek Waroeng ini terbuat dari tepung tapioca, bawang putih, bumbu alami dan minyak ikan. Dan tentu saja telah lolos uji BPOM, yang menandakan bahwa kerupuk enak ini layak untuk dikonsumsi.

kroepoek waroeng

Bahan-bahan yang digunakan merupakan produk premium yang berkualitas tinggi, tanpa pengawet dan tanpa pemutih (No Borax, No Formalin). Kerupuknya pun di buat dengan proses yang higienis dan pengecekan kualitas secara regular. Dengan jaminan kualitas yang baik, bikin kita tak perlu was-was lagi untuk mengonsumsinya.

Keroepoek Waroeng ini memiliki banyak sekali varian rasa yang disajikan. Beberapa varian kerupuk produksi cahaya kencana ini adalah kerupuk udang, kerupuk bentuk bintang, krupuk singkong pedas dan kerupuk mini rose.

Buat kalian yang ingin ngemil kerupuk sehat ini tak perlu wars-was soal harnganya. Harga kerupuk sehat ini terbilang murah, kalian cukup membayar Rp. 35.000 saja untuk satu bungkus kerupuk. Tiap bungkus berisi 500gr kerupuk. Dan kalau sudah digoreng jadinya bisa bertoples-toples lho!

Kemarin aku memutuskan untuk membeli varian mini rose. Kerupuk dengan bentuk bulat seperti kerupuk bawang yang dijual di warung-warung dekat rumah. Rasanya enak sekali, gurih dan renyah. Saat pertama kali mengigit, rasa bawang putihnya terasa. Pas banget buat teman makan dan cemilan saat santai.

Cara penyajian

Sebelum menggoreng ada baiknya kerupuk dijemur terlebih dahulu sekitar satu hingga dua jam di bawah terik matahari. Atau bila hari sedang mendung sehingga sinar matahari tak muncul, kalian bisa memanaskannya di mocrowive atau oven selama kurang lebih satu hingga dua menit. Hal ini dilakukan agar saat digoreng nanti kerupuk bisa mengembang dengan sempurna.

Dan untuk menggorengnya, baiknya menggunakan dua wajan. Wajan satu isi dengan minyak yang tidak begitu panas, wajan dua isi dengan minyak yang sangat panas.

Setelah minyak di wajan kedua sudah benar-benar panas, siapkan kerupuk yang telah selsesai dipanaskan. Lalu masukkan ke wajan satu, balik hingga mengembang. Lalu angkat dan masukkan ke wajan kedua.

Ketika menggoreng, tekan kerupuk ke dalam minyak panas secara perlahan hingga kerupuk mengembang sempurna. Setelah matang, angkat dan letakkan di atas kertas minyak.

Tunggu hingga kerupuk mengering dan minyak yang menempel sedikit hilang. Masukkan kerupuk ke dalam toples agar tetap renyah dan tidak melempem. Kerupuk siap di makan atau dijadikan cemilan.

Cara membeli

Untuk mendapatkan kerupuk sehat ini kalian nggak perlu bingung. Kalian bisa membelinya lewat aplikasi shopee atau tokopedia. Banyak toko yang menjual kerupuk enak dan sehat tanpa Msg ini.

Tak hanya di aplikasi belanja online seperti shopee dan tokopedia, kalian juga bisa menemui Keroepoek Waroeng di instagram. Coba deh kepoin ig @eatwaroeng atau @themunchingqueen.

Jadi nunggu apa lagi, yuk buruan di borong. 

27 comments

  1. Aku salah satu kalo makan kayak harus wajib ada krupuk hehe
    Makasih rekomendasinya kak

    ReplyDelete
  2. Kerupuk meski makanan aederhana, tapi nikmat buat teman santap makan. Tapi sudah beberapa tahin terakhir vakum konsumsi kerupuk. Karena ada isu kerupuk ada kandungan plastik.Ini Kerupuk warung dijamin aman ya mbak?

    ReplyDelete
  3. Saya kalo makan gak ada sambel dan sambal atau lalap cabe itu rasanya kurang mantap aja gitu...

    Kurupuknya boleh juga nih...rasanya kayaknya gurih. Bolehlah kapan2 dicoba.



    ReplyDelete
  4. Mantep banget ini. Saya sebagai penyuka krupuk jadi tahu kalau ada krupuk yang enggak cuma enak tapi juga sehat. Habis ini kepoin produknya ah.

    ReplyDelete
  5. Makan dilengkapi kerupuk itu seruuu
    Ada kriuk-kriuknya yang bikin makanan rasanya makin mantap
    Apalagi kalau kerupuknya memang enak dan segar
    Wah bisa nambah terus nih

    ReplyDelete
  6. Eamang zaman sekarang kita gabisa sembarang membeli kerupuk, Waroeng Keropoek ini kayaknya enak banget,, tertarik untuk mencoba

    ReplyDelete
  7. Wa, makan tanpa kerupuk berasa kurang memang..DAn kalau kerpuknya sehat begini pasti aman dikonsumsi
    Aku baru tahu dipanaskan di microwave/oven pas musim hujan dan susah matahari begini..Oke natar dicoba biar ngembang optimal kerupuknya

    ReplyDelete
  8. Wah tampilannya nagus kayak bunga mekar. Meski waernany putih.. cus ah..

    ReplyDelete
  9. Duh mbaa... Gimana nih aku jadi pingin juga nyemilin krupuk ini... Huhhuuhhu

    ReplyDelete
  10. Pecinta kerupuk mannnna nih suaranya? Saya dooong! Bakal hunting nih kalau dah tahu ada yang menggoda gini mah.

    ReplyDelete
  11. Uwwuuww krupuk tanpa micin tuhh berasa kayak nemu air di tengah gurun pasir. Wkwkwkw pengen jadinyaa. Mauu dongg.

    ReplyDelete
  12. berarti kerupuknya aman buat anak-anak ya mba, soalnya kafa tu suka banget sama kerupuk...

    ReplyDelete
  13. Aduh bahaya juga yaaa kalau banyak kandungan atau bahan di kerupuk yang dijual dipasaran di konsumsi oleh kita dan keluarga. Huhu semoga dengan ada nya kerupuk sehat ini dapat memenuhi kebutuhan para keluarga di Indonesia

    ReplyDelete
  14. Tercenung aku jadinya. Ternyata kerupuk saja ada yang dicampur dengan lilin atau plastik agar produknya nggak cepat melempem. Sebel banget jadinya. Kok tega ya pembuat kerupuk yang begini?

    ReplyDelete
  15. Hah kok ngeri gituu ternyata kerupuuukkk. Haruskah aku ganti merk kerupuk yang lebi sehat? Gak bayangin kalo yang aku makan selama ini ternyata ada campuran lilin sama plastiknya, ya Allah

    ReplyDelete
  16. Iyaa nih, kita sebagai pembeli harus cerdas. Karena banyak penjual yang mulai bermain licik dengan dagangannya.

    Ehh btw, kemasan produknya cakeeeppp..

    ReplyDelete
  17. Baru tau nih ada krupuk yg kemasannya cantik gini.. Penyajiannya juga gampang, yg oaling oenting krupuknya sehat nih buat dikonsumsi apalagi anakku yg doyan banget makan krupuk..

    ReplyDelete
  18. Asli kerupuk adalah makanan sejuta umat Indonesia. Keren ini produknya inovasi dari kerupuk yang biasanya gitu-gitu aja. Siapa tau suatu saat kerupuk mendunia ini.

    ReplyDelete
  19. suka takut makan krupuk byk pas makan, padhal suka bgt krupuk

    ini produk jadi solusi cemerlang bgt mbak :)

    ReplyDelete
  20. Masya Allah ini namanya inovatif ya, aku fokus sama kemasannya unyu-unyu sekali dan sangat kekinian. Cuuss order ..

    ReplyDelete
  21. Wah kerupuk adalah senjata anak2 kalau makannya susah nih mbak. Jadi aman ya kalau ada kerpuk premium gini

    ReplyDelete
  22. Wah yow iji yg tak cari... namanya mau makan pasti butuh banget pegangan biar makin kenyang ... ya krupuk begini yg aku cari. Higienis dan lebih menyehatkan yaaa

    ReplyDelete
  23. aku belum pernah makan ini mbak, jadi penasaran rasanya kayak apa. Gemes ama packaging nya

    ReplyDelete
  24. jadi pingin nyoba nih snack kerupuknya, jadi lapaar nih. Selain itu desainnya juga unik

    ReplyDelete
  25. wah wahh.. sebagai penggemar krupuk harus cobain nih :) pengiriman ke luar kota aman gak yaa :)

    ReplyDelete
  26. kerupuk tanpa msg ya dan aman pastinya. wah kerupuk waoreng boleh juga nih dicoba. suami dan anak anak nih yang gak bisa makan tanpa kerupuk. hehe

    ReplyDelete
  27. wah aku baru ada kerupuk waroeng mau coba ah, kira" ada gak ya di toko online hehe buat stok ngemil saat ngetik blog

    ReplyDelete