Merasa Pintar Bodoh Saja Tak Punya

merasa pintar bodoh saja tak punya

Buku berjudul merasa pintar bodoh saja tak punya karangan Rusdi Mathari ini sebenarnya sudah di muat di mojok.co sebagai serial Ramadhan tahun 2015 dan 2016. Tulisan pertamanya "Benarkah Kamu Merindukan Ramadhan?" tayang 17 Juni 2015.

Tokoh utama adalah Cak Dlahom, lelaki yang dianggap sinting oleh para tetangganya karena sikapnya yang bersebrangan dengan orang-orang kampung. Tokoh lainnya adalah Mat Piti, Romlah, Gus Mut, Pak Lurah, Pak RT, Istri Bunali dan anaknya Sarkum, dan Sinody.

Kisah-kisahnya yang dibalut dalam suasana Ramadhan, dibuat menyentil kita kita ini yang kadang suka dengan mudah merasa jumawa. Dalam kisah "Benarkah Kamu Merindukan Ramadhan?" menyindir  kita yang kadang sok-sokan suka akan Ramadhan. Padahal aselinya nggak suka.

"Itulah masalahmu. Mestinya kamu berterus terang pada Allah bahwa kamu tidak suka salat dan tidak suka puasa, tapi kami siap dan ikhlas melakukan sesuatu yang kamu tidak suka itu sehingga derajatmu tinggi di hadapan Allah. Kalau kamu suka, ya tidak tinggi derajatmu, Mat" (hlm. 7)

Dengan mengambil latar di pedesaan yang terpencil, Cak Rusdi menampilkan kondisi masyarakat desa yang polos dan lugu. Adat istiadatnya yang masih sangat melekat. Sikap gotong royong, guyub rukunnya terlihat jelas.

Dalam setiap kisah disisipi dengan guyonan-guyonan khas Jawa Timur yang bisa membuat pembaca terpingkal-pingkal membacanya. Bacaannya sendiri ringan dan mudah buat di mengerti. Kalo kalian sering denger ceramahnya Cak Nun, ya hampir seperti itulah, tapi lebih ringan bahasannya.

Banyak pelajaran yang bisa diambil dari buku ini. Tapi sayang kisah tentanh Cak Dlahom sudah tamat. Cak Rusdi di kabarkan meninggal awal tahun ini. Dan kisah penutupnya di tulis dalam instagram buku mojok.




Tidak ada komentar