Aku dan Saya

Dua kata tersebut mempunyai arti yang sama. Yaitu sebagai kata ganti orang pertama. Tapi ternyata mempunyai perbedaan tingkatan. Yang di maksud tingkatan disini adalah tingkatan kesopanan.

Kata saya berasal dari kata "Sahaya" dengan huruf H yang dihilangkan, yang berarti hamba. Kata saya bermaksud untuk merendah ketika berbicara dengan lawan bicara yang berstatus lebih tinggi. Misalnya seorang anak ke orang tua, bawahan ke atasannya.

Sedangkan kata Aku digunakan untuk menunjukkan status yang lebih tinggi atau setara dengan lawan bicaranya. Misalnya antara teman sejawat, atasan ke bawahannya atau orang tua ke anaknya.

Dari situ saya mengerti kenapa sebagian banyak teman saya menggunakan kata "saya" sebagai kata ganti orang pertama dalam tulisan mereka daripada "aku". Sedangkan saya sendiri lebih banyak menggunakan kata ganti "aku".

Kenapa? Karena setiap saya menulis saya merasa bercerita terhadap teman sejawat saya. Dan menurut saya waktu itu antara saya dan aku tak memiliki perbedaan baik dalam arti atau tingkatan. Menurut saya saya dan aku adalah dua kata yang sama hanya beda pengucapan.

Sampai kemudian muncul rasa penasaran saya, kenapa sebagian orang lebih memilih kata aku daripada saya. Dan akhirnya ketemulah ilmu ini.

Dan dari situ saya juga belajar bahwa setiap saya menulis belum tentu yang membaca hanya teman sejawat saya bisa jadi orang yang lebih tua atau lebih tinggi tingkatannua dari saya. Dan alangkah lebih sopannya memang menggunakan kata saya dalam penulisan di blog.

No comments

Post a Comment