Menanamkan Adab dan Kebiasaan Baik di Rumah

Menanamkan adab dan kebiasaan baik di rumah by Rumbel Keluarga Sakinah

Pemateri
Ustadzah Farida Aji (konsultan keluarga, ketua Lembaga Harmoni)

Minggu, 25 Maret 2018
Pukul 10.00 - 11.30 WIB
Masjid Al-Mukminun, Jl Mahakam 29 Malang.

Tulisan di bawah ini adalah rangkuman saya, jadi jika ada salahnya mohon di koreksi.
Rumbel keluarga sakinah ini diadakan setiap dua minggu sekali di Masjid Al- mukminun Mahakam selama 12 kali pertemuan. Ini merupakan pertemuan ke empat. Karena saya tadi datangnya telat 20menit jadi mungkin ada beberapa materi yang tidak dapat saya tuliskan disini

Menanamkan kebiasaan baik kepada anak dimulai dari kita terlebih dahulu. Kenapa? Karena anak adalah peniru yang ulung. Sehingga mereka akan banyak menirukan apa yang kita lakukan. Beberapa hal baik yang harus kita ajarkan adalah tidak mudah marah "Jangan kamu marah maka surga untukmu ", kejujuran, dan kesabaran.

  • Allah menitipkan anak sebagai penyejuk hati (Qurota Ayyun)
" Dan berkatalah istri Firaun : " (Ia) adalah penyejuk mata hati bagiku dan bagimu. Janganlah kamu membunuhnya, mudah-mudahan ia bermanfaat kepada kita atau kita ambil dia menjadi anak," sedang mereka tiada menyadari. (Qs Al-Qasas : 9)
  • Anak sebagai sarana mendapat risqi
"..., dan janganlah kamu membunuh anak-anak kamu karena takut kemiskinan. Kami akan memberi risqi kepadamu dan kepada mereka,..." (Qs Al-Annam 151)
  • Anak investasi dunia dan akhirat
Jika seorang anak adam wafat maka putus semua pintu amalnya, kecuali ilmu yang bermanfaat, doa anak yang soleh, amal jariyah.

Konsep rumah tangga
  1. Konsep ibu dan ayah maka suami dan istri harus punya visi dan misi yang sama.
  2. Orang tua harus menjadi tauladan karena anak itu peniru yang paling hebat.
  3. Rumah tempat menciptakan Baity Jannaty sehingga menjadikan Al-quran sebagai hal yang paling sering didengar
  4. Banyak berdoa
Q & A
  • Question 
Bagaimana solusi menanggapi anak yang kecanduan HP, mungkin saat dirumah bisa untuk tidak main HP tapi saat diluar melihat temennya main HP mereka menjadi punya rasa ingin juga
  • Answer
  1. Minta perlindungan kepada Allah
  2. Biasanya anak-anak akan cerita tentang apa yang telah dia lihat atau mainkan, saat mereka cerita bahwa telah melihat hal yang negative jangan langsung marah tapi dengarkan. setelah itu beri penjelasan, bahwa apa yang dia lihat adalah hal yang tak pantas untuk dilihat. kuatkan podasi agamanya, buat mereka tau mana yang baik untuk dilakukan dan mana yang tidak. 
  3. Kita tanamkan pemikiran bahwa jika sering main HP maka akan kehilangan halyang menarik lainnya. Salah satu cara adalah dengan menyediakan hal menarik lainnya. Misal anda punya anak yang anteng tidak terlalu aktif maka beri mereka buku ( buat perpustakaan dirumah). Bila anak anda aktiv beri mereka permainan, misal beri bola untuk main bola atau ajari petak umpet dan lain-lain.

Tidak ada komentar