MenonTon dengan Hati

Film yang bakal aku toton kali ini keren abis. Tentang kisah 10 orang anak pedesaan, yang hidup dengan segala kekurangannya tapi mereka tetap semangat untuk bersekolah.


Hari ini (tgl 25-09-2008 red.) pukul 10.30 aku berangkat ke MATOS, disana udah ada vivi n chimot yang antri. Datang di MATOS aku langsung menuju ke 21, disana udah banyak yang antri. Giela padahal baru jam segitu tapi yang antri uda nyampe foodcourt (kira2 50m dari loket)panjang banget kan???untung vivi n chimot uda di depan. ga lama setelah aku datang dila datang juga, biz dari kul katanya.


Karena takut ga dapet tiket lintang n chimot liad sikon di depan kali aja bisa nyusup gt, sedangkan aku n vivi nungu di tempat asal, n dila cari tempat duduk di timezone. Kita da nunggu lama banget, tapi tu loket ga buka2. katanya sih bukanya jam 11.30 wib. Jadwal film laskar pelangi tu jam 12.45wib, 14.45 wib n 20.00 wib. Kita mo nonton yang jam 14.45 wib cz nanti mo dilanjutin buka bareng.


Jam 11.25wib petugasnya ada yang keluar n buka tu pintunya. Kita lari masuk, saling dorong n himpit, berebut tuk masuk. Sangking semangatnya sampe2 pintunya mo copot, petugasnya pada marah2, untungnuya aku bisa masuk n antri di dalem. Chimot da nyampe depan sedangkan aku n vivi di barisan belakang. Chimot dapat tiket untuk kita ber-5, tapi aku tetep ngantri untuk masku yang mo nonton nanti jam 20.00 wib.


Setelah dapet tiket kita muter2 MATOS untuk habiskan waktu. Foto2an ma mas yang promosi kartu AS fresh hehehe. Trus karaokean n kongkow2 di foodcourt. Jam 14.15 wib kitacabut ke 21, meskipun filmnya baru di puter jam 14.45 kita dah standby disitu coz takut ketinggalan ceritanya.Sekitar jam 14.40 kita masuk ke studio 1, desk H. Iklan pun diputer, dan mainlah tu film.


Di awali dengan Ikal mo didaftarkan bapaknya tuk bersekolah di SD Muhammadiah tapi tak punya sepatu, jadi dia terpaksa pake sepatu cewek milik kakaknya. Diperjalanan bapaknya diledek sama teman2nya karena ingin anaknya bersekolah, “ngapain kau sekolahkan nanti juga jadi kuli” kata mereka. Tapi bapaknya tetap ingin anaknya bersekolah.


Di SD Muhammadiah itu datanglah seorang anak dengan berkereta angin (sepeda) dan membawa sepucuk surat. Dia berkata “saya dari pesisir, mau sekolah”. Bu Mus (guru) terharu mendengarnya. Kira2 ada 9 orang anak yang terkumpul, tapi ada perintah dari pusat bahwa harus ada 10 murid baru, kalo tidak sekolah itu akan di tutup.


Karena sampai siang ta kunjung datang murid yang ke-10, pak harfan (kepala sekolah) ingin memutuskan kalo dia tidak dapat menerima anak2 tersebut. Bu mus tidak ingin sekolah tersebut di tutup, dia masih berkeras untuk mencari murid ke-10. Disaat dia keluar mo mencari murid ke-10 itu, berlarilah seorang anak bernama Harun,yang ingin bersekolah. Sekolah itupun terselamatkan.


Sepuluh murid itu adalah Ikal, Lintang, Mahar, Harun, Sahara, Akiong, Trapani, Syahdan, Kucai, dan Samson. Mereka bersama2 mencari ilmu. Bila hujan turun kelas mereka selalu bocor, maka sesudahnya mereka selalu membersihkan kelas. Setelah itu beristirahat dibawah pohon fellicium dan bersama2 melihat pelangi. Dan guru mereka(Bu Mus) menjuluki mereka LASKAR PELANGI.


Mereka menuntut ilmu dengan peralatan seadanya, bahakan kapur tulispun harus utang. Tapi mereka tetap semangat, dan berjuang keras. Mungkin ini adalah masa kejayaan mereka. Pada tgl 17 agustus diadakan karnaval. Karena ada seorang murid bernama mahar yang pintar banget soal seni maka pak harfan menunjuknya sebagai ketua untuk mengikuti karnaval tersebut.


Dia mempersiapkan sesuatu yang tidak di ketahui temen2nya. Teman2nya merasa dia udah gila cz kadang dia jingkrak2 sendiri n lari kesana kemari. Padahal dia sedang membuat sebuah tarian.


Pas hari H teman2nya di suruh mengenakan pakaian dari daun2an n mukanya di coret2i. Saat di panggil untuk tampil mereka menarikan sebuah tarian tentang orang2 pedalam. Seorang anak kecil mampu membuat suatu tarian baru, tidakkah dia jenius seni??meraka pun menang dan berhasil memboyong piala.


Setalah itu mereka juga mengikuti lomba cerdas cemat antar SD. Mereka mangirimkan 3 orang wakil, Ikal, Lintang dan Mahar. Dalam lomba itu mereka menang, karena ada sorang jenius yang ikut di dalamnya yaitu Lintang.


Dengan hanya memejamkan mata dia mampu menjawab semua soal hitungan. Bahkan sempat adu mulut dengan juri yang bersih keras kalo lintang salah. Tapi dia mampu menjelaskan semua tuduhan2 itu. Benar2 si jenius. Kini SD Muhammadiah telah mempunyai 2 piala yang mereka banggakan.


Seusai lomba cerdas cermat Lintang pulang kerumahnya dengan hati yang berbunga-bunga ingin menyampaikan ke ayahnya. Tapi dirumah ayahnya tak ada, dia menunggu dan terus menunggu ayahnya pulang. Satu hari berlalu, tapi ayahnya tak kunjung datang dari pelayarannya. 2 hari, 3 hari dan mungkin untuk selamaya ayahnya tak akan pulang.


Di sekolah teman2nya tak pernah melihat lintang datang, mereka bertanya2 ada apa dengan anak pesisir itu?? Dan di putuskan untuk menjenguknya, tapi belum sempat mereka menjenguk datanglah seseorang ke sekolah dengan membawa sepucuk surat dari lintang yang berisi bahwa ayahnya telah tiada dan dia tidak dapat melanjutkan bersekolah lagi karena harus menghidupi adik2nya dan besok dia akan datang ke sekolah untuk pamitan.


Keesokan harinya lintang datang kesekolah dengan kereta anginnya, di sana para LASKAR PELANGI ditemani Bu Mus sudah menunggunya. Mereka melapas kepergian Lintang, mereka tidak rela Lintang si jenius putus sekolah. Tapi apa mau dikata dia sekarang adalah tulang punggung keluarganya.


Itulah sekelumit cerita tentang LASKAR PELANGI. Seorang anak yang sangat pintar tapi tak bisa berssekolah sedangkan disini masih ada anak2 yang bersekolah hanya untuk bersenang2 saja. Adilkah hidup ini??


mimpi adalah kunci

untuk kita menaklukkan dunia

berlarilah

tanpa lelah sampai engkau

meraihnya

laskar pelangi

takkan terikat waktu

bebaskan mimpimu di angkasa

raih bintang di jiwa

menarilah dan terus tertawa

walau dunia tak seindah surga

bersukurlah pada yang kuasa

cinta kita di dunia

selamanya…

cinta kepada hidup

memberikan senyuman abadi

walau ini kadang tak adil

tapi cinta lengkapi kita

laskar pelangi

takkan terikat waktu

jangan berhenti mewarnai

jutaan mimpi di bumi

menarilah dan terus tertawa

walau dunia takseindah surga

bersukurlah pada yang kuasa

cinta kita di dunia

selamanya…

Tidak ada komentar