Kutipan 99 Cahaya di Langit Eropa

"..., hakikat sebuah perjalanan bukanlah sekedar menikmati keindahan dari satu tempat ke tempat lain. Bukan sekedar mengagumi dan menemukan tempat-tempat unik di suatu daerah dengan biaya semurah-murahnya. Menurut saya, makna sebuah perjalanan harus lebih besar daripada itu. Bagaimana perjalanan tersebut harus bisa membawa pelakunya naik ke derajat yang lebih tinggi, memperluas wawasan sekaligus memperdalam keimanan."


"Allah menciptakan manusia berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar manusia bisa saling mengenal, berta'aruf, saling belajar dari bangsa-bangsa lain untuk menaikkan derajay kemuliaan di sisi Allah."


"Wahai anakku! Dunia ini bagaikan samudra tempat banyak ciptaan-ciptaanNya yang tenggelam. Maka jelajahilah dunia ini dengan menyebut nama Allah. Jadikan ketakutanmu pada Allah sebagai kapal-kapal yang menyelamatkanmu. Kembangkanlah keimanan sebagai layarmu, logika sebagai pendayung kapalmu, ilmu pengetahuan sebagai nahkoda perjalananmu; dan kesabaran sebagai jangkar dalam setiap badai cobaan." ( Ali bin Abi Thalib ra.)


"Pada dasarnya semua orang mendapatkan hidayah itu. Pada satu titik dalam kehidupannya, setiap manusia di dunia ini pada dasarnya pernah berpikir tentang siapakah dirinya, mengapa dan untuk apa dia hidup, dan kekuatan di atas kekuatan hidupnya. Hanya saja ada yang kemudian mencari dan menelisik, ada pula yang membuangnya jauh-jauh dan melupakannya. Yang mencaripun ada yang caranya salah dan keliru."


"Hidayah turun tak pernah tahu dimana dan bagaimana. Banyak cara dan jalan ketika hidayah itu muncul lalu meresap kedalam hati dan jiwa."


"Keterpaksaan terkadang menjadikan kita mandiri."


"Ilmu pengetahuan itu pahit pada awalnya, tetapi manis melebihi madu pada akhirnya."


"Agama dan ilmu harus menbentuk keseimbangan yang tak bisa di bentur-benturkan. Keduanya tak boleh mengkafiri yang lainnya. Baik agama dan ilmu pengetahuan harus membuka diri satu sama lainnya. Kalau tidak, keseimbangan itu akan runtuh."


"Janganlah menelantarkan harapan. Perjuangan masih panjang."

Tidak ada komentar