Lucid Dream

Ini terjadi beberapa mungkin beberapa tahun lalu. Malam itu, aku tidur larut malam, biasalah insomnia. Aku bermimpi, dalam mimpi itu aku bangun dari tidurku.


Mimpi itu terasa nyata, karena aku bangun dalam kamar, baju, posisi, kasur yang sama. Ya seperti aku benar benar bangun tetapi itu dalam mimpi dan aku menyadarinya kalau itu mimpi. Saat itu aku merasa aneh.


Aku mencoba membangunkan diriku sendiri agar bisa bangun di dunia nyata bukan di dalam mimpi. Aq pukul pukul pipiku agar bangun, bangun yang sesungguhnya. Tapi tak bisa, its so hard. Aku goyang-goyang badanku tapi tetap tak ada reaksi dari diriku sehingga aku bangun.


Sampai aku berpikir, apakah aku benar-benar tak bisa bangun. Saat itu aku berharap sekali ada seseorang diluar sana yang membangunkan aku. Entah siapa saja, teman sebelah kamar kah yang mengetok-ketok pintu kamar.


Atau ada seseorang disana yang menabokku sehingga aku bisa bangun. But there isn’t. Sampai akhirnya, aku tergagap, tersedak seperti habis di kejar anjing aku terbangun dengan kekagetan yang entah datang dari mana. Dan alhamdulillah aku terbangun di dunia nyata.


Nightmare? Yess. Mimpi buruk yanh paling buruk buatku itu mimpi ga bisa bangun. Ya rasanya kayak difilm film gitu yang arwahmu melihat jasadmu sendiri, yanh artinya… *silahkan artikan sendiri. Setelah itu aku penasaran kenapa bisa bermimpi seperti itu. Maka googlinglah aku. Denga kata kunci “mimpi dalam mimpi”. Dan ternyata lumayan banyak artikel yang muncul.


Alhamdulillah ternyata bukan cuma aku doang yang pernah ngalaminya ~seneng ada temennya hehe. Nah menurut psikologi, mimpi dimana kita sadar dalam mimpi ini disebut denga lucid dream. Istilah ini dicetuskan oleh psikiater dan penulis berkebangsaan Belanda, Frederik (Willem) van Eeden (1860–1932). Mimpi sadar dapat terlihat nyata dan jelas.


Sebuah mimpi sadar dapat muncul melalui dua cara. Mimpi sadar akibat mimpi (dream-initiated lucid dream; DILD) berawal sebagai mimpi biasa, dan si pemimpi langsung menyimpulkan bahwa ia sedang bermimpi, sementara mimpi sadar akibat terjaga (wake-initiated lucid dream; WILD) terjadi ketika si pemimpi pindah dari keadaan terjaga biasa ke keadaan bermimpi tanpa mengalami ketidaksadaran.


Selain dari googling, aku juga pernah tanya temenku lulusan psikologi. “ apakah kejadian yang aku alami ini wajar? Kenapa bisa terjadi hal seperti itu?”. Katanya itu wajar saja, toh yang penting ga kejadian setiap hari.


Hal itu biasanya terjadi karena terlalu kecapean ato terlalu stress. Kadang orang tidak tau kalo dirinya stress, stress yang tak disadari. Misalnya dia merasa memikirkan sesuatu tapi ga tau sesuatu itu apa, itu lah yang bisa menjadi penyebabnya.


So, buat kalian yang pernah ngalami hal yang sama kayak aku. Jangan sedih kaliah gak sendiri #eh. Jangan terlalu stress dan jangan terlalu kecapaen, mungkin itu obatnya.

Tidak ada komentar