Gapailah Mimpimu

Tulisan ini merupakan bagian dari program tukar buku yang dilakukan oleh saya dan dua teman saya Lintang Gumilang (www.chibiyuzzu.tumblr.com) dan Wahyu Puspita (www.wahyupuspita.com). Di program ini kita saling menukar buku dan membuat riview dari setiap buku yang diterima. Riview ini ditulis oleh saya Laily  M Octavia 

Judul buku : Gapailah Impianmu, Panduan Meraih Sukses
Penulis : Hoeda Manis
Penerbit : Effhar
Percetakan : Effhar Offset Semarang
Halaman : 266 hlm

Buku ini merupakan buku motivasi untuk mencapai mimpi dan kesuksesan. Terdiri dari 54 Bab yang di setiap bab selalu terdapat kata-kata mutiara dari beberapa tokoh terkenal.

Dibuat dengan bahasa yang ringan dan mudah di mengerti karena memang tujuannya untuk memotivasi para remaja yang notabene sering terjangkit penyakit galau.

Yang menarik dari buku ini adalah cara penyajiannya yang runtut. Dimulai dari langkah pertama dalam menggapai kesuksesan yaitu dari niat. Dari niat berkembang menjadi ketetapan hati yang tak tergoyahkan.

Dan dijalankan dengan usaha yang tak pernah berhenti sampai impian itu tercapai. Di sela-sela perjalanan disisipkan sifat sabar dalam menghadapi masalah dan ikhlas dalam menerima kegagalan. Dan berakhir dengan rasa syukur atas segala yang telah di capai.

Kata-kata mutiara dari tokoh-tokoh yang disajikan benar-benar membantu ilustrasi penulis dalam bercerita. Pemilihan tokoh juga pas sekali, terkenal dan familiar.

Sepeti Albert Einsten siapa sich yang ga kenal sama bapak genius ini. Pemberian contoh masalah juga yang sering di hadapi dalam kehidupan sehari-hari sehingga dengan mudah memotivasi pembacanya.

Tapi ada beberapa hal yang kurang diperhatikan dalam buku ini. Pertama masalah cover buku. Gambar tangan yang seakan ingin menggapai cahaya, saya rasa kurang menarik. Orang yang pertama kali melihatnya tanpa membaca ringkasan di belakang buku tidak akan tertarik untuk membukanya.

Padahal isinya sangatlah menarik. Selain itu dalam beberapa bab terdapat cerita tokoh yang di ulang. Sehingga pembaca seperti membaca ulang bab sebelumnya. Tentu saja itu akan membuat pembaca merasa bosan.

Yang dapat saya simpulkan dari buku ini adalah dalam meraih kesuksesan yang diperlukan adalah sikap istiqomah, sabar dan ikhlas. Istiqomah disini di artikan usaha yang terus menerus, gagal coba lagi, tanpa ada kata menyerah.

Sabar disini di artikan menerima dengan tulus segala masalah yang datang. Berfokus dalam penyelesaiannya bukan melarikan diri darinya. Ikhlas disini di artikan dalam penerimaan atas semua hasil dari usaha. Entah itu hasil yang buruk atau baik. Menerima dengan iklhas semua ketetapan Allah. Yakin saja Allah tidak akan pernah salah menilai.

2 comments

  1. "Fokus ke penyelesaian masalah bukan melarikan diri darinya." Jadi Lel, kapan nikah? Buahahaaaaaaaa~ salam Joness (Jomblo Happiness) ��

    ReplyDelete
  2. halooo. saya Lintang.
    btw kok gawe poto sg di clatu chiot seng aku emak emak-able hahahaha.
    salah fokus a? gudu reviewne seng di komen.

    ReplyDelete