4 Makanan Khas Lombok


Kurang afdol rasanya kalo pergi ke Lombok tanpa menyicipi makanan khas lombok. Sesuai dengan namanya, makanan khas lombok semuanya pedas kecuali jajanannya. Berikut ini beberapa makanan khas lombok yang pernah saya  coba.

1. Plecing kangkung
Plecing kangkung ini bisa kalian temui dimanapun kalian berada di lombok. Terbuat dari kangkung dan kecambah diatasnya ditaburi parutan kelapa yang dibumbu dan sambal yang extra pedas, kadang di beri kacang tanah.

Cara makannya pakai tangan, semua di ulet jadi satu dan di makan dengan lontong. Ada beberapa juga yg di campuri rumput laut. Rasanya nendang abis, pedesnya sampe bikin idung mbeler. Buat kalian yang ga suka pedes disarankan makan dengan menyisihkan sambalnya wkwkw.

2. Sate Bulayak
Sate bulayak ini bisa di beli di Udayana. Disana penjual sate bulayak berjajaran di pinggiran jalan Udayana. Kalo mau ke senggigi pasti lewat jalan ini, jadi bisa mampir dulu sebelum liat sunshet di senggigi.

Sate bulayak ini sama seperti sate biasanya, bedanya bumbu satenya itu ada campuran santannya dan irisan lombok dimakannya sama bulayak.

Bulayak ini seperti lontong tapi dia dibungkusnya sama janur kuning. Rasanya enak banget bikin ketagihan. Apalagi kalo di dampingi sama es degan ijo. Aah nikmat banget.

3. Nasi puyung
Nasi puyung ini makanan khas lombok tengah. Terbuat dari suwiran ayam, abon ayam bumbu pedas dan kacang kedelai. Dibungkus dengan daun pisang yang dibentuk contong.

Yang paling enak merknya "inaq ingsun". Nasi panas dicampur dengan abon pedas dan suwiran ayam rasanya pas banget. Bikin pingin nambah dan nambah lagi. Apalagi  kriuk kriuk kacang kedelainya. 

4. Cerorot
cerorot


Jajanan khas lombok ini terbuat dari tepung ketan yang dicampur dengan gula aren atau gula merah. Dibalut dengan janur kuning. Kalo orang yang pertama kali makan pasti bingung deh cara makannya kayak gimana.

Sayapun juga begitu. Ternyata cara makannya cukup dengan mendorong bagian bawahnya dan nanti isinya akan keluar, jadi tinggal makan deh. Rasa manis gula aren dan ketan bercampur jadi satu. Tekstur makanannya pun lembut. 

No comments

Post a Comment