Belajar Bahasa Inggris Sendiri

 

belajar bahasa inggris

Di jaman sekarang ini, sudah menjadi tuntutan bagi kita untuk bisa berbahasa asing. Setidaknya bahasa inggris yang merupakan bahasa global. Bahasa yang telah digunakan di banyak Negara. Sebenarnya nggak susah kok buat belajar bahasa inggris.


Ada yang bilang belajar bahasa inggris yang penting itu perbanyak hafalan kosa katanya. Ada juga yang bilang belajar bahasa inggris itu yang penting harus tau grammarnya. Bagi aku  memperbanyak kosa kata dan tau grammar itu sama-sama pentingnya.


Beberapa cara ini bisa meningkatkan kemampuan bahasa inggris kalian

Mendengarkan lirik lagu

Salah satu cara aku memperkaya kosa kata bahasa inggris adalah mendengarkan lagu dengan lirik bahasa inggris. Saat kita sering mendengarkan lagu tersebut, maka lama kelamaan kita akan hafal dengan liriknya.


Setelah tau liriknya, kalian bisa mulai mencari arti dari kata-kata yang terkandung dalam lirik dan mencatatnya. Pasti nanti kalian akan menemukan kosa kata baru yang bisa menambah perbendaharaan kata bahasa inggris kalian.

Menonton film berbahasa inggris

Suka nonton film atau drama seri berbahasa inggris? Kalian bisa belajar dari dialog-dialog yang ada dalam fil tersebut.


Pertama perhatikan yang dialog yang diucap oleh pemeran dalam film lalu lihat artinya di subtitle di bawahnya. Dengan membiasakan diri seperti itu, kalian akan terbiasa mendengar kata-kata bahasa inggris. Sehingga mudah untuk menghafalkannya.


Lalu setelah selesai menonton dan tau jalan ceritanya, kalian bisa menonton ulang dengan menon-aktifkan subtitlenya. Langkah kedua ini untuk melihat kemampuan kalian mengingat. Apakah masih hafal dengan arti bahasa inggris tersebut atau tidak.

Membaca buku berbahasa inggris

Dengan membaca buku berbahsa inggris, kosa kata kalian akan lebih cepat bertambah. Kalian bisa mencatat kata-kata baru yang kalian temukan dalam buku dan mulai menghafalkannya.


Mulai dengan buka bacaan ringa yang kosa katanya masih sederhana. Atau pilih majalah atau Koran luar negeri yang menggunakan bahasa sehari-hari.

Berkomunikasi dengan orang asing

Tujuan belajar bahasa adalah untuk bisa berkomunikasi dengan orang asing. Bila tak sering digunakan untuk berkomunikasi, kemampuan berbahasa kita pastinya akan menurun.


Salah satu cara untuk bisa lancar berbahasa inggris adalah berkomunikasi dengan orang asing. Toh sekarang di Indonesia banyak turis-turis asing yang berkunjung, sehinggga kesempatan untuk berbicara dengan orang asing lebih banyak.


Satu hal yang biasanya menjadi penghalang untuk berbicara dengan orang asing adalah rasa kurang percaya diri. Hal itu membuat kita jadi malu untuk memulai pembicaraan. Padahal merekapun sebenarnya tak mempermasalahkan bila kita berbicara bahasa inggris belepotan.


Itulah beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa inggris. Tak perlu mahal bayar-bayar ke tempat kursus kan? Belajar sendiri di rumahpun bisa.

No comments

Post a Comment