4 Manfaat Lemon untuk Tubuh

manfaat lemon
Semakin hari, semakin banyak orang yang terinfeksi virus covid19. Salah satu cara untuk mencegah terinfeksi virus covid19 adalah dengan meningkatkan imun tubuh. Lemon disebutkan sebagai buah yang memiliki manfaat untuk meningkatkan imun tubuh.


Buah berwarna kuning cerah ini memang memiliki banyak manfaat. Mulai dari menurunkan berat badan hingga meningkatkan metabolism tubuh. Bahkan buah yang kaya akan vitamin C ini sering dijadikan sebagai obat detoks alami karena kandungan vitaminnya.


Saat paling baik untuk meminum air lemon ini saat pagi hari, setelah bangun tidur. Minum air lemon saat pagi hari dikatakan dapat membantu merilekskan tubuh. Dengan menambahkan madu ke dalam air lemon, bikin minuman ini lebih nikmat.


Nah sekarang yuk kita bahas, apa saja manfaat lemon untuk tubuh.


1. Meningkatkan imunitas tubuh

air lemon
Memiliki rasa yang asam, menandakan bahwa buah ini banyak mengandung vitamin C. Dalam segelas air lemon terdapat sekitar 18.6 mg vitamin C. Salah satu manfaat dari vitamin C adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh.


Vitamin C ini memberi antibody tambahan pada tubuh. Sehingga badan menjadi lebih fit dan virus tak mudah masuk ke dalam tubuh. Selain mengadung vitamin C, lemon juga mengandung fitonutrie yang yang membantu melindungi tubuh agat tak mudah terserang penyakit.


2. Detoksifikasi tubuh

detoksifikasi tubuh

Detoksifikasi adalah proses normal dalam tubuh untuk membuang atau menetralkan racun melalui hati, usus besar, ginjal, paru-paru dan kulit. Beberapa organ yang terbantu dengan detoksifikasi ini adalah hati dan lambung.


Kandungan kolin di dalam lesitin dan minyak pada kulit lemon, membantu hati agar bisa bekerja lebih efektif. Meminum air lemon hangat pagi hari saat lambung kosong juga dapat membantu tubuh dalam melakukan detoksifikasi sebelum melakukan kegiatan rutin sehari-hari.


3. Meningkatkan system metabolism tubuh

Flavoid yang ada dalam kandungan buah lemon dapat membantu asam di perut dalam memecah makanan sehingga memperbaiki pencernaan secara menyeluruh. Khasiat ini sangat penting,m mengingat jumlah asam di perut yang semakin menurun seiring bertambahnya usia.


Dengan menaruh irisan buah lemon ke dalam air kalian akan mendapat manfaat pectin dan serat yang tersimpan di daging buah dan kulit lemon. Serat berkhasiat untuk melancarkan pencernaan dan meningkatkan kesehatan perut.


4. Menyehatkan jantung

Penelitian menunjukkan bahwa makan buah dan sayur yang mengandung vitamin C dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Namun tak hanya karena kaya akan vitamin C, kandungan serat dan tanaman dalam lemon juga dapat menurunkan factor risiko penyakit jantung.


Sebuah studi menungkapkan bahwa, mengonsumsi 24 gr ekstrak jeruk setiap hari selama sebulan mengurangi kadar kolesterol darah total.  Senyawa tanaman yang ditemukan dalam lemon, yaitu hesperidin dan diosmin juga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol daarah.


Minum segelas air lemon ternyata banyak sekali ya manfaatnya. Sudah minum air lemon belum hari ini?

  

 

 

 

 

Tidak ada komentar