Intelegensi Embun Pagi (IEP)


Ini merupakan serial terakhir dari supernova karya Dee Lestari. Serial-serial sebelumnya merupakan perkenalan karakter yang akhirnya di buku ini di pertemukan menjadi satu untuk mengerjakan sebuah misi. Serial pertamanya Kesatria, Putri, Bintang Jatuh (KPBJ) merupakan preskuel. Atau bisa dibilang kata pengantar begitu kata mbak dee di akhir halaman buku IEP. Serial setelahnya adalah Petir, Akar, Partikel dan Gelombang.

IEP ini merupakan buku pertama yang saya baca dari serial supernova, alasannya sederhana, karena Pak Jokowi beli buku ini dan kebetulan temen saya punya jadi bisa saya pinjam.

Meskipun belum baca serial-serial sebelumnya saya bisa tetep paham baca alur, karakter dan tetep bisa memgikuti ceritanya. Mungkin karena semua karakter dipertemukan jadi satu di dalam buku ini. Dan setiap karakter seperti diingatkan keahlianya apa dan tugasnya apa. 

Jadi ceritanya setiap karakter disini itu disebutkan amnesia sehingga murni nggak tau keahliannya dan tugasnya apa. Dan diserial terakhir ini di ingatkan sehingga mereka tau kemampuannya dan tugasnya apa.

Novel fiksi yang seru, kejar-kejaran antara Sarvara, Inflitran dan Peretas. Sarvara dan Inflitran yang bertarung yang satu ingin memusnahkan para peretas, yang satunya ingin menyelamatkan. Dua-duanya ingin membuat para peretas percaya bahwa mereka adalah orang yang ingin menolong dan membantu. Pada akhirnya yang jahat tetap akan terlihat. 

Jangan mudah percaya. Itu yang dapat saya petik dari novel ini. Orang yang luarnya baik belum tentu hatinyapun baik. Ada banyak orang yang berbuat baik untuk mendapatkan keuntungan. 

Pelajaran kedua yang bisa saya ambil. Mungkin yang belum baca novel ini nggak akan ngeh dengan maksud saya ini. Tapi dari novel ini saya belajar, bahwa apa yang kita alami ini sebenarnya sudah di atur.

Semua yang terjadi dalam hidup ini adalah yang terbaik. Tapi kita diberi hak untuk memilih. Memilih menjadi baik atau buruk. Dari alfa, karakter gelombang yang akhirnya memilih untuk meninggal dan kembali ke asko untuk menyelamatkan teman-teman dan misinya daripada berubah menjadi Sarvara meskipun harus kehilangan wanita yang di cintainya.

No comments

Post a Comment