Mengenal Indonesian Content Creator

Indonesian content creator

Awalnya nggak tau sih Indonesia Content Creator yang disingkat dengan ICC itu apaan. Sampai ada seorang teman yang ngajakin untuk ikut dalam event yang ICC selenggarakan yaitu One Day One Post yang disingkat ODOP.


Karena memang tiap bulan januari aku selalu ikut 30 hari bercerita (30HBC) yaitu tantangan bercerita selama 30 hari berturut-turut lewat caption di instagram. Aku jadi tertarik saat mendapat ajakan untuk ikut ODOP.


Tahun lalu pernah ikut ODOP juga tapi gagal dipertengahan jalan. Oleh karena itu, kini jadi tertantang lagi untuk bisa konsisten nulis sehari satu postingan selama 30 hari berturut-turut. Namun bedanya, tahun lalu taka da minimal kata yang harus dituli, menulis puisipun tak mengapa. Sedangkan tantangan kali ini ada minimal kata yang harus ditulis, jadi bikin semakin tertantang nih aku.


Selain tertantang aku juga ingin belajar untuk konsisten menulis. Meski nggak harus tiap hari juga sih, minimal seminggu dua kali aja udah lumayan bagi aku yang kalo nulis suka nunggu mood ini.


Maka tanpa ragu lagi aku langsung mengisi form yang disodorkan saat pendaftaran. Setelah memenuhi syarat dan ketentuan yang dilakukan akupun mendapat undangan untuk masuk grup khusus komunitas ICC X ODOP.


Ternyata banyak sekali yang ikut kegiatan ini. Semakin banyak teman, membuat aku semakin semangat untuk menulis. Selain itu juga yang bikin tambah seneng, terdapat dua kalli shating time.


Dalam sharing time ini, aku dapat banyak sekali ilmu yang bermanfaat. Para pematerinya juga kece-kece banget. Aku jadi banyak tau tentang dunia kepenulisan.


Materi pertama bertema issu social tentang kekerasan terhadap perempuan. Dalam sesi ini banyak hal dibahas, mulai dari penyebab, alasan hingga cara menangani korban kekerasan.


Materi kedua berisi tentang bagaimana cara menulis dan memasarkan buku. Pas banget deh materinya buat kalian-kalian yang berencana untuk menerbitkan buku. Ternyata ada banyak banget tips dan trik dalam memasarkan hasil karya kita lho!


Dengan mengikuti kegiatan yang diselenggarakan ICC dan ODOP ini, aku banyak banget mendapatkan manfaat. Mulai dari melatih kedisiplinan dalam menulis hingga menerima banyak ilmu tentang kepenulisan. Terima kasih banget ya ICC dan ODOP.


Aku harap kegiatan seperti ini bisa dilakukan secara rutin tiap tahunnya. Atau tiap bulan sekali juga boleh heheh. Biar lebih produktif lagi kita. Karena kalau nggak dipaksa nggak akan nulis aku tu.

2 komentar

Elva Susanti mengatakan...

Saya jg baru tau tentang ICC ini kak, dan menarik juga ya buat gabung supaya nambah2 ilmu juga. Jadi mupeng deh buat gabung

Karimah Iffia Rahman mengatakan...

Terima kasih kaa atas ulasannya, aamiin2, semoga bisa ada agenda positif lagi seperti ODOP ICC ini, sukses selalu yaaa ... :)