Belajar Menulis Novel dan Memasarkannya

belajar menulis novel

Kemarin dapat kesempatan untuk ikut sharing bareng kak Najhaty Sharma dengan tema tips menulis novel viral dan laris. Banyak banget ilmu yang dibagikan saat sharing time kemarin.


Kak Najhaty sendiri sudah menerbitkan dua novel yang berjudul Dua Barista dan Kumcer Lipstik & Kupu-kupu Marrakesh. Jangan ditanya bagaimana penjualannya, sudah barang tentu laris manis.


Untuk bisa menghasilkan karya yang ciamik kita juga butuh tau ilmunya, jadi nggak cuma asal-asalan menulis saja. Nah dalam webinar kemarin dibahas apa saja yang perlu diperhatikan dalam menulis novel fiksi. Yuk sekarang mari kita bahas satu persatu.


Membuat kontruksi cerita


Hal pertama dan paling penting dalam menulis sebuah novel adalah membuat kontruksi cerita. Kontruksi cerita ini berfungsi agar penulis tidak keluar dari alur cerita saat menulis.


Kadang saat berada di tengah-tengah proses menulis, biasanya muncul ide-ide baru. Yang ditakutkan, ide-ide ini bukannya membuat lebih menarik tapi malah membuat cerita jadi berbelit-belit. Nah dengan adanya kontruksi membuat cerita tidak akan melebar kemana-mana.


Ini beberapa hal yang perlu diperhatik dalam membuat kontruksi cerita.


1. Penokohan


Imajinasikan bahwa tokoh-tokoh yang dibuat benar-benar ada. Bagaimana karakternya, sifat, tingkah laku hingga hal-hal terkecil seperti makanan kesukaan, hobi, fobia. Tentukan siapa tokoh utama, tokoh sampingan, tokoh protagonist, tokoh antagonis, dll. Sesuaikan dengan cerita yang akan kalian tulis.


2. Latar tempat


Kalau bisa gunakan latar tempat yang kalian kuasai. Bisa tempat kalian tinggal atau tempat yang pernah kalian kunjungi. Karena kini banyak pembaca setelah membca sebuah novel, mereka mencari tau latar tempatnya di mana.


Bila kalian tak benar-benar mengerti dengan latar yang kalian buat. Takutnya nanti ada yang berbeda antar yang kalian tulis dengan kondisi tempat yang sesungguhnya. Hal ini tentu saja akan berpengaruh terdapat kepercayaan pembaca terhadap penulis.


3. Konflik


Buat konflik semenarik mungkin, agar pembaca mau melanjutkan membaca hingga akhir. Awal cerita harus menarik karena itu adalah pintu masuk novel kalian. Jika di awal pembaca sudah merasa bosan, mereka tidak akan melanjutkan membaca hingga akhir. Meski mungkin saja pertengahan cerita sangat bagus.


4. Solusi atau penyelesaian masalah


Akhir cerita harus sinkron dengan awal cerita. Benang merahnya harus jelas terlihat. Pembaca biasanya menyukai ending plot twist. Plot twist adalah ending yang mengejutkan atau tak sesuai dugaan pembaca.


Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menulis


Setelah menyusun kontruksi cerita, kini kita bahas hal selanjutnya yang harus di perhatikan agar novel yang kalian tulis bisa terselesaikan dengan baik. Banyak yang mengeluh karena tulisannya mangkrak dan tak kunjung selesai. Ini beberapa hal yang perlu kalian perhatikan agar bisa menamatkan cerita kalian.


1. Menulis


Ketika kontruksi cerita sudah selesai dibuat, yang perlu kalian lakukan adalah menulis. iya, menulis saja. Yang perlu diingat, saat menulis jangan pernah menjadi editor.


Tulis saja apa yang ada di dalam kepala kalian. Jangan terlalu focus dengan teori. Nanti ketika selesai menulis barulah edit apa-apa yang menurut kalian masih kurang. Karena bila kalian menulis sambil mengedit, tulisan kalian nggak akan selesai-selesai.


2. Konsep yang matang


Ketika awal menulis cerita, kalian harus sudah tau endingnya bakal seperti apa. Selain kontruksi cerita, penentuan ending juga akan menjaga alur tulisan kalian, agar tak melebar kemana-mana.


3. Dialog


Buat dialog yang bermanfaat, tidak boros kata. Dengan dialog kalian juga bisa menunjukkan bagaimana karakter tokoh-tokoh yang kalian buat.  


Pemasaran


Setelah selesai menulis, hal selanjutnya adalah bagaimana cara memasarkan buku yang telah kalian terbitkan. Ada dua metode yang bisa kalian pakai.


Merketing organic


Marketing organic adalah pemasaran yang dibangun dari nol, tanpa bantuan iklan. Kalian bisa menawarkan tulisan kalian ke teman atau saudara.


Marketing non organic


Marketing non organic adalah pemarasan dengan bantuan iklan. Kalian bisa menggunakan instagram ads atau facebook ads. Pilih sesuai dengan market place novel kalian. Bila target pasar kalian adalah remaja makan pilih yang rentang usianya 12 hingga 18 tahun.


Nah sekarang udah siap kan buat menulis novel?

Tidak ada komentar