Cari Penginapan Buat Solo Travelling? Yuk, Cobain BestHostels Indonesia

Solo traveling menjadi alternative yang bisa kalian pilih untuk liburan di era new normal seperti ini. Hal ini tentu saja dimaksudkan agar tidak terlalu banyak melibatkan orang dan menimimalisir kontak langsung dengan orang lain.

Traveling saat pandemic seperti ini, baiknya kita selalu mematuhi protocol kesehatan yang berlaku dan menjaga jarak. Dan ada baiknya pula kita tidak membuat kerumunan salah satu caranya adalah dengan menghindari liburan bersama rombongan.

Solo traveling
Saat traveling ke Kuala Lumpur
Bagi yang belum pernah melakukan solo traveling pasti ada banyak ketakutan yang muncul dalam diri kalian. Sama, aku dulu juga begitu saat pertama kali melakukan solo traveling. Takut kesasarlah, takut bertemu orang jahatlah dan ketakutan-ketakutan lainnya.

Namun ketakutan itu sebenarnya hanya ada di pikiran kita sendiri. Nyatanya setelah dilakukan, ketakutan-ketakutan tersebut tidak pernah terjadi. Solo traveling sebenarnya seru banget kok kawan dan banyak banget manfaat yang bisa kita peroleh.

Karena berlibur sendirian, tentunya kalian harus mempersiapkannya dengan matang agar perjalanan kalian lancar mulai berangkat sampai pulang ke rumah. Apa saja yang harus kalian persiapkan sebelum memulai solo traveling.

Yang Harus Disiapkan Sebelum Solo Traveling

1. Menentukan Tujuan Wisata

Solo traveling
Pic from pexels.com
Pertama-tama tentukan tujuan kalian mau ke mana, mau ke luar kota atau luar negeri. Lalu kerucutkan lagi menjadi lebih kecil kota apa yang akan dituju. Misalkan saja jika kalian ingin ke Malaysia, tentukan akan ke kota mana. Misal ke Kuala Lumpur, nanti destinasi wisata mana saja yang ingin dikunjungi.

Setelah menentukan lokasi tujuan wisata, lanjutkan dengan membuat ittinerary perjalanan. Hal ini berfungsi untuk mengatur waktu kalian selama perjalanan. Selain itu ittinenary perjalanan akan membantu kalian agar tidak kebingungan setelah sampai di kota tujuan.

Pilihlah lokasi wisata yang aman dan nyaman buat solo traveling. Terutama buat solo traveler wanita, karena ada beberapa negara yang kurang aman untuk dikunjungi sendirian.

2. Memilih Transportasi

Transportasi
Pic from pexels.com
Setelah menentukan akan ke mana, kini kalian bisa memilih moda transportasi apa yang akan kalian gunakan menuju kota tujuan. Ada banyak moda transportasi yang bisa kalian gunakan. Untuk perjalanan antar pulau atau antar negara kalian bisa menggunakan pesawat atau kapal laut. Jika kalian bepergian antar kota, kalian bisa menggunakan bus atau kereta api.

Bila kalian menggunakan moda transportasi udara untuk sampai di kota tujuan wisata, ada baiknya memesan tiket jauh-jauh hari sebelum keberangkatan untuk mendapatkan harga yang murah. Sedangkan bila menggunakan kereta api, baiknya memesan sebulan sebelum keberangkatan. Hal ini dikarenakan moda transportasi kereta api banyak sekali peminatnya sehingga tiket cepat habis.

Kalian juga bisa menggunakan kendaraan pribadi saat solo traveling. Namun ada baiknya dihindari, karena kalian tidak bisa beristirahat selama perjalanan sehingga yang ditakutkan akan lelah saat sampai kota tujuan.

3. Membawa Uang Cadangan

Pic from pexels.com

Sebelum melakukan perjalanan pastikan budget kalian cukup. Namun sepas-pasannya budget kalian, usahakan bawa uang lebih. Karena bepergian sendirian, akan susah bila kalian nanti kehabisan uang di kota tujuan wisata.

Uang cadangan ini berfungsi bila terdapat pengeluaran yang tak terduga saat berada di destinasi wisata. Simpanlah uang cadangan di tempat yang berbeda. Kalian tak akan pernah tau apakah dalam perjalanan nanti akan membutuhkannya. Jadi ada baiknya melakukan antisipasi seperti ini.

4. Memilih Penginapan

Pic from beshostels.co.id

Ada banyak pilihan penginapan yang kadang bikin kita bingung untuk menentukan. Karena bepergian sendiri biaya traveling bisa jadi lebih tinggi dibanding saat bepergian secara rombongan. Beberapa kali solo traveling aku memilih nginep di hostels. Hal ini dikarenakan harga sewa hostel yang tergolong murah sehingga bisa menekan biaya traveling  yang dikeluarkan.

Selain biayanya yang murah meriah, banyak sekali pengalaman seru yang aku dapatkan saat menginap di hostel. Kadang di tempat yang sangat sederhana kita bisa mendapat pengalaman paling mengesankan ketimbang di tempat-tempat mewah. Namun semua itu kembali lagi ke budget yang kalian punya.

Buat kalian yang belum familiar dengan kata hostel, hostel adalah tempat menginap di mana berbagai fasilitas disediakan untuk digunakan bersama seperti kamar mandi, ruang TV, area duduk atau kerja dan sebagainya. Meskipun ada beberapa hostel yang hadir dengan kamar tidur private, hostel pada umumnya memiliki kamar tidur yang juga digunakan bersama seperti asrama.

Apa perbedaan hostel dengan hotel? Meski memiliki pengucapan yang hampir sama, namun hostel dan hotel memiliki pengertian yang berbeda. Perbedaan dasar hostel dan hotel adalah fasilitas yang diberikan. Hotel memiliki fasilitas-fasilitas dasar di setiap kamar yang dapat digunakan tamu secara private. Sedangkan hostel menyediakan fasilitas-fasilitas dasar yang digunakan secara bersama-sama oleh semua tamu.

Ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan dalam memilih hostel saat solo traveling.

Keamanan dan Kenyamanan

Saat melakukan solo traveling, keamanan dan kenyamanan merupakan prioritas utama dalam memilih tempat menginap. Penginapan merupakan tempat kalian untuk beristirahat dan memulihkan tenaga setelah seharian melakukan perjalanan. Maka pilihlah penginapan yang nyaman dan juga aman.

Saat bepergian sendiri, tak hanya keamanan diri sendiri yang perlu diperhatikan tapi juga barang-barang bawaan kalian. Hal pertama yang biasa aku pastikan saat memilih penginapan adalah ketersediaan loker untuk menyimpan barang-barang pribadi. Selain itu juga ada tidaknya petugas kemanan di penginapan.

Dengan begitu kita akan merasa tenang saat beristirahat. Jika pikiran terasa tenang, hatipun ikut senang.

Menyesuaikan Dengan Budget

Saat traveling, menentukan budget menjadi salah satu hal yang wajib banget diperhatikan. Pilih penginapan dengan biaya yang sesuai dengan budget yang kalian miliki. Jangan memaksakan untuk menginap di penginapan dengan biaya yang melebihi budget yang kalian miliki.

Sisihkan uang tersebut, agar tak tercampur dengan uang yang dipakai untuk keperluan lainnya.

Lokasi Dekat dengan Tempat Wisata

Carilah penginapan yang dekat dengan tempat wisata yang akan kalian tuju. Hal ini untuk memudahkan kalian saat akan berjalan-jalan ke destinasi wisata tujuan kalian. Selain itu juga memudahkan mobilitas kalian menuju tempat wisata. Beberapa hostel bahkan berlokasi sangat dekat dari tempat wisata, sehingga kalian hanya perlu berjalan kaki saja menuju sana.

Selain itu carilah yang akses transportasinya mudah. Misal dekat stasiun atau halte bus. Selain memudahkan kalian menuju tempat wisata, saat menggunakan transportasi umum kalian berkesempatan untuk berinteraksi dengan penduduk sekitar.

Fasilitas yang Disediakan

Fasilitas tiap penginapan berbeda-beda, carilah yang sesuai dengan kebutuhan kalian. Misal menyediakan loker, ruangan be-AC, memiliki dapur bersama, Free Wi-Fi, memberikan sarapan dan lain sebagianya.

Untuk memastikan bagus tidaknya fasilitas yang diberikan penginapan, kalian bisa cek review pengunjung. Pilih yang rating starnya bagus, agar kamu tidak kecewa saat datang ke sana.

Buat kalian yang mau solo traveling dan bingung cari penginapan yang cocok, kalian bisa nyobain reservasi penginapan lewat aplikasi BestHostels Indonesia. Kalian bisa download aplikasinya di Google Play Store atau buka websitenya di BestHostels Indonesia

Apa itu BestHostels Indonesia?

besthostels indonesia
BestHostels Indonesia merupakan sebuah travel online khusus yang berfokus pada akomodasi hostel. Platform ini berdiri pada Desember 2018 dengan nama BestHostels Indonesia yang merupakan travel online khusus hostel pertama di Indonesia.

Selain hostels kalian juga bisa memesan transportasi lokal selama berwisata, tour ke destinasi wisata, kelas-kelas workshop dan aktivitas menarik lainnya. 

Besthostels Indonesia ini sudah tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Seperti Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT dan masih banyak lagi. 

Alamat kantor BestHostels Indonesia berada di Perumahan Puri Abasan, Jalan Gunung Salak Villa 888, Padangsambian Klod, Denpasar Timur, Kota Denpasar (80117). Nomor telepon yang bisa dihubungi +62 811 3883 301, alamat emailnya info@besthostels.co.id.

Dengan adanya BestHostels Indonesia ini tentunya sangat memudahkan bagi solo traveler dalam mencari penginapan yang nyaman, aman dengan harga yang ringan di kantong.

Kenapa Menggunakan BestHostels Indonesia?

  1. Harga sewa kamar yang ringan di kantong, cocok banget buat solo traveler.
  2. Terdapat banyak pilihan hostel, tersedia kurasi ratusan hostel terbaik di Indonesia
  3. Sudah hadir di kota-kota wisata di Indonesia
  4. Cara pemesanan  mudah, cukup download aplikasi BestHostels di Google Play store untuk pengguna android dan App Store untuk pengguna Apple atau kunjungi websitenya www.besthostels.co.id
  5. Metode pembayaran yang cepat dan mudah, bisa membayar lewat ATM Bank, Transfer Bank, Perbankan Online, Mini Market, Kartu Kredit dan e-Wallet
  6. Banyak promo yang menggiurkan tiap bulannya
  7. Fasilitas hostel penunjang yang lengkap dan bagus.
  8. Pengalaman traveling yang seru dan tak terlupakan

Tipe Kamar di BestHostels Indonesia

BestHostel Indonesia tak hanya menyediakan kamar sharing atau dormitory room namun juga ada kamar pribadi yang bisa dipesan. Ini jenis-jenis kamar yang bisa kalian pilih saat traveling

Dormitory (Kamar Asrama)

Dormitory room besthostels indonesia
Pic from instagram @besthostels_id

Dormitory (kamar asrama) merupakan kamar yang bersifat sharing room. Kamar ini biasanya dihuni 4 orang atau lebih. Umumnya sih dihuni 6 hingga 8 orang, tapi ada juga yang bisa menampung 20 orang.

Untuk tempat tidurnya bertipe single bed (tunggal) yang umumnya berukuran 90x200 cm dan berupa tempat tidur tingkat (bunk bed). Tipe-tipe dormitory room ada bermacam-macam sperti mix dorm (campur laki-laki dan perempuan), woman only (khusus wanita), male only (khusus laki-laki), dan shared dorm.

Private room

Private room besthostels indonesia
Pic from instagram @besthostels_id

Ada beberapa hostel yang menyediakan private room. Jika kalian tidak suka berkumpul dengan orang banyak, kalian bisa memilih private room. Kamar tipe private room biasanya memilliki twin bed atau single bed.

Selain itu kamar ini juga memiliki kamar mandi dalam. Jenis kamar seperti ini pas banget buat kalian yang ingin menikmati waktu me time. Dari segi harga tentu saja ada perbedaannya. Untuk kamar jenis private room memiliki harga sedikit lebih mahal dibandingkan dengan tipe dormitory room. Tentu saja hal ini sebanding dengan kualitas yang didapat.

Fasilitas yang Disediakan di BestHostels Indonesia

Dapur Bersama

Dapur bersama
Pic from besthostels.co.id
Kelebihan dari hostel adalah adanya fasilitas dapur bersama. Di sini kalian bisa memasak dan menggunakan alat masak yang telah disediakan. Biasanya ada peralatan masak standar yang disediakan. Seperti panci, wajan, kompor, teko dan microwave.

Dengan adanya dapur bersama ini kalian bisa menekan budget makan dengan memasak makanan sendiri. Biasanya sih aku suka masak mie instan atau bikin minuman hangat seperti teh atau susu.

Karena digunakan bersama, jika kalian sudah selesai menggunakan peralatan di dapur bersama, jangan lupa buat membersihkannya ya, biar bisa digunakan oleh pengunjung lainnya.

Ruang Bersama

Ruang bersama
Pic from instagram @besthostels_id
Ruang bersama ini bisa kalian gunakan untuk bersantai setelah lelah berjalan seharian. Selain itu kalian di sini kalian juga bisa berinteraksi dengan pengunjung lainnya. Sapa tau bisa dapat teman baru kan!

Ruang bersama ini biasanya dilengkapi dengan meja dan kursi atau sofa. Beberapa hostel kadang juga menambahnya dengan televisi, rak buku dengan banyak macam buku yang bisa kalian baca atau permainan yang dimainkan rame-rame seperti kartu UNO, ular tangga, papan catur dan lain-lain.

Ruang bersama ini cocok banget buat kamu menghabiskan waktu selama di hostel.

Pelayanan BestHostels  Indonesia Selama Pandemi

Selama pandemic pelayanan di BestHostels Indonesia selalu merapkan protocol kesehatan yang berlaku. Protokol kesehatan di hostels diantaranya menyediakan hand sanitizer, mengecek suhu tubuh para tamu, melakukan penyemprotan desinfektan menyeluruh dan juga melakukan social distancing. Untuk kamar tipe dormitory room misalnya, sebagian bed akan ditutup guna menjaga jarak antar tamu.

Dengan diberlakukannya protokol kesehatan yang ketat, kalian nggak perlu lagi ragu untuk menginap di hostel saat traveling.

Cara Memesan Penginapan di BestHostels Indonesia


Untuk bisa memesak hostel di BestHostels Indonesia kalian bisa mengikuti alur di bawah ini. 
  1. Download aplikasi BestHostels Indonesia di Google Play Store atau kunjungi websitenya di BestHostels Indonesia
  2. Lakukan registrasi dengan klik tombol “sign up” di pojok kanan atas. 
  3. Isi kolom data diri kalian di kolom yang telah disediakan, bila sudah klik tombol “register now”.
  4. Setelahnya akan ada panduan untuk mengecek email, dimana ada kiriman di email kalian sebagai tanda aktivasi. Cek email kalian dan lakukan aktivasi email dengan klik link yang telah dikirimkan.
  5. Setelah itu kembali ke website BestHostels Indonesia dan kalian bisa langsung melakukan pemesanan.
  6. Pilih tempat yang kalian tuju dan tanggal chek in dan chek out, juga jumlah pengunjung.
  7. Lalu klik tombol search. Nantinya akan muncul banyak pilihan hostel yang bisa kalian pilih.
  8. Klik hostel mana yang kalian inginkan. Nanti akan muncul deskripsi hostel tersebut, mulai dari fasilitas yang disediakan, tipe kamar, harga perkamar, lokasi, hingga review pengunjung.
  9. Pilihlah kamar sesuai dengan kebutuhan kalian dengan klik tombol “book now”
  10. Langkah selanjutnya adalah mengisi data diri tamu. Jika kalian memesan untuk orang lain, kalian bisa mengisikan nama dan nomor telepon yang bisa dihubungi orang tersebut.
  11. Lalu setelahnya klik tombol “confirm your book” dan lakukan pembayaran.
  12. Pembayaran bisa dilakukan lewat ATM Bank, Transfer Bank, Perbankan Online, Mini Market, Kartu Kredit dan e-Wallet

Mudah bukan cara menggunakannya. Jadi sudahkah kalian siap buat solo traveling?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 





No comments

Post a Comment