Setiap Orang Butuh Mengembangkan Diri

 

mengembangkan diri

Tak perlu membandingan diri kita dengan orang lain, namun bandingkanlah diri kita dengan kita dihari kemarin. Jadikanlah harimu seakrang, lebih baik dari harimu kemarin. Itulah mengapa kita butuh untuk selalu mengembangkan diri.


Mereka yang sukses adalah mereka yang bisa berbuat lebih baik lagi daripada hari kemarin. Untuk bisa mengembangkan potensi yang ada dalam diri kita, pertama kali yang harus kita lakukan adalah mengetahui potensi  itu.


Teruntuk kalian yang telah menemukan passion kalian, beruntunglah kalian. Dengan begitu kalian tau akan ke mana arah tujuan kalian. Kalian tinggal mengasahnya dan mengembangkannya.


Teruntuk kalian yang belum menemukan passion kalian, tak mengapa. Tak pelu berkecil hati, kalian pasti akan menemukannya kok. Setiap orang punya waktunya sendiri untuk menemukan jalan menuju passion mereka. Ada yang menemukannya dengan cepat dan mudah, ada yang harus bersusah payah dahulu.


Proses menemukan passion memang tak semudah yang dibayangkan. Pasti banyak lika-likunya dan membutuhkan banyak waktu. Jadi nggak perlu lah kalian merasa iri dengan orang lain. Dan merasa dia di usia yang muda sudah bisa menghasilkan ini dan itu, sedangkan aku dulu ngapain aja kok baru sekarang bisa ini dan itu.


Karena jalan hidup tiap orang itu berbeda. Kita memang berada di atas bumi yang sama namun dengan takdir yang berbeda. Yang harus digaris bawahi adalah bukan tentang hasilnya, namun upayanya. Yang terpenting adalah kita harus  mau untuk belajar, mau terus berkembang. Biar hidup nggak stagnan gini-gini aja.


Mencoba banyak hal, merupakan salah satu alternative yang bisa kalian lakukan dalam upaya untuk menemukan passion. Dengan mencoba banyak hal kalian bisa tau “aku ini sukanya kegiatan apa ya”. Passion itu butuh dicari, jika kalian hanya berdiam diri saja tanpa ada usaha untuk menemukan, ya nggak bakal pernah tau apa yang kalian sukai.


Seperti halnya makanan favorit, kalian tak akan tau makanan kesukaan kalian jika tak pernah merasakannya kan. Kalian tau makanan ini lezat dan makanan ini nggak enak karena kalian mencoba memakannya. Bila enak pasti akan kalian beli lagi sedangkan bila sebaliknya pasti hanya kalian beli sekali itu saja.


Dengan mencoba banyak hal, kalian akan tau lebih condong ke arah mana kegemaran kalian. Memang butuh waktu yang tak sebentar. Tapi lebih baik kan dari pada tidak mencoba sama sekali.

Tidak ada komentar

Posting Komentar