What You Have to Prepare

persiapan hiking
Kali ini saya mau bahas apa-apa yang harus di persiapkan sebelum hiking. Byuuh Sok banget ya, padahal apalah saya ini yang hanya pendaki cupu icipiyik.

Disini saya mau sharing tentang barang apa aja yang masuk kedalam list bawaan saya saat hiking. Karena kalo nggak di prepare biasanya ada aja barang yang penting yang lupa ke bawa. Atau ada barang yang sebenernya nggak begitu penting malah kebawa.

Yuk mulai dari yang barang-barang pribadi yang wajib dibawa.

1. Tas Carrier

Ini penting banget gaes, karena nggak mungkin kan kalian ke gunung bawa tas jinjing wkwkwk. Tapi kalo cuma hiking tipis-tipis kayak ke Gn Panderman misalnya bisa pakai daypack.

2. Cover Bag

Ini juga nggak kalah penting gaes, selain melindungi tas kamu dari debu dan kotoran, sangat berfungsi saat hujan turun. Selain itu siapin trash bag juga. Sebelum carrier dimasuki barang-barang lapisin dengan trashbag ini. Karena bila kalian berjalan saat hujan dalam rentang waktu yang lumayan lama, air masih bisa nerembes kedalam tas walau tas sudah dilapisin cover bag. Jadi buat jaga-jaga biar lebih savety lagi tasnya.

3. Sleeping Bag

Mengingat udara pegunungan yang dingin banget kalian musti bawa sendiri sleeping bag karena emang ga bisa buat barengan.

4. Matras

Biar badan kalian nggak sakit semua saat tidur.

5. Head Lamp / senter

Kalo saya lebih prefer headlamp, karena bisa bebas bergerak. Kalo pake senter, tangan kalian jadi nggak bebas bergerak.

6. Jaket

Usahain bawa jaket 2, untuk jaga-jaga kalo yang satu basah. Lagi pula bisa buat double an pas lagi tidur jadi lebih hangat. Jaket berbahan parasit lebih disarankan.

7. Baju ganti

Bawa kaos minimal 2, satu untuk tidur dan satu untuk jalan. Bawa celana ganti. Bawa kaos kaki 2 pasang, kaos tangan, dan daleman. Buat cewek muslim, kalo bisa bawa legging. Biasanya saya buat rangkepan. Fungsinya apa? Selain kalo malam bisa menghangatkan juga buat situasi saat di tengah jalan mau shalat dan gak ada tempat untuk ganti. Jadi tinggal nanggalin celana luar yang kotor.

8. Peralatan mandi

Yang wajib sich sikat gigi dan pasta gigi. Karena selama ini saya nggak pernah yang namanya mandi di gunung apalagi keramas. Byuuh airnya dingin brow. Lagian mana ada kamar mandinya di gunung.

9. Jas Hujan

Meski kelihatannya cuaca cerah, tetep siapin jas ujan ya gaes. Karena kita nggak bisa nebak cuaca di puncak kayak gimana. Saya pernah lo, waktu d bawah cuacanya cerah banget pas nyampe atas hujan deras. Jadi tetep kudu prepare.

Nah lanjut ke barang-barang pelengkap. Barang ini sebagai pendukung saat di gunung. Nggak harus bawa sich tapi kalo bawa akan sangat membantu.

1. Topi, scraf, kacamata

Topi untuk melindungi biar nggak kena panas. Scraf melindungi wajah dari debu saat berada di track berpasir. Kacamata melindungi mata dari paparan sinar matahari.

2. Treking pole

Berguna banget di track berpasir yang nanjak ~pengalaman soalnya hehe.

3. Baby Lotion

Pake sebelum hiking, berguna biar muka kalian nggak kering.

Nah sekarang bahas barang-barang yang di bawa untuk se team

1. Tenda

Bawa tenda sesuai dengan orang yang ikut. Jangan sampe kekecilan, kalo kebesaran mah masih mending tapi ya harus rela bawa beban yang lumayan berat haha

2. Nesting

Peralatan masak paling crusial, nggak bisa masak kalo nggak ada ini. Jangan lupa juga bawa piring, sendok dan gelasnya.

3. Kompor

4. Gas

5. Logistik

Jangan lupa bawa beras, karena kalo makan mie aja cepet laper haha. Kalo kalian pingin masak-masak sayur bawa sayur yang nggak mudah layu seperti wortel, kentang, kacang. Oiya jangan lupa bawa bumbu raciknya juga.

6. P3k

Itu dia barang-barang yang ada di list bawaan saya saat hiking. Kalian nggak harus punya kok, sekarang udah ada buanyak persewaan barang-barang tersebut. Jadi nggak usah bingung-bingung.

No comments

Post a Comment