Tak Hanya Menyehatkan Badan, Berenang Juga Menyehatkan Mental

Berenang menjadi salah satu olahraga yang banyak mininati semua orang. Mulai dari anak-anak, remaja, orang dewasa hingga orang tua. Selain merupakan olahraga yang menyenangkan, berenang juga memiliki banyak sekali manfaat. Tak hanya menyehatkan badan, berenang juga  menyehatkan mental.


Berenang untuk kesehatan badan.

Saat berenang semua anggota badan kita akan bergerak, membuat stamina tubuh menjadi lebih kuat. Dengan berenang kita mampu melatih otot-otot utama tubuh, dari bahu, punggung, panggul bokong hingga kaki. Ini manfaat yang bakal diperoleh untuk kesehatan badan kalian bila melakukan olahraga ini secara teratur.   


  • Menyehatkan jantung dan paru-paru


Studi di Indian Journal of Physiology and Pharmacology menemukan perenang memiliki jumlah udara yang masuk dan keluar dari paru-paru lebih baik saat pernapasan rileks dibandingkan pelari. Dalam sebuah studi dikatakan bahwa bila kegiatan ini dilakukan secara rutin selama 12 minggu, konsumsi oksigen akan naik hingga 10 persen.


Berenang, melancarkan sirkulasi jantung saat memompa darah dan mengirimkannya ke seluruh bagian tubuh. Bila melakukan olahraga ini secara rutin, dampak peningkatan jumlah darah yang dipompa tiap kali jantung berdenyut mencapai 18 persen, yang berarti terjadi peningkatan kekuatan jantung.


  • Membentuk dan menguatkan otot


Semua anggota badan akan bergerak saat berenang, sehingga kinerja otot menjadi maksimal. Jika berenang dengan rutin selama 8 minggu berturut-turut, akan terjadi peningkatan massa otot trisep (sisi belakang lengan atas) hingga 25 persen. Studi ini dilakukan pada sekelompok orang pria.


  • Menurunkan berat badan


Ingin menurunkan berat badan? Berenanglah dengan rutin. Berenang selama satu jam, kalori yang dibakar oleh tubuh mencapai 500 hingga 650 kalori. Tergantung seberapa efisien olahraga ini dilakukan.


Berenang untuk kesehatan mental

Ternyata berenang tak hanya menyehatkan badan saja lho! Olahraga satu ini ternyata juga bisa sebagai sarana stress release. Menurut Aime C. Kimball seorang psikolog sekaligus kepala pelatihan mental di Center for Sports Medicine, berenang dapat mengurangi rasa sedih, kecemasan dan stress secara significant. Ini beberapa alasannya.


  • Menghasilkan hormone endorphin


Endorphin adalah senyawa kimia yang membuat seseorang merasa senang dan bahagia. Saat berenang, tubuh akan melepaskan hormon endorphin. Hormon inilah yang nantinya akan mengatasi rasa sedih, menghilangkan stress dan meningkatkan rasa senang.


Saat stress tubuh akan menghasilkan hormon kortisol atau yang biasa dikenal dengan hormon stress. Saat berenang tubuh bisa menghentikan hormon stress ini dan mengubah rasa cemas karena sedih menjadi perasaan yang lebih rileks dan tenang. Secara sederhana, berenang bisa merangsang suatu senyawa kimia di otak yang mendorong pertumbuhan sel saraf.


  • Memperlancar aliran darah


Saat berenang semua otot tubuh bergerak, gerakan mendorong dan menendang dengan kaki dan tangan mampu memperlancar aliran darah. Aliran darah yang lancar dapat memberikan nutrisi yang banyak terhadap otak. Jika otak sehat maka gangguan mental seperti stress tidak akan terjadi. Selain itu dengan berenang tubuh akan menjadi rileks. Karena saat berenang terdapat gerakan perengangan otot dan pengembangan pola pernapasan. Kombinasi gerakan-gerakan tersebut mampu mengusir stress dan rasa sedih.


Semua manfaat tersebut akan dirasakan bila dilakukan secara rutin. Yuk melakukan gaya hidup sehat dengan berolahraga secara rutin.

No comments

Post a Comment