Barang Pribadi Yang Wajib Dibawa Saat Mendaki

Salah satu wisata alam yang lagi banyak digemari khususnya oleh anak muda masa kini adalah mendaki gunung. Kegiatan di alam bebas memang sangat menantang dan bikin ketagihan.


Berbeda dengan kegiatan alam lainnya, mendaki gunung memerlukan persiapan yang matang. Tanpa persiapan yang matang mendaki gunung bisa menjadi membahayakan. Tak sedikit yang berujung pada kematian karena kecelakaan atau peralatan yang tak lengkap dan kurang savety.


Tak hanya persiapan mental dan fisik saja yang diperlukan untuk medaki tapi juga peralatan yang dipakai selama di gunung. Ada beberapa peralatan yang wajib dibawa tiap orang. Apa saja barang-barang pribadi yang wajib kalian bawa saat mendaki?


Namun tak perlu khawatir kawan.  Bila kalian tak punya, kalian bisa menyewanya. Kini banyak kok yang menawarkan jasa penyewaan alat gunung.


  • Carrier dan Sepatu Gunung


Carrier atau tas gunung juga merupakan alat yang sangat vital dalam pendakian. Tas ini berfungsi untuk membawa peralatan pribadi dan kelompok. Tas gunung memiliki desain yang berbeda dari tas-tas biasanya. Gunakanlah carrier sesuai dengan kebutuhan kalian. Bila tak begitu banyak barang yang dibawa, kalian bisa menggunakan daypack. Dan jangan lupa membawa cover bag untuk melindungi tas saat hujan.

  • Baju Ganti

Bawa pakaian ganti sesuai dengan kebutuha, jangan terlalu banyak atau terlalu sedikit. Sesuaikan dengan waktu yang kalian bituhkan untuk mendaki, minimal membawa 2 kaos, satu untuk perjalanan dan satu lagi untuk tidur. Kenapa? Karena saat berjalan tubuh akan banyak mengeluarkan keringat sehingga kaos menjadi basah. Bila tak ganti akan dapat menyebabkan kedinginan. Usahakan juga memakai kaos berbahan dry quick.


  •  Sleepingbag dan Matras

Sleeping bag sangat berguna untuk tidur kalian dimalam hari. Berfungsi sebagai penghangat badan dari cuaca gunung yang dingin saat malam. Selain sleeping bag bawaan wajib lainnya adalah matras. Berfungsi sebagai alas tidur di tenda. Matras memiliki permukaan yang tebal sehingga dapat memberi kenyamanan saat tidur, mengingat permukaan tanah yang tak rata dan kadang ada kerikil-kerikil kecil. Kadang matras juga digantikan dengan aluminium foil yang lebih hangat, karena sifatnya yang dapat memantulkan panas.

  • Headlamp

Penerangan sangat dibutuhkan saat gelap. Nah, Head lamp akan sangat dibutuhkan untuk memperlancar kegiatan kalian di malam hari. Pemasangannya di kepala membuat kedua tangan kalian bebas dan leluasa saat berpegangan saat berada di track terjal atau saat memegang treking pole.


  •  Jas Hujan

Musim kemarau ataupun musim penghujan, jas hujan wajib dibawa saat mendaki. Karena cuaca di gunung tak dapat di prediksi. Selain dapat melindungi dar hujan, jas hujan juga menjadi pelindung badan dari terpaan angin.

  • Kantong Sampah

"Jangan meninggalkan apapun selain jejak"
Banyak sekali gunung-gunung yang kini menjadi ladang sampah saat banyak yang mendakinya. Menyedihkan sekali bukan? Sebagai pendaki yang bijak, harusnya kita tak membuang sampah sembarangan. Jangan pernah meninggalkan sampah non organik di gunung. Masukkanlah sampah-sampah kalian dalam trash bag dan bawa turun kembali.


Jadi sekarang sudah siap mendaki kan?

No comments

Post a Comment