Surat dari Sahabat


Surat dari sahabat

Wahai wanita muslimah pahamilah ini…
~sebuah ringaksan dari Salim A Fillah~

Pertama

Satu hal yang seringkali dilupakan oleh banyak wanita adalah bahwa  kemuliaan wanita tidak bergantung pada laki-laki yang mendampinginya.

Tahu darimana? Allah meletakkan nama dua wanita dalam al-Quran, Maryam dan Asiyah. Kita tau, Maryam adalah wanita suci yang tidak memiliki suami, dan Asiyah adalah istri dari manusia yang sangat durhaka, Firaun.

Apakah status itu mengurangi kemuliaan mereka? No! itulah mengapa, bagi zaman Rasulullah dulu, yang terpenting bukan mendapat jodoh didunia atau tidak, melainkan bagaimana memperoleh kemuliaan disisi Allah.

Kedua

Bicara jodoh adalah bicara tentang hal yang jauh: akhirat, surga, ridha Allah, bukan semata-mata dunia.

Ketiga

Jodoh itu sudah tertulis. Tidak akan tertukar. Yang kemudian menjadi ujian bagi kita adalah bagaimana cara menjemputnya. Beda cara, beda rasa. Dan tentu juga, beda keberkahannya.

Keempat

Dalam hal rezeki, urusan kita adalah bekerja. Soal Allah meletakkan rezeki itu dimana, itu terserah Allah. Begitupun jodoh, urusan kita adalah ikhtiar. Soal Allah mempertemukannya dimana, itu terserah Allah.

Kelima

Cara Allah memberi jodoh itu tergantung cara kita menjemputnya. Satu hal yang Allah janjikan, bahwa yang baik untuk yang baik. Maka, mengupayakan kebaikan diri adalah hal utama dalam ikhtiar menjemput jodoh.

Keenam

Dalam urusan jodoh, ta’aruf adalah proses seumur hidup. Rumus terpenting: jangan berekspektasi berlebihan dan jangan merasa sudah sangat mengenal sehingga berhak menafsirkan perilaku pasangan.

Ketujuh

Salah satu cara efektif mengenali calon pasangan yang baik adalah melihat interaksinya dengan empat pihak, yakni Allah, ibunya, teman sebayanya, dan anak-anak.

Kedelapan

Seperti apa bentuk ikhtiar wanita?

1.       Meminta kepada walinya, sebab merekalah yang punya kewajiban menikahkan.

2.       Meminta bantuan perantara, missal guru, teman dll. Tapi pastikan perantara itu tidak memiliki kepentingan tertentu yang menyebabkan tidak objectif.

3.       Menawarkan diri secara langsung. Hal ini tidak dilarang oleh syariat bisa dilakukan dengan menemuinya langsung atau melalui surat dengan tulisan tangan. Konsekuensi satu : ditolak. Tapi itu lebih baik daripada digantung.

Kesembilan

Bagaimana jika ada pria yang datang pada wanita, menyatakan rasa suka, tapi meminta ditunggu dua atau tiga tahun lagi? perlukah menunggu? Sabar itu memang tidak ada batasnya. 

Tapi ada banyak pilihan sabar. Silahkan pilih. Mau sabar menunggu atau sabar dalam merelakan. Satu hal yang pasti, tidak ada jaminan dua tiga tahun lagi dia masih hidup. Pun tidak ada jaminan kita bisa menuntut dia jika dia melanggar janjinya, kecuali dia mau menuliskan janjinya dengan tinta hitam diatas kertas putih bermaterai.

Kesepuluh

Bagaimana jika ada pria yang jauh dari gambaran ideal seorang pangeran, tapi shalih datang melamar? Bolehkan ditolak? “Tanyakan pada hatimu: mana diantara semua factor itu yang paling mungkin membawamu dan keluargamu ke surga.”
  


Stand By Me Doraemon



Ini merupakan film doraemon yang pertama kali aku lihat di bioskop. Film ini hanya diputar di BLITZ megaplex saja, jadi buat kalian-kalian yang di kotanya belum ada BLITZ silahkan gigit jari saja ya wkwkwk.

Gossip-gosipnya ini dalah film terkhirnya doraemon. Tapi who knows?

Doraemon merupakan tokoh kartun yang aku sukai, karena apa?

1.     Dari kecil itu merupaka tontonanku, karena dulu anak kecil ya tontonannnya kartun macam itu gak kayak anak sekarang yang tontonannya sinetron. Dan doraemon merupakan tontonan wajib tiap hari minggu pagi. Minggu pagi sehabis mandi pasti langsung nyantroni TV sampe siang. Dan tontonan favorit ya doraemon ini.

2.       Bentuknya yang bulat menggemaskan dan mudah di gambar, karena aku dulu suka menggambar tokoh-tokoh kartun dan doraemon paling gampang gambarnya.

3.       Alat-alatnya yang super ajaib yang dia keluarkan dari kantong ajaibnya, membuatku terpesona saat itu.

4.       Dan cerita komiknya yang lucu.

Aku sudah menanti film ini keluar sejak 2 bulan yang lalu. Dan akhirnya di rilis juga ni film di Indonesia pada tanggal 10 Desember 2014. Pinginnya sich nonton di hari pertama, tapi apa daya tangan tak sampai.

Akhirnya aku nonton film ini pada tanggal 14 Desember 2014 di BLITZ Grand Indonesia Shopping Town. Aku janjian dengan temenku Wahyu Puspita  (panggil saja Pus) pukul 11.WIB. Dan saat aku dating, byuuuuh antriannya sudah panjang aja. Tapi Alhamdulillah masih dapat tiket untuk penayangan jam 12.30 WIB.

Gak nyesel deh aku menantinya, karena filmnya bagus banget. Ceritanya sich ga jauh beda sama kayak yang di TV, tapi animasi 3d nya tuh yang bikin meleleh, bagus bannget.

Ekspresi doraemon, nobita, sizuka, suneo dan giant terlihat jelas dan menggemaskan. Apa lagi saat doraemon pertama kali makan kue dorayaki, ekspresinya ga nguatin.

Awal cerita isinya ketawa mulu, bis liat ekspresi doraemonnya nggemesin n lucu banget. Tapi endingnya sedih juga, saat akhirnya nobita bisa merubah masa depannya.

Dari yang awalnya istrinya adalah jayko kemudian bisa jadi sizuka. Dan dia merasa bahagia, yang artinya program doraemon itu berakhir dan dia harus kembali ke masa depan lagi, meninggalkan nobita di masa sekarang.

Padahal saat itu dia sudah sangat sayang sama nobita dan gak ingin berpisah. Tapi karena programnya hanya dibuat sampai nobita merasa bahagia, dia tidak bisa menolak untuk kembali ke masa depan.

Dari situlah mungkin kenapa film ini di beri juduk stand by me doraemon. Karena nobita ingin doraemon tetap bersamanya, menemaninya setiap hari.

LELAKI MASA LALU


Hey lelaki masa lalu, masih ingatkah kau saat pertama kita bertemu?  Saat kita hanya memikirkan bagaimana cara menggambar grafik x+y=1.

Saat hal yang paling mengerikan adalah pelajaran bahasa inggrisnya bu Mor, guru killer dengan suara menggelegarnya. Saat kelas matematika bisa berubah jadi kelas mendongeng.

Saat itu kau sering sekali tidur dikelas, “habis bantu ibu jaga toko semalam”, itu yang kau katakan saat aku menayakan kenapa kau seperti itu.

Dan suatu hari saat pelajaran computer, aku membantumu mengerjakan tugas flash. Mungkin dari situlah kau menemukan rasa yang tak tau harus disebut apa. Karena waktu itu tak kenal lah kita tentang rasa itu.

Setahun berlalu, berpisah kelaslah kita. Kau tak lagi duduk dibangku belakangku. Tak pernahlah kita berbicara lagi walau hanya basa-basi.

Tapi entah sejak kapan, ada hal aneh yang aku rasa. Entah kenapa setiap teman-temanmu lewat depan kelasku dan melihatku, tertawalah mereka terus berlari.

Sampai akhirnya aku merasa bahwa bukan aku yang aneh, tapi karena kau telah menceritakan rasamu itu pada teman-temanmu. Sehingga seperti itulah sikap mereka saat melihatku.

Akupun menceritakan tentang apa yang aku fikirkan itu ke teman-temanku. Tapi kata mereka aku terlalu berkahayal, karena sikapmu biasa-biasa saja terhadapku.

Sejak saat itu, aku berhenti menceritakan apa yang aku rasa terhadap teman-temanku. Cukup aku saja yang tau, tak perlu orang lain tau apa yang aku rasa. 

Setahun berlalu, luluslah kita. Dan tak pernah kusangka, ternyata kita masuk di sekolah yang sama lagi. Aku tau itu saat MOS  (Masa Orientasi Siswa). Dan yang membuatku terkejut, ternyata kita ikut ektrakulikuler yang sama pula.

Kebetulan yang sangat langka. Dan saat itu, saat kita menjadi panitia diklat, di sebuah camp dekat sebuah air terjun di kota kita. Demi Allah aku tak pernah menyangka malam itu kau berani mengutarakan rasa yang kau pendam 3 tahun lalu. 

Malam itu, semua panitia yang sudah lelah tidur diluar tenda membentuk lingkaran, dengan titik temu kepala kita masing-masing. Malam yang sangat indah, dengan langit yang terang dipenuhi bintang-bintang.

Sering sekali kita lihat bintang jatuh, dan masih ingatkah kau setiap ada bintang jatuh kita semua selalu berteriak kegirangan.  Dan entah siapa yang memulai, satu persatu kita menceritakan siapa orang yang kita sukai.

Dan masih ingatkah kau siapa laki-laki yang aku sukai saat itu. Jujur itu hanyalah karanganku saja, karena waktu itu aku benar-benar tidak tau apa arti rasa menyukai seseorang. Aku menceritakannya hanya agar aku juga punya cerita, buka karena aku benar suka.

Dan kemudian tibalah saatmu bercerita, aku sudah tau sejak awal siapa yang kau ceritakan itu, tapi aku pura-pura tidak tau dan berharap apa yang aku pikirkan itu salah.

Tapi kemudian kau tiba-tiba bernyanyi dan dengan senter yang kau pegang kau memukul tanganku dan berkata “bagaimana kalo itu kamu”. 

Dan yah, dugaanku benar, aku hanya diam tak mampu menjawab.

Tiga hari kemudian kau menanyakannya kembali, dan aku menjawab dengan iya.

Andai kau tau saat itu, jujur aku benar-benar tidak tau tentang rasa itu dan aku berharap dengan aku menjalaninya denganmu, aku akan tau tentang rasa itu.

Dan memang benar apa yang kau katakana aku coba-coba saat itu. Dan karena itu, aku mengecewakanmu, menyakitimu dan melukaimu.

Maaf karena aku benar-benar tidak tau dengan rasa itu, sekali lagi maafkan aku. Cukup dalam waktu 3 bulan masa coba-cobaku. Aku merasa lebih baik kita seperti dulu berteman.

Setahun setelahnya, akhirnya kau menemukan seseorang yang mampu mengerti dengan rasamu itu. Saat pertama mengetahuinya, hatiku seperti dihantam batu yang sangat besar.

Bukan karena aku menginginkan dirimu, tapi karena aku merasa rasamu padaku hilang sekejap mata. Dan jujur aku masih belum tau juga tentang rasa itu.

Setelah kita sama-sama lulus dan melanjutkan ke universitas yang berbeda. Pertemanan kita masih terjalin walau tak pernah ketemu. Komunikasi lewat YM ( Yahoo Massanger) atau chat d facebook. 

Dan kemudian aku mulai mengetahui tentang rasa itu. Aku menemukan seseorang yang membuatku tau tentang rasa itu. Kaupun setia mendengar ceritaku tetang dia, dia yang membuatku mengetahui rasa yang dulu pernah kau rasa.

Sampai ada saat dimana aku ditinggalkan oleh dia yang telah membuatku tau tentang rasa itu. Betapa sakitnya hatiku saat itu. Kau menjadi tempat aku mengaduh, mengaduh tetang luka di hatiku. Dan entah mengapa kau selalu ada saat hatiku sedang sakit. Selalu setia mendengarkan semua ceritaku.

Hey lelaki masa lalu, tetaplah kau menjadi lelaki masa laluku. Aku mohon, janganlah kau memintaku untuk menjadikanmu lelaki masa kiniku. Karena aku tak mau menyakitimu, karena kini aku tau bagaimana sakitnya kamu waktu dulu.  



THE LIEBSTER AWARD

Aku tahu tentang The Liebster Award ini saat aku membaca blog temen aku Lintang. Dan ternyata dia juga mengetahuinya dari blog orang lain dan melanjutkannya. Di dalam blognya itu, dia menimpukku and the meaning is I have to continue.

Okeh, pertama aku juga akan mencantumkan aturan untuk melanjutkan the liebster award ini

  1.    Post award ke blogmu (gambar logo diatas)
  2.  Bilang makasih ke blogger yang ngenalin award ini dan link back ke blognya 
  3. Makasih ya tang  udah mengenalkan aku sama Liebster Award dan telah menimpukku http://chibiyuzzu.tumblr.com/post/87952334812/the-liebster-award
  4. Share 11 hal tentang dirimu
  5. Jawab 11 pertanyaan yang diberikan ke kamu
  6. Pilih 11 blogger lainnya dan kasih mereka 11 pertanyaan yang kamu mau

Ini 11 hal tentang Lely

1. Aku seorang karyawan perusahaan swasta di Jakarta. Dan aku sudah hampir 2 tahun berada di kota ini. Sekarang aku berharap bisa kembali ke Kotaku Malang. Karena aku sangat merindukan suasana kotaku dan orang-orang yang ada di dalamnya.

2. Aku suka membaca, bacaan apapun. Karena bagiku setiap buku selalu memberitahu pengetahuan baru. Tapi sayang disini aku belum menemukan perpustakaan kota seperti di Malang. Di Malang aku bisa mnghabiskan waktuku berada di perpustakaan, kalo di sini paling mentok ke Gramed baca-baca buku sekilas.

3. Aku anak ketiga dari tiga bersaudara, dan aku satu-satunya anak perempuan, kedua kakakku cowok semua. Selalu identic dengan sifat manja. Tapi bagiku tidak, karena keluargaku tidak memanjakan aku.  Aku tetap harus berusaha untuk mendapatkan yang aku inginnya, tidak dengan merengek. Karena aku tahu keluargaku tidaklah kaya akan harta. Aku di didik dalam kesederhanaan.

6. Aku mempunyai sahabat dari jaman sma dan sampai sekarang masih bersama. Kita menamai diri kita Skuad Rangers. Aku adalah ranger biru. Meskipun kita jauh (ok fine aku yang paling jauh, mereka semua masih di Malang) kita tak pernah putus komunikasi, meskipun kita jarang bertemu. 

7. Aku dulu orang yang cuek dengan penampilan. Ke kampus pake kaos berkerah, sepatu kets, tas selempang dan rambut di kuncir kuda. Dan sekarang mulai memperbaiki diri. Karena kita dilihat bukan hanya dari sikap tapi juga dari penampilan. Kalo kata orang jawa “ Ajining Raga Soko Busono”. Yang artinya orang itu dihargai dari cara berpakaiannya.

8. I love Traveling, kemanapun dengan siapapun. Karena itulah dulu waktu SMA aku mengikuti ekstrakulikuler Pecinta Alam, agar aku punya teman untuk berwisata alam dengan budget ringan. Hal yang paling menyenangkan bagiku adalah saat perjalanan.

9. Aku tidak suka sepak bola, meskipun kedua kakakku adalah supporter bola yang paling getol. Kemanapun team favoritnya (AREMA) bertanding mereka pasti ikut. Dari mulai ke Jakarta, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi  sampai Malaysiapun mereka jabanin hanya untuk melihat AREMA tanding. Aku tidak pernah paham, apa asiknya apa serunya liat 22 orang saling rebut bola di lapangan. Lebih seru juga liat  marsya and the bear.

10. Aku paling benci sama yang namanya tikus. Apalagi tikus di Jakarta ini gedhe-gedhe dan warnanya item menjijikkan.

11. Aku suka minum kopi susu atau susu coklat hangat di pagi hari. Setiap hari sebelum berangkat ke kantor aku selalu menyempatkan sedikit waktuku hanya untuk melamun dan minum minuman itu. Aku suka mendengarkan music. Music juga dapat membangun moodku dan bisa menemaniku saat aku sendiri. Aku pingin punya usaha sendiri, seperti kakak aku.
 11 pertanyaan dari Lintang

  1. Apa film yang bikin kamu nangis sepanjang masa, dan alasannya? 
      
      Film yang bikin aku nangis sepanjang masa?? Gak ada deh tang. Tapi kalo film yang bikin aku nangis pertama kali di bioskop ada, itu film laskar pelangi, saat adegan lintang (bukan kamu) gagal ikut ujian akhir sekolah karena ayahnya meninggal dan dia harus menjadi kepala keluarga untuk adik-adiknya. Miris aja gitu lihatnya, dia harus menanggalkan cita-citanya karena keterbatasan dana.

2. Buku apa yang pernah kamu baca dan memberi inspirasi sampe sekarang, dan tulis sinopsisnya dikit aja.
      
      Banyak banget tang buku yang inspiratif, salah satunya 5cm karangan Dhoni Dirgantoro. Buku ini menceritakan tentang 5 orang sahabat, yang pergi mendaki Mahameru. Padahal mereka adalah anak metropolitan yang tidak pernah sama sekali hiking, bahkan lari pagipun jarang buat mereka.
      
      Tapi mereka bisa sampai di puncak Mahameru karena kebulatan tekat. Dan karna itulah kita pernah ingin mendaki Mahameru kan sebelum usia 25 tahun, tapi sampai sekarang ke ranu kumbolopun aku belum pernah. Tapi setidaknya aku pernah lah mendaki bukit kecil panderman.

      3. Setuju nggak sama istilah pacaran?

      Rasanya munafik banget kalo aku bilang ga setuju, karena aku juga pernah pacaran. Aku tahu kalau tidak ada kata pacaran dalam agama. Dan sebenarnya itu tidak boleh, tapi apa daya bila sudah terjebak dengan yang namanya cinta. Logika kadang gak jalan.

     4. Kalo disuruh milih dua pilihan dalam satu waktu milih mana yang bakal kamu jadiin prioritas, menikah atau beasiswa keluar negri dengan full biaya hidup?
 
      Beasiswa keluar negri apa lagi dengan full biaya hidup merupakan hal yang sangat menarik dan aku dambakan, tapi aku akan memilih menikahterlebih dahulu. Mengingat umur yang udah lebih dari 25 tahun, udah saatnya lah memikirkan hal itu.
      
      Jujur aja aku iri sama kalian Rangers yang memiliki kisah cinta yang indah dan langgeng. Yang tetap bertahan dengan satu laki-laki pilihan kalian. Yang berakhir dengan pernikahan yang sacral.

     5. Apa impian kamu yang belum terwujud sampai sekarang? Punya Suami ( keliatan banget kalo da ngebet nikah hahah) 
     
      6.  Apa hal terhebat yang sudah kamu lakukan tahun ini?

      Merubah penampilan dari awal tahun lalu, mulai belajar menggunakan jilbab. Aku mulai menggunakan jilbab awal tahun ini, padahal niatnya udah dari lulus SMP tapi gak pernah berani melakukan perubahan.
     
      Karena takut dengan omongan orang. Takut dilang sok lah, takut dibilang “berjilbab kok kelakuan gak karuan”. Tapi akhirnya Alhamdulillah aku mampu melewati ketakutanku sendiri dengan adanya dukungan dari orang-orang yang aku sayang. 

      7. Apa yang membuat orang tuamu bangga sama kamu?

      Setiap orang tua pasti bangga sama anaknya, bagaimanapun anaknya itu. Aku yakin Mamaku satu-satunya mama paling hebat sedunia, pasti bangga denganku bagaimanapun aku. 

     8. Kalau kamu jadi orang terkenal, kamu pingin dikenal sebagai apa?

      Jadi journalist, impianku waktu SMP adalah jadi journalist.menulis berita, menyampaikan informasi lewat media Koran. Melihat apa yang kamu tulis di baca atau bahkan dikomentari oleh orang lain bagiku itu sesuatu yang luar biasa. 
     
      9. Apa yang kamu lakukan kalau kamu boleh minjem kantong ajaib doraemon?

      Pertama aku akan mengeluarkan pintu kemana saja, trus aku pergi ke tempat-tempat yang aku mau. 

      Kedua aku akan ngeluarin mesin waktu, sehingga aku bisa balik ke masa lalu saat ayah aku masih ada. Walaupun hanya sebentar, setidaknya aku bisa lihat gimana cara berbicaranya, atau hanya lihat gimana cara jalannya itu saja sudah cukup, bahkan lebih dari cukup. 

     10.Menurutmu apa jadinya kalau handphone ngga pernah ada?

      Kalo handphone gak pernah ada, gak bakal ada sms, bbm, whatsapp dll. Pengusaha wartel pasti sukses besar dan uang koin akan sangat di cari. Dan kalo janjian mau ketemu sama temen pas berangkat telpon2an dulu pake telp rumah haha. 
 
      11. Bayangkan pada saat umur 50 tahun, kamu seperti apa?

      Udah muncul keriput dimana-mana tapi badan aku gak bungkuk yaa. Udah punya anak yang tumbuh dewasa dengan sehat. Hidup dalam keluarga kecil yang indah. Dan tetap sehat dan mampu beraktifitas dengan baik.

Okeh, sekarang setelah aku menjawab semua pertanyaaan yang diberikan lintang ke aku, aku akan memberikan 11 pertanyaan kepada 11 blogger yang aku timpuk. Ini pertanyaannya

  1.  Hal bodoh apa yang pernah kamu lakukan dan masih kamu ingat sampe sekarang?
  2. Saat kamu patah hati, apa yang kamu lakukan?
  3. Lagu apa yang sesuai dengan suasana hatimu saat ini, mengapa?
  4. Apa arti seorang ibu bagimu?
  5.  Perubahan terbesar apa yang pernah kamu lakukan dalam hidupmu? dan apa yang membuatmu bisa seperti itu?
  6. Menurutmu, sukses itu seperti apa??
  7. Bila kamu mendapatkan uang 1 Milyar, apa yang akan kamu perbuat dengan uang itu?
  8. Sahabat jadi cinta itu menurutmu emank awalnya niat sahatan trus tiba-tiba jadi suka atau awalnya emang uda suka tapi ingin memulai PDKT lewat cara bersahabat, jelaskan!
  9. Setuju gak dengan kata-kata “berbohong demi kebaikan”, kalo setuju kenapa, kalo ga setuju kenapa?
  10. Bagian tubuhmu yang mana yang paling kamu suka, kenapa?
  11. Apa yang membuatmu jatuh cinta?

Ni blogger yang aku timpuk

Karena aku baru ada 8 orang yang aku timpuk, maka buat kalian yang baca blogku silahkan teruskan kembali the liebster award ini. 


What are friends for


Ada saat dimana kita pada akhirnya harus keluar dari rumah dan jauh dari orang-orang yang kita sayangi. Saat dimana kita diharuskan untuk mengenal orang-orang baru. Bersosialisasi dan memulai hubungan dengan orang-orang baru.

Proses tersebut sebenarnya tidaklah susah, karena kita manusia adalah makhluk social yang pasti dengan mudah dapat bersosialisasi denga sesama dan lingkungan sekitar.

Tapi hal yang sangat menyedihkan adalah disaat kita sakit dan jauh dari keluarga. Hal ini aku sadari saat tadi malam, tiba-tiba teman sebelah kamar aku gedor-gedor pintu kamarku.

Dan ternyata dia sakit dan minta di antar ke rumah sakit. Dia sudah beberapa kali berak dan badannya lemas sekali, kemungkinan dia kekurangan cairan. Aku pun bergegas ganti pakaian dan mengantarnya ke rumah sakit terdekat.

Ini pertama kalinya aku mengantar orang yang sakit ke UGD. I don’t know what  I have to do. Bingung itu otomatis karena aq orang yang cepat panic dan bingung. Alhamdulillah ada dokter dan suster yang jaga.

Temenku itu langsung diperiksa dan di infus. Dan aku mendaftarkan administrasi dan pemesanan kamar. Dokter belum tau apa penyakitnya, karena harus di periksa oleh dokter spesialis yang datang besok pagi. Dia hanya di cek detak jantung dan foto ronsen kemudian di antar ke kamar inap.

Sebelum tidur dia diberi obat untuk mengurangi diarenya dan anti biotik pengganti infus. Malam itu dia kembali diare 2 kali. Aku diminta menghubungi keluarganya yang ada di Tangerang, tetapi no telponnya tidak aktif dan bbm nya tidak di baca.

Aku ikut tidur di rumah sakit untuk menjaganya. Dan keesokan paginya baru keluarganya bisa di hubungin dan datang ke rumah sakit.

Aku hanya membayangkan, bagaimana kalau aku yang sakit dan butuh kerumah sakit malam-malam, tetapi tidak ada teman yang di kosan. Atau tidak ada teman dekat atau keluarga yang bisa dimintai pertolongan. Akan sangat menyedihkan.

Selama ini aku jauh dari keluarga merasa bahwa its will be fine. Semua bisa aku atasi sendiri dan aku bisa melakukan semua sendiri tanpa bantuan orang lain. Tapi setelah kejadian itu, aku merasa bahwa ada saat dimana aku gak bisa melakukan sendiri.

Yes, you need someone who can save you, who’s care you. What are friends for, mungkin karena itulah kenapa kita membutuhkan teman, karena ada hal hal yang tidak bisa kita lakukan sendiri. Seberapa hebat kamu, kamu masih membutuhkan seseorang yang bisa menemanimu. Siapa lagi yang bisa menjadi keluargamu disaat kamu jauh dari rumahmu.

 Tapi Alhamdulillah selama aku jauh dari keluarga aku sehat dan dijauhkan dari penyakit. Aku sangat bersyukur dengan itu. Memang benar kata orang, bahwa sehat itu mahal. Lihat saja orang-orang yang sakit, mereka harus membayar mahal untuk obat dan perawatan agar sehat.

Jadi buat kalian yang jauh dari orang tua dan keluarga, jagalah kesehatan kalian, pola makan dan pola tidur.