Berenang Bisa Menjadi Obat Stress

Banyak persoalan dalam hidup yang dapat memicu terjadinya stress. Mulai dari masalah pekerjaan, urusan rumah tangga hingga kehidupan sosial. Semakin besar tekanan yang diterima seseorang, semakin besar pula tingkat stressnya. Menurut sebuah penelitan berenang bisa menjadi obat stress yang ampuh.

Menurut Aime C. Kimball seorang psikolog sekaligus kepala pelatihan mental di Center for Sports Medicine, berenang dapat mengurangi rasa sedih, kecemasan dan stress secara significant.

1. Menghasilkan Hormon Endorphine
Endorphin adalah senyawa kimia yang membuat seseorang merasa senang dan bahagia. Saat berenang, tubuh akan melepaskan hormon endorphin. Hormon inilah yang nantinya akan mengatasi rasa sedih, menghilangkan stress dan meningkatkan rasa senang.

Saat stress tubuh akan menghasilkan hormon kortisol atau yang biasa dikenal dengan hormon stress. Saat berenang tubuh bisa menghentikan hormon stress ini dan mengubah rasa cemas karena sedih menjadi perasaan yang lebih rileks dan tenang. Secara sederhana, berenang bisa merangsang suatu senyawa kimia di otak yang mendorong pertumbuhan sel saraf.

2. Meningkatkan sistem metabolisme tubuh
Metabolisme tubuh adalah segala proses biokimiawi yang berlangsung di dalam tubuh. Metabolisme dapat mengubah makanan dan minuman yang kita konsumsi menjadi energi. Dengan berenang, metabolisme tubuh menjadi meningkat, sehingga tubuh dapat menggunakan karbohidrat atau lemak secara maksimal sebagai sumber energi. Hal itu akan membuat kita menjadi lebih bersemangat dalam menjalani aktivitas.

3. Memperlancar aliran darah
Saat berenang semua otot tubuh bergerak, gerakan mendorong dan menendang dengan kaki dan tangan mampu memperlancar aliran darah. Aliran darah yang lancar dapat memberikan nutrisi yang banyak terhadap otak. Jika otak sehat maka gangguan mental seperti stress tidak akan terjadi.

Selain itu dengan berenang tubuh akan menjadi rileks. Karena saat berenang terdapat gerakan perengangan otot dan pengembangan pola pernapasan.Kombinasi gerakan-gerakan tersebut mampu mengusir stress dan rasa sedih.

No comments

Post a Comment